Leptocoria oratorius|Belalang Sangit Padi, Meski Edible Adakah yang Mau Memakannya?

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

ws3Tak banyak yang ngeh bagaimana bentuk atau morfologi Walang Sangit. Jangankan mengamat-amati, mendekati pun membuat kita ogah. Baunya itu lho … nggak enaknya nggak ketulungan. Seekor saja sudah mampu membuat seisi ruangan bau busuk. Selain itu bagaimana mau mengamati kalau keberadaannya juga harus segera dibasmi karena menjadi hama dan musuh para petani? Ya … Leptocorisa acuta (sinonim) merupakan musuh utama petani dan menjadi hama penting yang sangat menjengkelkan bagi tanaman budidaya padi. Caranya Pianggang menghisap cairan tanaman dari tangkai bunga (paniculae) dan juga cairan buah (gabah) yang sedang masak susu pada rumput-rumputan: Panicum spp, Andropogon sorgum, Digitaria consanguinaria, Eleusine coracoma, Setaria italic, Barnyard Grass, Cyperus polystachys, Paspalum spp, dan Pennisetum typhoideum; juga bayam-bayaman (Amaranthaceae), plus tumbuhan graminaceous (Graminaceae) seperti padi, gandum, tebu, jagung, milet (sebangsa padi-padian)|Echinochloa crus-galli, bajra, dan lain-lain. Tanaman graminoaceous yang berbunga lebih disukainya. Dilaporkan juga menyerang buah-buahan seperti mangga, jambu biji, nangka, dan buncis. Selain itu serangga ini juga menjadi vektor (penyebar virus tungro) yang menyebabkan penyakit tanaman padi. Juga vektor patogen Helminthosporium oryzae, plus penyebar jamur Sarocladium oryzae dan Sarocladium attenuatum penyebab penyakit busuk pelepah daun.

Rupanya di Indonesia, semua jenis dari familia Alydidae (kepik) Ordo Hemiptera (bangsa kepik sejati)|Bugs yang mempunyai ciri khas berbau busuk yang sangat menyengat itu semua disebut Walang Sangit, apapun bentuk morfologinya, yang penting berbau busuk. Padahal di luar Indonesia, setiap jenis mempunyai nama binomial dan internasionalnya sendiri-sendiri yang disesuaikan dengan spesialis tanaman inang atau makanannya. Ada Walang Sangit Kentang, Kacang, dan lain-lain. Bahkan nama Walang Sangit (Belalang Sangit) sendiri juga tidaklah tepat, karena sebenarnya dari kalangan bangsa kepik, namun sudah terlanjur, ya … sudahlah. Di dunia internasional pun namanya juga bukan belalang, tetapi bug. Dan … umumnya yang disebut Walang Sangit itu yang spesialisnya padi atau Paddy Stink Bug.

Kita mungkin bingung ya membedakan antara kepik dengan kumbang… Mari kita perhatikan tiga ciri berikut yang berlaku mayoritas.

antena-kaku

antena kaku seakan-akan terbuat dari kayu (mayoritas berukuran panjang)

sayap-tampak-dan-kaki-panjang

1. sayap luarnya kecil dan tidak menutup secara sempurna sayap bagian dalamnya atau seakan-akan berkutang 2. kaki belakang lebih panjang

Jadi, kebalikannya merupakan ciri-ciri kumbang yang berlaku secara keumuman.

Sebenarnya Kungkang termasuk serangga yang cantik. Warna tubuhnya campur-campur antara warna hijau, biru, hitama, kemerahan, kekuningan, coklat, dan kelabu. Stadium nimfalah masa yang cantik-cantiknya. Namun mengingat baunya yang busuk itu, apakah ada yang mau memeliharanya meski cantik?

Morfologi serangga ini terdiri dari sepasang antena yang panjang, kepala dengan “belalai” (proboscis)nya, toraks, abdomen memanjang dan ramping, 3 pasang kaki yang panjang-panjang dan ramping, sayap luar satu helai yang lebih mirip tameng (kutang), dan sayap dalam yang tipis namun kuat. Kepala melekat dengan toraks atau tidak terpisah dengan jelas. Perbedaan jantan dan betinanya terletak pada bentuk posterior (bokong). Posterior betina lebih lancip, sedang jantan tumpul.

Penyebarannya meliputi hampir seluruh wilayah Asia hingga Papua dan Australia bagian utara. Kalau saya lihat dari gambar-gambar, Walang Sangit dari Australia lebih cantik tampilannya.

Musuh Alami

  • Hadronotus leptocorisae, Ooencyrtus malayensis, Gryon nixonii, dan Telenomus corani sebagai parasitoid telur Walang Sangit. O. malayensis juga menyerang telur hama Riptortus linearis dan Nezara viridula (hama kedelai).

  • Predator famili Reduviidae.

  • Berbagai jenis laba-laba dan belalang familia Gryllidae dan Tettigonidae.

  • Jamur Beauveria sp. dan Metharizum sp. yang menyerang stadia nimpa dan dewasa.

Penanggulangan

Secara alami maupun kimiawi, bahkan sekarang sudah memakai radiosotop|radioaktif. Untuk cara kimiawi dan radioaktif pemakaiannya telah diatur oleh pemerintah, jadi tidak boleh sembarangan.

Karena menyenangi bau-bau busuk seperti bau terasi, bangkai (terutama keuyeup|kepiting) dan membenci bau-bauan harum, mungkin kita (petani) bisa memanfaatkan tumbuh-tumbuhan berbau wangi seperti Kenikir, Kamboja, dan lain-lain sebagai tanaman pengusir hama seperti Rice Earhead Bug. Beberapa negara dan daerah di negara kita juga telah menanam bunga-bungaan di sekitar area persawahan. Selama ini ada yang menggantung kapur barus di area persawahan, namun tentunya memakan ongkos yang besar mengingat kapur barus mudah habis|menguap. Juga menggemari bau-bauan dari tanaman Lycopodium sp. dan Ceratophylum sp., yang mana kedua jenis tumbuhan ini dapat digunakan sebagai tanaman pengalih.

Kemanfaatan

Allah menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya. Selama ini seperti Slender Rice Bug dikenal sebagai hama nomor satu bagi petani padi, karena hingga kini belum ada varietas yang anti walang sangit. Nyatanya serangga ini sumber yodium dan memiliki sifat anestesi serta analgesik. Artinya kepik ini dapat dimakan. Bahkan bau yang dikandungnya dapat ditambahkan pada saus sebagai penambah rasa apel. Ada yang mau?

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s