Matapa aria, Skipper Bambu Mata Merah

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

6Bila di kebun ada rumpun bambu, prosentase bertemu dengan Common Red Eye Skipper atau Common Branded Red Eye dari familia Hesperiidae subfamily Hesperiinae sangat besar, karena larvanya memakan daun-daun Bambusa sp. (all varian), juga dedaunan dari tumbuhan Phyllostachys nigra, Schizostachyum dumetorum (all Gramineae), Dendrocalamus spp., dan juga dari genus Ochlandra (travancorica, scriptoria, dan sp. lainnya).

Seperti ulat skipper lainnya, ulat Skipper Bambu Mata Merah juga menggulung daun-daun yang dimakannya. Saat baru menetas warna larva merah dengan kepala hitam. Semakin bertambah umur warna semakin memudar, hingga abdomen menjadi keputihan dan kepala berwarna coklat atau kekuningan. Saat awal menjadi pupa warna seluruhnya putih. Kemudian nampaklah secara samar-samar warna sayap dan matanya yang merah. Dan kemudian menjelma menjadi kupu-kupu skipper bermata merah.

gu2

Selain genus Matapa|The Branded Redeye (termasuk Matapa aria ini yang bersinonim dengan Ismene aria dan Hesperia neglecta), genus skipper bermata merah lainnya berasal dari genus Carystus, Erionota (The Palm Redeye), Gangara (The Giant Redeye), Hesperilla, Lycas, Pirdana, Talides, dan Tisias.

gu1Ciri Matapa aria sebagai pembeda dengan skipper mata merah lainnya yakni bagian merah pada mata lebih lebar atau lingkaran hitamnya lebih kecil dan sayap hampir tak bercorak sama sekali dengan panjang 25 – 35 mm.

Karena matanya sangat sensitif terhadap cahaya, biasanya mereka terbang untuk mencari makan saat menjelang fajar atau petang hari atau saat mendung. Habitatnya pada tempat-tempat yang teduh seperti kebun atau hutan dengan sinar matahari yang tidak begitu banyak karena terhalang pepohonan. Mereka akan mencari nektar pada bunga-bunga yang masih mampu berbunga pada area yang dekat dengan keteduhan seperti Lantana, Tridax Daisy, dan lain-lain. Menurut informasi, biasanya mereka mencari nektar pada bunga-bunga yang telah mekar sebelum subuh hingga pagi hari sekitar pukul 8 atau menjelang sore. Saya belum tahu persis atau belum mendapatkan data yang valid mengenai nektar bunga apa saja yang dimakannya, namun saya pernah melihat kupu-kupu ini menyesap nektar bunga Lantana camara.

65Betina dan jantan mempunyai kemiripan, namun bagian dalam sayap jantan berwarna coklat pucat sedangkan betinanya lebih gelap. Pada jantan sebagian pinggir sayapnya dihiasi semacam pita berwarna kecoklatan dan abu-abu gelap seperti simbol koma (,). Hanya saja pita abu-abu tersebut berlanjut hingga mendekati tengah pangkal sayap, sedangkan pita kecoklatan lebih pendek. Biasanya alat kelamin serangga jantan ditandai dengan ujung abdomen yang agak meruncing, sedangkan betina membulat atau bisa juga ada semacam tonjolan berbentuk letter u atau n. Ukuran betina juga mayoritas lebih besar dan perutnya juga membesar atau membuncit.

Tak banyak informasi yang saya dapatkan dari google, selain itu juga karena keterbatasan saya dalam memahami informasi tentang Kupu-kupu Bambu Mata Merah ini, sehingga saya merasa kesulitan untuk mengolahnya dalam post ini.

12

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s