Hymenocallis littoralis, Bakung Laba-laba Putih

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Picture 131Meski di kebun ada bakung ini, namun karena hingga 2 tahun lebih tak kunjung jua berbunga, jadi gambar-gambar yang BPG ambil berasal dari habitat liarnya, di suatu pinggiran sungai yang terbuka. Rupanya, meski sangat menyukai kondisi yang lembab atau sedikit berbasah – dan termasuk tanaman semi aquatik –, dalam menyembulkan bunganya, bakung memerlukan banyak siraman sinar matahari. Prasyarat inilah yang tidak bisa dipenuhi BPG dikarenakan kondisi kebun yang memang cenderung teduh dan sejuk. Apalagi tanaman ini juga beberapa kali mengalami pemindahan tempat tumbuhnya. Namun BPG pikir tiadalah mengapa sedikit lama menunggu berbunganya bakung ini. Suatu hari BPG yakin akan berbunga, insya Allah.

Dari sekitar 110 suku/genus/genera yang berada dalam keluarga bakung-bakungan (Amaryllidaceae), hampir semuanya disebut dengan nama Bakung. Tiga di antaranya disebut Spider Lily, yakni:

  • Crinum sp., yang terdiri kurang lebih 180 spesies.
  • Hymenocallis sp. yang membawahi sekitar 70 jenis Spider Lily.
  • Lycoris sp., ada kurang lebih 13 – 20 jenis.

Spider Lily yang ada dalam artikel ini dari jenis Hymenocallis, Hymenocalis littoralis tepatnya. Hymenocallis (Yunani) sendiri berarti “membran yang indah”. Di dunia internasional dikenal sebagai Spider Lily. Di Indonesia ada yang menamakannya Bakung Sintung. Bakung Air Mancur, atau Bakungan Lili Paris (Jawa). Di Malaysia disebut Pokok Bawang Bakung. Asalnya dari Amerika Tengah, Meksiko, Karibia, serta beberapa wilayah Amerika Selatan yang dapat dijumpai tumbuh pada tepi sungai, tepi danau atau telaga atau rawa atau tepi saluran irigasi lainnya.

Bunganya berwarna putih bersih, majemuk. Benang sarinya berwarna kuning kejinggaan dengan tangkai yang panjang. Per tangkai dapat mencapai 8 kuntum. Bunganya selain cantik juga harum. Masa mekar memang sangat singkat, sehari saja. Diperbanyak dengan bulb atau umbinya maupun bijinya yang pipih, bersayap, dan warna putih. Buahnya berbentuk kapsul, berdaging, dan berwarna hijau.

Tingginya herba yang diukur antara pangkal daun hingga ujung daun yang paling atas antara 700 mm hingga 900 mm. Tak berbatang, berumbi lapis, akar serabut, daun tunggal berbentuk pita panjang dan tebal dengan permukaan mengkilat, warna hijau.

Di alamnya, bila keadaan tidak menguntungkan, semua jenis bakung akan melakukan dormansi untuk mempertahankan hidupnya. Biasanya terjadi di musim kemarau, yang mana kondisi tidak memungkinkan untuk terus melakukan aktivitasnya. Meski nampaknya seakan-akan telah mati, namun sebenarnya umbinya masih terus melakukan aktivitas kehidupan.

Di taman-taman kota atau jalan tanaman ini digunakan sebagai border lane atau tanaman pembatas.

Tidaklah mudah untuk membanding-bandingkan jenis-jenis Spider Lily yang ada dalam genus Hymenocallis dengan hanya berbekal gambar-gambar yang ada di berbagai sumber. Apalagi informasi yang ditulis pun sangatlah kurang. Selain itu juga adanya kekacauan data, maka artikel mengenai bakung ini juga sangatlah minim.

Apalagi dalam familia bakung-bakungan mengidentifikasi jenis-jenisnya dengan mendasarkan pada morfologi bunga dan bulbus seringkali membingungkan dan kurang akurat. Hal ini disebabkan kurangnya penelitian karakter anatomis dan embriologis. Karenanya perlu adanya eksplorasi dan penelitian yang lebih mendalam lagi.

= Similar Plant =

Beberapa contoh dari jenis Hymenocallis yang sangat umum dijumpai dibudidayakan antara lain:

Hymenocallis speciosa: lebih kecil ukurannya, berasal dari Amerika Selatan. Dikenal juga dengan nama Green-tinge Spider Lily.

Hymenocallis ‘Tropical Giant’: seperti namanya tanaman ini berukuran besar, lebih besar dari Spider Lily yang ada dalam artikel ini. Dapat mencapai 900 mm hingga 1,2 m. Asli dari dataran Caribbean.

Hymenocallis tubiflora: sulur-sulur bunganya lebih berlekuk-lekuk. Berasal dari Hawaii. Berukuran kecil/pendek.

Hymenocallis liriosme: dikenal dengan Shinners Spring Spiderlily atau Texan Spider Lily yang bagian tengah bunganya berwarna kuning.

Hymenocallis palmeri: atau Lili Aligator yang berasal dari Florida, memiliki bagian tengah yang juga berwarna kuning.

Hymenocallis acutifolia hampir serupa dengan Hymenocallis littoralis.

= Khasiat Herbal =

Kalau bakung lainnya memiliki khasiat pengobatan herbal, saya tidak tahu pasti apakah Bakung Laba-laba ini juga mempunyai khasiat yang sama.

= Ketersediaan di Alam =

Masih banyak kita jumpai pada habitat-habitat alamiahya.

Picture 149

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s