Kyllinga nemoralis, Teki Knop Putih atau Teki Nemo

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

batangTampilannya memang mirip rumput, namun bangsa Teki-tekian (Sedges) bukanlah golongan rumput. Perbedaan keduanya sangat nyata, meski sekilas nampak sama. Secara umum batang Teki berbentuk segi tiga dan tidak berongga. Yang paling mencolok perbedaannya, daun Teki berjajar tiga dan mempunyai rhizoma (lebih tepatnya akar tinggal/tuber yang merupakan modifikasi dari batang) dengan bentuk yang berbedabeda. Selain sebagai gudang makanan, tuber juga sebagai alat perkembangbiakan vegetatif alami. Sangat adaptif terhadap kondisi tanah dan cuaca, serta toleran terhadap genangan dan juga kekeringan. Akarnya mampu membenam jauh di bawah tanah (kedalaman 1 m) menjadi kekuatannya hingga digolongkan sebagai gulma yang sangat sulit diberantas. Selama tuber (umbi) ini masih ada, selama itu pula Teki akan terus hidup dan berkembang biak.

Cyperus kyllinga merupakan nama sinonimnya. Itu berarti ada nama binomial barunya. Ya Kyllinga nemoralis sebagai nama dalam taksonomi. Jenis Kyllinga dahulu masih menyatu dengan genus Cyperus, namun sekarang telah menjadi genus sendiri yang sama-sama berada di bawah familia Cyperaceae. Untuk membedakan keduanya sangatlah mudah. Genus Kyllinga bentuk bunganya globe|bulat dengan berbagai variasinya, apakah warna atau bentuknya. Karena itu apapun jenis Sedges yang bentuknya globe, secara otomatis dialihkan ke genus Kyllinga. Rumput teki yang bunganya tidak berbentuk globe dengan berbagai variasinya tetap menjadi member genus Cyperus.

Sebelum dilabeli nama Kyllinga nemoralis, namanya adalah Kyllinga cephalotes dan Kyllinga monocephala, yang dikenal sebagai White Kyllinga. Sesuai namanya bunganya memang berwarna putih. Termasuk bunga majemuk (dalam satu bonggol terdapat banyak bunga).

Di Indonesia dikenal dengan nama Teki Udel-udelan atau Rumput Kenop (lebih tepatnya Teki Kenop ya …). Namun nama Teki Udel-udelan tidak hanya merujuk pada Kyllinga nemoralis saja, tetapi juga Kyllinga sp. lainnya. Karena itu saya akan menyebut Teki ini sebagai Teki Nemo.

gu

Batangnya (calmus) tegak atau agak melengkung, berbentuk segitiga, tingginya 5 – 45 cm, berwarna hijau dan tidak bercabang dengan permukaan batang licin.

Daun berbentuk pita|garis dengan parit|guratan memanjang pada tengah daunnya, tepi beringgit, ujung meruncing, tekstur agak kasar, panjang 5 – 15 cm, berpelepah.

Bunga bongkol berbentuk globa|bulat berwarna putih atau bersemburat hijau dan tersusun banyak bulir dan termasuk bunga majemuk yang duduk di ujung pucuk batang. Jumlah antara 1 – 4 kepala bunga.

Akar yang berupa rimpang|tuber menjalar, beruas, berwarna merah, ukuran pendek, dan menghasilkan tunas dari buku-bukunya. Baunya wangi. Akar serabut layaknya benang berwarna putih kekuningan.

berkoloni-dg-berbagai-macam-rumputdsc05079

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s