Neptis hylas papaja, Kupu-kupu yang Suka Bermalas-malasan

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

neptis1Saya pernah dibuatnya pontang-panting mengejar kupu-kupu ini di area terbuka, tepatnya pada area persawahan. Selain berkonsentrasi kemana kupu-kupu ini hinggap, saya juga harus berkonsentrasi terhadap keadaan sekeliling. Ada saluran air buatan, sungai, onak duri dari tumbuhan Mimosa, pematang, petak sawah, dan lain-lain. Jangan sampai saya jatuh atau terjerembab. Karena berkali-kali susah banget didekati, akhirnya saya pun jadi ill fill, dan mengganti objek foto dengan model yang lain.

Kalau melihat cara terbangnya sih nampaknya jinak. Kupu-kupu dari familia Nymphalidae yang bersinonim dengan nama Neptis varmona dan Neptis eurynome ini mempunyai kebiasaan terbang dengan meluncur perlahan atau turun naik dengan gerakan yang luwes. Atau terbang seperti ‘melompat’ beberapa meter lalu bertengger pada daun atau dahan. Apalagi nampaknya kupu-kupu ini lebih suka hinggap pada daun atau ranting dan nampak ‘bermalas-malasan’. Melihat yang seperti itu membuat kita pun mengira kalau mudah untuk didekati. Namun ternyata dugaan itu keliru. Di area terbuka, kupu-kupu ini masih bersifat ‘galak’. Bila kita dekati walau masih dalam jarak 2 – 3 meter, dianya akan segera terbang. Begitu seterusnya. Namun pada tempat yang teduh dengan vegetasi pepohonan semisal kebun, kupu-kupu ini lebih jinak. Alhamdulillah, akhirnya saya beruntung juga mendapatkan gambar-gambarnya pada area kebun dekat sungai sekitar pukul 11 – 11.45 WIB atau sebelum adzan Dzuhur berkumandang. Mungkin dianya lagi istirahat, hingga tak terusik dengan kehadiran saya. Dan saya pun bisa menjepretnya dalam jarak cukup dekat, beberapa puluh cm saja seperti gambar-gambar pada post ini.

 neptis

Rentang sayap sekitar 50 mm. Sayapnya yang serupa layar tersebut memiliki pola yang hampir sama antara sisi luar dan dalam. Perbedaannya, underside kemerah-merahan atau kuning tanah keemasan atau kuning tanah kecoklatan dengan corak berwarna putih berupa spot, pita serta renda yang nampak jelas. Pada bagian dalam beberapa pola tidak nampak atau samar-samar. Corak sayapnya menurut saya mirip tulang/rangka yang mengingatkan kita dengan lambang dari para perompak/bajak laut atau pelaut dari dunia hitam. Apa dari sini ya asal nama Sailor Butterflies? Ada juga yang menyebutnya dengan Sailer. Namun kalau melihat nama-nama dari saudara dan para sepupunya, seperti Sergeant, Lancer, atau Commodore Butterflies, maka saya rasa nama Sailer tidaklah tepat. Ketiga (mungkin juga lebih) genus ini memang memiliki kemiripan morfologi. Perbedaan ada pada corak. Kupu-kupu Sersan juga memiliki sedikit warna merah pada sayap bagian bawah. Di Indonesia Kupu-kupu Pelaut ini sering disebut sebagai Kupu-kupu Zebra Biasa. Abdomennya berwarna gelap.

neptis2

Ulatnya memakan daun-daun dengan rentang variasi yang luas. Mulai dari familia Fabaceae, Leguminosae, Tiliaceae, Papilionaceae, Moraceae, Ulmaceae, dan Malvaceae atau mulai dari Aeschynomene americana, Broussonetia papyrifera (Moraceae), Calopogonium mucunoides, Canavalia cathartica, Canavalia maritima, Centrosema molle, Crotalaria pallida, Desmodium heterocarpon, Desmodium reticulatum, Desmodium triflorum, Mucuna bennetti, Psophocarpus tetragonolobus, Pueraria phaseoloides (Papilionaceae), Tadehagi triquetrum, Trema orientalis (Ulmaceae), hingga Senna alata.

Food plants: Broussonetia papyrifera

Populasinya masih dalam ambang batas wajar atau masih normal. Saya beberapa kali menjumpai kupu-kupu pada area yang berlainan.

 neptis3

== Kemiripan Genus dan Spesies ==

Athyma perius (Kupu Zebra Besar), Common Lancer (Neptis duryodana)

== Sub Species ==

Sopatra dan Papaja.

Ada yang jual 5 kepompong seharga 12 pound sterling! Wow sudah berapa rupiah itu? Itu harga yang termurah. Yang termahal seharga 30 pounds. Yah, cukup menguras kantong. Yang menjadi tanda tanya saya, bagaimana cara mengemasnya ya? Juga memperkirakan harus sudah sampai di tempat tujuan sebelum kepompong tersebut menetas? Kalau bagaimana dengan perubahan suhu atau cuaca? Kalau di antara shob ada yang mengalami (pernah membeli lewat online) boleh dong cerita-cerita.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s