Peperomia pellucida, Suruh Imitasi yang dapat Dimakan dan Bermanfaat untuk Asam Urat Maupun Pegal-pegal

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

herbaHerba semak (tak berkayu tinggi di bawah satu meter) berukuran mungil serta berumur semusim ini mudah kita jumpai di tempat-tempat yang lembab dan teduh, terestrial maupun litofit pada cepitan atau sudut-sudut tembok, tumpukan batu atau bata, sekitar sumur, pekarangan, saluran air, dan lain-lain. Di tempat-tempat seperti itu media tumbuh sangat minim, namun bukan halangan baginya untuk tumbuh dengan suburnya. Biasanya berkoloni bersama-sama dengan Pteris vitatta, Pilea microphylla, Lumut Daun, atau tumbuhan tipe lembab lainnya.

Saking mudahnya berkembang biak, hingga kita pun sering jengkel dibuatnya karena tak berapa lama setelah kita singkirkan, eh … numbuh lagi yang baru. Begitu seterusnya. Alhamdulillah-nya, tumbuhan ini bukan termasuk tanaman pengganggu yang serius dan tak mengganggu tanaman produksi, kecuali mungkin untuk nursery-nursery atau tukang kebun rumahan. Tapi kita tak usah khawatir, karena tumbuhan liar ini sangat mudah dicabut dan dimusnahkan. Sambil membersihkan lingkungan sekitar, shob dapat memanfaatkan herbanya untuk pengobatan, semisal untuk asam urat/rematik gout, nyeri pada rematik, sakit perut, penyakit ginjal|batu ginjal, sakit kepala karena demam, sakit perut|gangguan pencernaan, luka bakar, abses, bisul, jerawat, radang kulit, luka terpukul, luka bakar ringan, panas dalam, gangguan tenggokan, dan diabetes karena tumbuhan liar ini mengandung zat kimia alkaliod, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak asiri. Sifatnya sejuk dan pedas. Caranya cukup direbus atau dibuat teh.

Namanya pun sangat mudah kita ingat, Suruhan atau Suruh-suruhan. Prototipe tanaman Suruh berukuran mini. Di beberapa daerah disebut Katumpangan Anyer, Tumpangan Air, Saladaan, Rangu-rangu, Sladanan, Gofu Goroho dengan nama binomial Peperomia pellucida. Ada juga yang menyebutnya tanaman Kaca-kaca. Mungkin karena batangnya yang lunak dan agak transparan. Di dunia internasional dikenal sebagai Shiny Bush, Pepper Elder, atau Common Peperomia.

biji2-yg-telah-bersemaidaun-bunga-dan-batang

Selain aman untuk pengobatan, di Malaysia dan beberapa negara Amerika sudah biasa menjadikannya sebagai lalapan. Sebagai pengobatan untuk asam urat selain direbus kita juga dapat menggunakan resep lainnya yakni menumbuk hingga halus  60 gr tanaman segar yang telah dicuci bersih, setelah itu dibalurkan pada bagian yang sakit.

 

batangbunga-dan-buah

Batang setengah tegak atau rebah saat tua, tinggi 20 – 30 cm, berair, bercabang, berwarna hijau keputih-putihan. Akar serabut yang halus.

Bunga tersusun rapi dalam rangkaian berbentuk bulir, panjang 1 – 6 cm, warna hijau saat muda dan kecoklatan bila sudah matang, tumbuh di ujung tangkai dan ketiak daun.

berkoloni-bersama-pilea

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s