Asystasia gangetica spp. alba, si Asys Putih yang Inkonsisten namun Mempesona

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

putihUntuk mengidentifikasi member genus Asystasia tidaklah mudah. Apalagi ada 70 jenis yang tergabung dalam genus ini dengan tampilan habitus yang hampir serupa, bahkan bunganya sekalipun. Seperti namanya, Asystasia sendiri berarti inkonsisten, tidak tetap.

Melihat tampilan bunganya, Asystasia sp. yang satu ini termasuk dalam jenis Asystasia gangetica yang bercirikan lima petalnya membulat dengan lower petal agak besar atau agak berbeda sedikit bentuk atau coraknya dibanding 4 petal lainnya. Semua Asystasia yang bercirikan seperti itu tak peduli apa warnanya (entah single, bi, atau tri color), apapun bentuk lidah petal|lower petalnya (ujung menyempit atau sama-sama membulat seperti petal lainnya), bentuk daunnya maupun bentuk-bentuk bagian tanaman lainnya berbeda-beda, asal keempat petalnya membulat atau cenderung tumpul, semuanya dimasukkan ke dalam jenis Asystasia gangetica. Tinggal varian atau sub spesiesnya saja yang berbeda. Karena tak mudah untuk mengidentifikasi maupun mencari datanya, maka saya pun memilih membahas sub spesies yang termudah dahulu, yakni Asystasia gangetica spp. alba.

Seperti namanya, keseluruhan petalnya berwarna pure white. Tabung bunga berwarna kuning pucat atau hijau pucat kekuningan, baik bagian dalam maupun luarnya. Katanya endemic plant pada Kepulauan Cristmas dan Australia Timur Laut, namun kok di rumah saya ada? Berarti sudah menjadi tumbuhan invasif dong ya …?

Batangnya tegak, lunak hingga setengah berkayu, 0,5 – 0,75 m tingginya.

herba

Daun seperti hati dengan lekukan yang samar, dengan ujung daun lancip sangat pendek.

daun

Tangkai bunga 6 – 8 cm panjangnya yang menyangga puluhan kuncup yang mekar bergantian. Karena bunga bisa tahan hingga lebih dari 3 hari, maka kita bisa melihat bunga-bunganya yang mekar secara bersamaan.

Seludang bunga menjari lima berujung runcing warna hijau muda.

Asystasia alba ini juga mempunyai tampilan yang tidak sama, tergantung habitat dan kondisi lingkungannya, hingga kita pun melihatnya sebagai speseis yang berbeda seperti A. australasica dan A. oppositiflora yang tumbuh di Australia.

Kemiripan Subspesies

dsc04901

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s