Thunbergia erecta, Mekarnya Cantik Gugurnya pun Cantik

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

thunbergia-erectaMembedakan Thunbergia erecta yang asli Afrika dari Family Acanthaceae ini dengan Thunbergia lainnya sangatlah mudah. Umumnya genus Thunbergia merupakan tumbuhan merambat, namun Thunbergia erecta habitusnya tegak meski tidak kuat banget, tidak memanjat, batangnya berkayu dan keras, persegi, bercabang-cabang, dan hidupnya tahunan serta tergolong perdu (tinggi 1 – 2 m). Semua bagian tanamannya tidak berambut. Daunnya lanset hingga elips, pangkalnya menyempit ujungnya meruncing, dan pinggirannya rata. Pada beberapa gambar di internet daunnya ada yang menyerupai hati, karena daun yang dekat pangkal melebarnya tampak tajam.

bush-clock-vineterompetan-ungu

Seperti namanya, Terompetan Ungu bunganya memang mirip terompet dengan petal lima helai berwarna ungu. Tabung bagian dalamnya berwarna kuning cenderung jingga. Bunga gugur tidak menunggu hingga layu, jadi masih tampak segar dan cantik. Termasuk tanaman hias yang sangat mudah dan cepat pula tumbuhnya. Kita hanya memperhatikan kebutuhan airnya. 1 kali sehari disiram bila cuaca sangat panas. Bahkan beberap hari tak disiram pun tak problem. Tumbuhan ini bisa tahan seminggu sekali disiram bila ditanam langsung pada tanah.

picture-027King’s Mantle akan tumbuh merimbun dan berbunga banyak bila rajin dipruning. Dapat ditempatkan pada area yang full sun atau setengah ternaung. Hanya saja pada tempat yang ternaung warna bunganya akan sedikit lebih pucat. Masa berbunganya sepanjang tahun dengan satu hingga 3 bulan masa istirahat. Bunga tahan mekar hingga 3 – 7 hari. Perbanyakan dengan stek batang. Cocok sebagai tanaman pagar, atau digabung dengan tanaman hias lainnya pada taman-taman atau pekarangan depan.

Ada varitas yang langka karena memang tidak setiap saat bisa terjadi, yakni varian variegata, yang empunya menamakannya Lavender Ice.

Meski namanya Vine (Bush Clock Vine), nama yang tidak tepat sebenarnya, bisa jadi nama ini mengikuti keumuman genus Thunbergia yang merambat.

Sangat jarang bahkan nyaris tidak pernah terserang hama dan penyakit. Dan saya belum pernah menemukannya. Mungkin disebabkan karena bau daunnya yang sangat tidak enak bila bergesekan atau diremas. Jadi cocok bagi siapapun yang tidak punya cukup banyak waktu untuk berkebun.

daun

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s