Torenia fournieri, si Torenia Ungu yang Murah Meriah Namun Molek Pisan

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh
close upHarga bunga yang satu ini memang murah, sangat murah malah. Ada yang menawarkan lewat jasa online bibitnya seharga Rp 500/gr. Itu artinya setara dengan sebuah torenia yang telah matang. Padahal dalam buah tersebut terdapat banyak puluhan bahkan ratusan biji. Meski murah, namun ketidakmahalannya tersebut ternyata tak sebanding dengan kecakepannya. Bunganya mirip-mirip anggrek ya. Ada petal bawah yang serupa labellum dan juga petal samping yang mirip sayap/tangan seperti pada anggrek. Dari petal samping inilah diperoleh nama Bluewings atau Blue Pig’s Ears.
Tanaman hias ini memang memiliki bunga yang elok punya, cantik nggak ketulungan, sehingga banyak yang naksir dan menjadi Toreniamania atau Torenisti yang akhirnya tak segan-segan berburu semua jenis Torenia, baik asli maupun hibrid. Seakan-akan ke ujung dunia pun dikejarnya. Ya … bagaimana tidak? Selain bunganya yang memikat, perawatannya juga minim, eh … sama Allah yang Maha Pencipta dikasih bonus rajin berbunga. Nah lho … bagaimana kita tidak dibuat klepek-klepek?
bungaDari berbagai warna, yang sangat saya sukai adalah Torenia warna ungu tua kebiruan yang biasa kita jumpai itu atau yang ada pada gambar-gambar pada artikel ini. Ya … memang sih, warna Torenia-torenia hibrid itu atraktif punya. Namun entah mengapa saya merasa hambar-hambar saja terhadap Torenia-torenia hibrid ini. Di mata saya warna-warna torenia jenis baru ini tidaklah secakep Torenia ungu idola saya itu. Entah nanti kalau menjumpai yang bunganya full biru dan putih/alba. Di Kediri saya hanya menjumpai 3 varian warna saja, ungu tua, ungu kemerahan, dan pink putih. Dari ketiganya, yang paling beranak pinak hanya torenia ungu tua, bahkan Torenia pink saya sudah pergi entah kemana. Ternyata yang bernasib seperti saya banyak juga ya. Nampaknya yang warna pink ini memang gampang mati dan sulit dipelihara. Sedangkan yang berwarna ungu kemerahan, bunga tidak dapat mekar sempurna atau bisa dibilang cacat. Itu yang di tempat saya, entahlah kalau di tempat shob.
Tips Berkebun Torenia ala BPG
Karena gampang berbiak, kita tidak perlu membeli dalam jumlah banyak. Satu varian cukup satu pot atau satu kantong saja. Tak usah menunggu berapa lama, dalam hitungan satu atau dua bulan biji-bijinya yang berjatuhan akan menjelma menjadi benih-benih torenia yang baru. Asal shob bisa menjaganya dari hama belalang dan ulat, dijamin dari satu pot bunga bisa mengkover banyak area di taman shob. Saking mudahnya berkembangbiak, saya tak pernah mempruningnya|pinching dan membiarkan apa adanya. Ya memang sih jumlah bunga yang mekar mungkin tidak sebanyak bila rajin dipruning, namun karena dalam satu pot ada banyak tanaman, jadi kelihatannya ya sama saja antara dipruning atau tidak.
bunga2Tidak perlu rebyek dengan persyaratan mengenai kondisi dan jenis media tanamnya apakah pakek tanah humus, kompos, sekam bakar, pakis, cocopeat, dan lain-lain yang sering ditulis dalam blog-blog bunga. Cukup tanah biasa ditambah dedaunan kering plus sedikit pasir. Torenia bukan termasuk tanaman yang rewel akan kondisi tanah, bahkan dalam media tanam yang minim sekalipun, si bunga yang cantik ini mampu hidup, bahkan bisa tumbuh secara litofit. Boleh juga diberikan pupuk kandang atau pupuk cair hasil buangan dari dapur, seperti susu basi, air cucian beras atau daging, dan sebagainya.
bunga1Dari beberapa artikel, dinyatakan bila dalam kebun kita terdapat beberapa varian, prosentase hadirnya varian baru terbuka lebar dengan terjadinya perkawinan silang (hibrid) secara alamiah, karena itu disarankan untuk menanam Torenia aneka warna.
Wishbone Flower yang merupakan tanaman pendek/kecil/semak ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hamparan (ground cover), pembatas/border lane, atau tanaman gantung atau sebagai penghias meja bila telah berbunga. Beberapa individu saya tanam pada bambu panjang yang diikat pada pagar. Shob dapat juga berkreasi dengan variasi lain, dengan kebun vertikal misalnya.
Jemur pada panas matahari langsung yang akan membuat Torenia kita bisa berbunga kaaapan saja. Jadi tidak hanya berbunga pada bulan-bulan tertentu saja seperti yang ditulis pada blog-blog.
Yang terpenting dari berkebun Clown Flower adalah jaga jangan sampai tanaman kekurangan air. Walaupun sangat toleran terhadap cahaya matahari yang panas, namun tanaman bisa layu, yang akhirnya berujung pada kematian bila media tak ada cadangan air. Untuk itu, jangan lupa selalu menjaga pasokan airnya, apalagi bila ditanam dalam pot, harus sering-sering disiram, minimal sehari sekali. Asalkan media masih nampak basah atau kondisi tanaman tampak segar, Torenia tidak perlu disiram. Begitu pula pada musim penghujan, hanya disiram bila sehari penuh hujan tidak turun.
batang cabang dan daunPerbanyakan dapat dengan mudah melalui bijinya. Caranya buah yang hampir matang sebar di atas media pada tempat yang kita inginkan. Biarkan buah matang sendiri dengan bantuan cahaya matahari/penjemuran. Atau bisa juga dengan mengumpulkan buah-buahnya dalam sebuah wadah dan kemudian dijemur. Bila sudah kering dan pecah, biji-bijinya dapat kita tanam pada tempat yang kita inginkan. Beberapa minggu kemudian akan muncullah tunas-tunas dari benih-benih tersebut. Bila sudah agak besar, shob dapat memindahkan ke tempat lain yang shob inginkan. Pemindahannya diusahakan terbawa juga sedikit medianya. Cara lainnya bisa dengan stek batang. Potong dengan panjang sesuai keinginan, namun jaga agar setiap potongan terdapat node/ruas batang. Tanam pada media dan letakkan di tempat yang panas. Selain itu dapat juga dengan memotong geragihnya, itu lho batang rebah/batang merunduk yang menempel pada tanah dan keluar akar pada ruas-ruasnya.
buahIngin mengirit kantong untuk memperoleh varian-varian Torenia? Cara yang termudah adalah tukar-menukar. Namun biasanya penghobi letaknya saling berjauhan, jadi nambah biaya ongkos ya? Yang paling realistis adalah membeli pada penjual bunga dengan memilih pot atau polibag bunganya berbeda namun letaknya saling berdekatan/berdempetan. Lihat apakah sudah ada buah yang pecah? Bila ya, dan shob beruntung biji yang pecah tersebut akan jatuh pada pot atau polibag yang shob beli. Jadi bisa kita dapatkan varian berbeda dalam satu kantong saja. Atau sambil membeli sepot, kita minta buah dari varian lain pada penjualnya barang satu saja yang telah tua.
Cek berkala dari serangan belalang. Kalau ulat saya belum pernah menemukan.
Di tempat saya daun Torenia juga rawan keriput. Rupanya ini hasil serangan kutu-kutu penghisap daun. Biasanya mereka ada di bawah daun, warnanya putih dan ada juga yang abu-abu atau kehitaman. Potong saja cabang-cabang yang terdapat kutu-kutu ini.
Di musim penghujan, akar juga rawan terserang jamur. Bila memang serangannya tidak dahsyat dan tanaman masih aman-aman saja, dapat dipertahankan. Namun bila tidak, tanaman sebaiknya dicabut saja. Ciri-cirinya daun-daun berwarna kecoklatan seperti karat.
Shob dapat juga melakukan cara-cara lain yang tidak sama dengan cara-cara yang BPG lakukan. Misalnya memakai pupuk buatan, obat-obatan, dan lain-lain. Suka-suka saja. Yang penting happy berkebun.

g bisa mekar

pink

kumpulan
Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s