Leucas lavandulifolia, Pengusir Setan dan Insomnia

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

guTanaman Leucas lavandulifolia dipercaya mampu mengusir setan. Itulah yang diyakini oleh orang-orang dahulu. Karenanya banyak yang menanamnya di pekarangan rumah. Namun kepercayaan ini sudah tidak zaman lagi di masa kini. Selain mengusir setan, Paci-Paci juga terkenal sebagai ramuan obat herbal susah tidur dan gelisah. Caranya daun yang telah dikeringkan diisikan ke dalam bantal sebagai alas kepala.

Habitat dari Lenglengan atau Si Daun Setan adalah pada tempat-tempat terbuka atau sedikit teduh, seperti pinggir jalan, pinggir perkebunan, atau tanah terlantar. Saya belum pernah menjumpainya di area persawahan. Meski dikatakan liar, namun saya juga jarang menjumpainya di alam liarnya. Namun saya kira populasi Leonurus indicus masih terkendali. Keberadaannya yang jarang mungkin disebabkan tumbuhan ini tidak sembarangan ‘memilih’ tempat hidupnya. Saya pernah menjumpai satu areal kosong yang cukup luas ditumbuhi oleh tumbuhan ini. Rimbun, lebat, dan dipenuhi oleh ratusan ekor kupu-kupu.

Sebelumnya saya tidak mengetahuinya. Saat saya duduk-duduk di teras rumah teman, leng-lengan-pacipaci-leucaspandangan mata saya tertuju pada lahan kosong terbuka yang terkena sinar matahari sepanjang hari. Hanya ada 3 atau 4 pohon yang tumbuh di sana. Pohon tersebut nampak kecil karena lebar kebun yang saya taksir mampu menampung 3 buah rumah. Sedang panjangnya sekitar 5|6 rumah dideret jadi satu. Di sana banyak sekali kupu-kupu berterbangan. Ada ratusan ekor. Penasaran saya pun mendekat dan melompati pagar tembok setinggi 1 meteran. Saya terpesona dengan kupu-kupu yang beterbangan di sana. Ada kupu-kupu Segitiga Biru dan Hijau, dan beberapa jenis kupu lainnya. Terbanyak adalah kupu-kupu Common Emigrant warna putih kehijauan dan varian lainnya. Jumlah kupu putih ini ada puluhan bahkan mungkin ratusan. Olala ternyata ratusan kupu-kupu tersebut sedang asyik terbang ke sana kemari menclok sana menclok sini menghisap sari bunga Leucas linifolia. Hampir seluruh lahan ditumbuhi rumput liar berbunga putih ini. Termasuk terna semusim dengan tinggi antara 20 hingga 60 cm.

– Bunga –
Phlomis linifolia kecil-kecil dan unik mirip lidah serta berwarna putih. Bunga berselubung|berdaun bunga yang bertempat pada semacam bulatan seperti bola atau tersusun dalam karangan semu yang padat. Bila bunga sudah berguguran akan semakin nampaklah bulatan|buah tersebut yang semula hijau akan berubah menjadi coklat kehitaman. Bijinya yang berwarna hitam bila jatuh di tempat yang memadai akan tumbuh menjadi individu baru.


– Daun –
Pipih memanjang seperti pedang. Berpasangan hampir searah merata hingga pasangan daun yang paling ujung. Beberapa buku-buku akan tumbuh tunas|cabang baru atau bongkolan bunga.


– Manfaat Herbal –
Pemakaian Luar: luka, koreng, atau kudis. Caranya seluruh tanaman Lingko-lingkoan dicuci, giling|tumbuk hingga halus, tempel pada yang sakit. Atau 1 batang tanaman segar dicuci, rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Gunakan untuk mencuci luka, koreng atau kudis.

Untuk kejang panas pada anak: 1 genggam daun segar dicuci, giling|tumbuk, tambahkan air garam secukupnya. Aduk, kemudian gosok dan balurkan pada badan anak.

Untuk resep yang diminum karena sukar tidur dan rasa gelisah, sakit kepala, influensa, batuk, batuk rejan, difteri, jantung berdebar, tidak datang haid, pencernaan terganggu, cacingan, kencing manis (diabetes mellitus), kejang, ayan (epilepsi), caranya dengan merebus daun Nienglengan ini. Untuk resepnya dapat dilihat pada hasil penelitian BPPT (IPTEKnet) dengan CODATA ICSU Indonesia Tahun 2002.

– Level Gulma –
Rendah. Karena tumbuh pada area tertentu, maka prosentase menjadi gulma berada pada tingkat rendah. Apalagi populasi Plengan juga masih dalam batas wajar. Meski mampu tumbuh secara litofit pada tembok dengan substrat minim, Gofu Hairan tak akan menjadi gulma yang berarti. Ya mana bisa menjadi gulma lha wong tak ada tanaman budidaya yang bisa tumbuh pada tembok. Paling-paling dianggap sebagai tumbuhan liar yang tak diharapkan saja.

– Potensi Tanaman Hias –
Rendah. Meski bentuk bunga Sarap Nornor ini unik dengan warna yang saya sukai yakni putih, namun saya belum pernah tahu ada yang menanamnya sebagai tanaman hias. Kalau ada yang menjualnya sih biasanya memang stand bunga yang mengkhususkan pada tanaman herbal saja. Kalau di kota-kota kecil ya mana laku, karena stok di alamnya pun masih dalam ambang wajar. Gratis lagi.
– Serangga Tamu –
Kupu-kupu dan sejenis kumbang (kepik?).

dsc05962sang-tamu

– Kemiripan Spesies –
Leucas chinensis.
Keterangan:

Nama Latin, daerah, Indonesia atau internasional ditulis miring.

ID spesies atau nama Latin terbaru ditulis pertama kali, selanjutnya adalah sinonimnya atau nama yang pernah disandangnya.
Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

  1. Saya baru lihat bunga leucas ini, unik bentuk bunganya.
    Dipercaya mampu mengusir setan apa krn krn tanaman ini bisa menurunkan panas pada anak kali ya.. adik saya waktu kecil klo kena panas tinggi dia bilang sering lihat orang jahat/setan 😀 .

    Oh ya serangga di gambar terakhir bukan kumbang kepik/lady bug, klo kumbang kepik badannya warna merah lalu ada totol hitamnya.

    Suka

    • Kalau berbau mistik saya kurang tahu, tapi begitulah rangkuman dari puluhan blog yg saya baca tentang bunga ini.
      Iya bu, itu termasuk kepik (tanpa kumbang) draf tsb sudah lama saya tulis tanpa saya edit lagi, padahal saya sudah tahu beda kumbang sama kepik (saya kasih kurung yg maksudnya ataukah). Terima kasih antensinya bu …

      Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s