Creobroter gemmatus, Belalang Sentadu Bunga Permata yang Cantik

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

bs3Belalang Sembah Bunga Permata (juga Mantis lainnya) tak hanya memakan daging (carnivore) namun juga melakukan aksi kanibalisme sesudah mating. Betina akan memakan sang jantan. Tindakan ini dilakukan untuk memperoleh sumber protein untuk telur-telur yang telah dibuahi sang jantan. Mungkin saja protein dari jenisnya sendiri lebih mampu menghasilkan anak-anakan yang unggul dan bersifat seperti induk mereka beserta kelebihan-kelebihannya. Meski termasuk belalang, belalang jenis Mantis tidak merugikan petani dan nursery karena membantu dalam mengontrol populasi serangga-serangga hama.

bs2Belalang Sentadu Bunga terdiri dari banyak genus, salah satunya yang saya temukan adalah Creobroter gemmatus dari Familia Hymenopodidae Ordo Mantodea. Meski beberapa kali terjumpa dengan Belalang Sentadu yang cantik ini, namun sebenarnya populasinya tidaklah banyak. Saya menjumpainya juga pada tempat-tempat yang berjauhan.

Jantan dan Betina

Meski kecil (± 4 cm) namun cantik. Ukuran pejantannya lebih kecil lagi, serta ramping. Warna dasar tubuh putih kekuningan atau putih gading yang bermarking hijau. Sayap berwarna dasar hijau terdapat corak lingkaran tak simetris berwarna putih dengan pinggiran hitam. Di dalamnya terdapat dua noda atau titik. Karena kebetulan Sentadu Bunga yang saya temui berkelamin betina, maka agar lebih gamblang, saya mencomot gambar belalang jantan berikut dari shob jujujitu.blogspot.com.

jantan

betinaTubuh betina lebih besar dan gendut abdomennya. Bokongnya (ujung abdomen) tidak tertutup sayap. 2 titik (noktah) pada lingkaran putihnya berukuran lebih kecil. Yang mencolok tentu saja, sang jantan akan dimakan setelah proses perkawinan selesai.

Suka hinggap pada bunga-bunga untuk berklamufase. Tujuannya selain untuk menghindari pemangsanya juga agar tidak diketahui mangsanya yang kebanyakan adalah serangga-serangga pemakan nektar agar lebih mudah ditangkapnya. Calon korbannya akan mengira pola yang ada pada tubuhnya merupakan sejenis bunga yang banyak nektarnya.

Karena kecantikannya (beberapa spesies Mantis berbentuk unik) tersebut, sudah banyak yang menjadikannya sebagai binatang rumahan. Weleh … weleeeeh … dan dijual lagi, weleh … weleeeeh

Kemiripan Spesies
Dengan sesama member genus seperti Indian Flower Mantis (
Creoboter meleagris).

bs1Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s