Jangan Takut Menjemur Anggrek!!!

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bagi pemula, belajar tentang anggrek yang termudah dan termurah jalan pintasnya adl dengan baca-baca blog/situs anggrek. Kalau dari sumber pustaka, harga buku mahalnya minta ampun. Sayangnya istilah-istilah maupun informasi-informasi antar blog tidaklah sama. Selain perbedaan itu adalah hal yang wajar, banyak sekali faktor yang berpengaruh. Salah satunya adalah keadaan lingkungan atau cuaca yang berbeda-beda di setiap tempat. Begitu juga informasi mengenai kebutuhan cahaya pada anggrek yang bervariasi, bagi pemula tidaklah mudah untuk memahaminya.

Cahaya memang sangat penting bagi kehidupan. Anggrek (dan mayoritas tumbuhan lainnya) membutuhkan cahaya untuk fotosintesis dan proses terbentuknya bunga. Pada area yang teduh/terlindung, proses fotosintesis masih tetap berjalan. Namun sayangnya tidak semua anggrek yang diletakkan pada tempat teduh mampu berbunga. Inilah permasalahan besar yang dihadapi para penganggrek pemula. Peletakan anggrek pada tempat yang teduh memang cara yang paling aman. Namun anggrek adalah tumbuhan berbunga yang memiliki bunga yang sangat indah. Tentu kita juga mengharapkan keluarnya bunga bukan? Agar berbunga maka anggrek harus kita geser letaknya ke tempat yang lebih terang. Kalau saya sarankan sebaiknya anggrek langsung dijemur saja.

Pada setiap individu (bukan jenis lho) anggrek berlaku kondisi makro, mikro, dan super mikro. Kondisi makro adalah keadaan lingkungan atau daerah di mana anggrek itu berada. Misalnya anggrek berada di daerah tropis yang kemudian menyempit menjadi lingkungan negara Indonesia, lalu menyempit lagi hanya pada pulau Jawa, dan menyempit pada area Jawa Timur, dan menyempit lagi pada wilayah Kediri. Setelah ini berlakulah kondisi mikro, yakni keadaan lingkungan dimana anggrek tersebut tumbuh, misalnya kondisi kebun atau taman. Meski anggrek berada dalam taman yang sama, belum tentu anggrek menunjukkan tingkat perkembangan dan pertumbuhan yang sama. Anggrek Dendrobium x superbiens yang berada di kebun BPG misalnya. Pada area ternaung (intensitas cahaya 15%), yang mana anggrek mendapat sinar langsung minim atau yang menerobos dari sela dedaunan saja, anggrek tidak kunjung berbunga, padahal sudah 2 tahun lebih. Sedangkan rumpun splitannya dari tempat yang sama namun diletakkan pada area yang terhujani sinar matahari langsung, anggrek telah berbunga dan beranak-pinak. Terkadang kita juga mengalaminya kan? Seringkali kita melihat kok anggrek kita tak serimbun anggrek tetangga. Atau anggrek kita tak sesehat atau tak sebanyak kuntum bunganya dibandingkan anggrek tetangga, padahal jenis yang kita tanam sama.

Untuk menggeser anggrek ke tempat yang lebih terang juga bukanlah mudah. Untuk itu kita lihat saja tipe akarnya. Dari beberapa kali pengamatan dan percobaan, saya menarik kesimpulan bahwa SELURUH ANGGREK EPHIFIT DAPAT MENERIMA SINAR MATAHARI LANGSUNG PAGI DAN SORE HARI. Sedangkan cahaya matahari siang hari antara pukul 11 – 14.00 tidak semua anggrek mampu menerimanya. Ada tips bagaimana caranya mengetahui apakah anggrek tersebut mampu menerima sinar yang terik, yakni melihat pada karakter akarnya. Akar yang saya maksudkan di sini adalah bagian tubuh akar pada akar yang belum melewati masa top fisiologisnya, yakni permukaan akar yang berwarna putih. Akar yang sudah lewat masanya itu adalah akar tua yang dicirikan warna putihnya semakin mencoklat. Untuk sementara ini karakter akar yang dapat dijadikan patokan memang warna pada permukaannya itu, bukan warna pada ujung akar atau ukurannya. Kelak kalau saya mengetahui rahasia dari ukuran maupun warna ujung akarnya saya akan posting, insya Allah.

aerides anggrek asem

Karakter akar anggrek yang tahan panas terik

Lalu, bagaimana mengetahui tanda-tanda kemampuan anggrek menerima sinar langsung setelah kita letakkan pada tempat yang lebih terang dibanding sebelumnya?

  • Daun berwarna hijau terang. Bila sedikit menguning tidaklah mengapa, masih dalam batas kewajaran. Jika warna daun tetap atau masih hijau tua, cahaya yang diterima harus diperlama.
  • Pada jenis tertentu terdapat bercak atau semburat warna ungu pada daun atau kulit batang. Kalau tidak ada warna ini, berarti yang berlaku adalah keadaan pada poin di atas.
  • Daun terbakar. Hal ini wajar karena anggrek kaget dengan keadaan barunya yang lebih ‘panas’ dibanding sebelumnya. Kalau sebatas daun-daun bagian bawah sebanyak 1 atau 2 helai, keadaan masih normal-normal saja. Jika lebih dari itu, anggrek perlu digeser ke tempat yang lebih teduh atau lamanya terpapar dikurangi.

Atau terkadang yang terbakar hanya bagian tengahnya saja dari helai daun. Biasanya pada anggrek yang memiliki daun lebar dan tebal seperti Dendrobium hybrid. Untuk keadaan yang seperti ini, shob cukup memotong/mengiris pada bagian yang terbakar saja (tidak usah semua bagian helai daun). Biasanya setelah kita potong, panas matahari yang diterima daun menjadi berkurang, sehingga daun dapat segera beradaptasi dengan keadaan barunya tersebut.

  • Akar nampak tumbuh sehat dan tunas-tunas baru semakin banyak.
  • Dan terakhir, olala anggrek pun berbunga. Alhamdulillah.

Dari kebun, anggrek koleksi yang memiliki permukaan akar putih dan telah terbukti mampu terpapar panas matahari terik (siang hari), yakni:

Dendrobium (spesi maupun hybrid)

Mayoritas Anggrek Dendro tahan banting terhadap panas matahari langsung sepanjang hari (full sun full day). Terbukti Dendrobium anosmum, Dendrobium aphyllum, Dendrobium phalaenopsis, Dendrobium crumenatum, dan Dendrobium x superbiens serta varian-varian hybrid pertumbuhannya sehat dan rajin berbunga.

Oncidium Golden Shower

Tipe akarnya serupa akar Dendrobium, sehingga anggrek ini pun tahan terhadap panas. Ada yang menyatakan kalau pertumbuhan yang terbaik adalah saat warna daun dan batang agak menguning.

tak-banyak1

Cattleya

Kalau mengikuti tabel pedoman sih, si Catti ini hanya dapat menerima intensitas cahaya 20%. Padahal dengan penerimaan sinar yang rendah tersebut, si Catti akan lebih banyak merumpun dibanding berbunga. Itu pengalaman saya lho. Kalau BPG lihat, di rumah-rumah yang si Catti tumbuh sehat dengan bunga merimbun adalah diletakkan pada tempat-tempat yang terang dengan terpapar sinar matahari langsung.

Anggrek Asem

Proses berbunga anggrek ini tidak tergantung pada masa fisiologisnya, namun pada keadaan musim. Anggrek membutuhkan musim kemarau untuk menghasilkan bunga yang akan mekar apabila musim penghujan datang. Kalau dari pedoman sih anggrek diletakkan pada tempat sedikit ternaung. Namun saat anggrek saya letakkan pada tempat yang terpapar sinar matahari mulai pukul 12.00 – 15.00 anggrek adem-adem saja tuh. Untuk berbunganya kita lihat saja nanti saat musim penghujan 2017 mendatang karena pada tahun 2016 kemarin sepanjang bulan pasti ada hujan turun, sehingga proses berbunga anggrek Aerides odorata ini pun menjadi terganggu.

bunga3

Trixpermum centipeda

Anggrek ini disarankan untuk diletakkan pada tempat yang agak teduh. Namun di tempat saya, anggrek terkena panas siang hari pukul 12.00 – 14.00.

gu8

Beberapa jenis lain masih menunggu proses adaptasi dan tentunya menunggu proses berbunganya. Artikel yang saya tulis ini bersifat subyektif. Jikalau shob takut untuk menjemur anggrek, ya jangan lakukan. Dan saya tegaskan, anggrek koleksi dan anggrek pengamatan berada di daerah panas yang terkena sinar langsung siang hari pukul 11 – 14.00.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

  1. Permisi mbak…ikutan belajar mengenali kemuliaanNya melalui alam tumbuhan di sini ya.
    Ooh selama ini saya juga ngeh-nya si Catti suka teduh ternyata berani kena paparan sinar matahari langsung ya. Salam

    Suka

    • Selamat datang di blog saya, bu prih yg sudah terkenal di blog2 para sahabat BPG
      Monggo bu semua info memang diperuntukkan para shob, pemerhati flora dan fauna (Indonesia), dan all readers. Selain itu blog ini diusahakan agar selengkap infox walau dg segala keterbatasn ut mjd ‘pesaing’ blog2 luar, utamanya dari tetangga kita Singapore dan Malaysia
      Oh saya laki2 bu ….

      Suka

  2. Makasih bgt atas infonya. Saya paling suka anggrek tp susah bgt ngerawatnya. Anggrek dendro plg sering dijual di negara Barat.
    Baru paham kalau sinar matahari jg ok.. suka pindah2x in pot tergantung kondisi di luar..lol

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s