Leptosia nina chlorographa, si Kupu-kupu Kebon Jawa

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

psy3Leptosia nina sangat mudah diidentifikasi karena memiliki ciri-ciri yang sangat mencolok dan berbeda dibanding kupu-kupu lainnya, bahkan dengan kupu-kupu member familia Pieridae sekalipun. Tubuhnya yang mungil (sekitar 25 – 35 mm), sayap putih yang sisi luarnya bercorak coklat atau kehitaman dengan motif bercak-bercak tak beraturan. Sayap bagian dalam (upper side) terdapat dua bundaran hitam tak beraturan laksana mata, serta dua sapuan warna hitam pada sudut sayap atasnya. Keempat corak hitam ini juga tampak dari sisi luar sayap meski remang-remang. Tidak ada kemiripan yang mencolok antara kupu-kupu Wandering Snowflake dengan kupu-kupu lainnya, sehingga kita pun sangat mudah mengidentifikasinya. Yang tersulit adalah mencari sub spesiesnya atau variannya.

Kalau hanya mendasarkan pada informasi saja, sub spesies dibedakan pada wilayah persebarannya. Leptosia nina chlorographa berada di Jawa, seperti pada artikel ini. Kemudian ada Leptosia nina aebutia yang tersebar di Tanahdjampea dan Kalao. Di wilayah Timor hingga Tanimbar sub spesies comma. Leptosia nina dione berkembangbiak di Sulawesi Selatan. Di Lombok, Sumbawa, Flores, dan Solor adalah tempat Leptosia nina fumigata mencari food plant dan host plant. Leptosia nina georgi menempati wilayah Philippines bagian utara, sedangkan bagian selatannya adalah ditempati oleh sub spesies terentia. Yang terluas persebarannya adalah Leptosia nina malayana, mulai dari Peninsular Malaya, Singapore, Sumatra, Borneo (termasuk Brunei Darussalam dan sebagian wilayah negara Malaysia), Bangka, dan Belitung. Di Nicobars sub spesiesnya nicobarica. Leptosia nina nina juga tersebar luas meliputi India, Myanmar, Ceylon|Sri Lanka hingga Indo-China, Laos, Thailand, Vietnam, Hainan, S. China, Langkawi, Andamans, dan Malaysia bagian barat (wilayah Penang dan Kedawi). Leptosia nina niobe mendiami wilayah Taiwan. Satu negara atau satu wilayah bisa terdapat lebih dari 1 jenis sub spesies seperti Philipina, India, dan Indonesia.

Tentunya ada perbedaan di antara mereka, meski sangat tipis. Perbedaan ada pada marking, warna, pola, dan corak pada sayap, toraks, abdomen, dan mungkin juga antenanya. Marking meski tampaknya tak beraturan sebenarnya membentuk pola tertentu. Tampak samar-samar bentuk garis atau alur agak melengkung. 1 hingga 5 alur nampak lebih jelas. Meski saya mengetahui jenis perbedaan-perbedaannya, namun saya belum mampu menganalisis semuanya. Leptosia nina nina yang saya ketahui dari mengamat-amati gambar-gambar corak pada sayap luarnya lebih banyak dan lebih rapat, hampir memenuhi seluruh area sayapnya. Semburat warna coklat atau krem pada kupu-kupu betinanya juga lebih terang dibanding sub spesies lainnya.

. Betina dan Jantan .≈

Ukuran badan dan sayap betina Common Grass Jewel lebih besar sedikit. Sayapnya juga lebih membulat. Sayap luarnya bersemburat warna coklat atau krem. 4 corak hitam pada sayap dalamnya juga lebih lebar. Marking sayap luar juga lebih banyak. Saat mating, posisi betina berada di bawah dan menggelantung pada abdomen pejantan.

. Food Plant (Nectaring) .≈

Tak semua bunga menjadi kegemarannya. Yang saya ketahui baru dua jenis bunga yang dihinggapi kupu-kupu Cacaputi ini, yakni Songgolangit (Tridax procumbens) dan Sawi Langit (Vernonia cinerea). Ada referensi yang menyebut Kupu-kupu Psyche ini mencari nektar pada bunga-bungaan tumbuh-tumbuhan semak (tinggi di bawah satu meter), seperti Tapak Liman (Elephanus sp.), Genus Agerantum (Bandotan|Ageratum conyzoides,), Fleabane|Little Ironweed, Maman Ungu|Purple Cleome (Cleome rutidosperma), Common Asystasia (Asystasia intrusa), atau White Globosa|Ratna Putih dg-bunga-sawi-langit(Gomphrena celosioides), Capparis sp., Mimosa pudica, Lantana camara, Stachytarphetae jamaicensis, Bidens pilosa, Tridax procumbens, dan Pennisetum purpureum. Ada juga yang menulis tumbuhan jenis perdu dan pohon seperti Cassia sp., Citrus sp., dan Rhamnus sp. Kalau shob menjumpai foto-foto si kupu mungil ini sedang hinggap pada bunga-bunga tipe panas seperti Ajeran (Bidens piliosa) atau Zinnia, maka lokasi tumbuhnya tanaman tersebut tidaklah jauh-jauh dari area terlindung.

Kita juga akan mudah menjumpainya pada kebun-kebun atau area terlindung. Sering juga menyambangi taman atau pekarangan depan rumah. Kalau kita pergi kemana saja, asal masih ada kebonnya, insya Allah akan menemui kupu putih mungil yang lemah gemulai ini, walau barang satu atau dua ekor saja karena Kupu-kupu Kebon sifatnya memang solitaire, tidak grouping atau schooling.

Arti Psyche sendiri adalah belahan hati, sesuai dengan bentuk sayapnya yang mirip dengan hati. Sedangkan menurut bahasa Yunani kuno artinya roh kecil. Nama sinonim lumayan banyak. Untuk itu saya hanya mengambil yang terbaru saja yakni Leptosia xiphia fumigata, Leptosia aurisparsa, dan Leptosia xiphia comma. Populasinya tidak mengkhawatirkan.

Kalau saya amati kupu ini tidak suka berada pada area-area terbuka, namun ada yang menulis kupu ini dapat dijumpai di padang rumput. Dugaan saya padang rumput yang dekat dengan hutan atau area terlindung atau area dengan pepohonan yang rapat (berkanopi).

. Level Jepret .≈

Meski terbang rendah, kibasan sayap pelan, nampak lemah gemulai dan jinak. Namun jangan sangka kita akan mudah untuk memotretnya. Kupu ini termasuk kupu yang tidak diam. Terbang rendah ke sana kemari menyusuri sudut-sudut atau pinggir-pinggir kebun maupun area teduh lainnya, seakan-akan tak kenal lelah dan jarang hinggap. Termasuk kupu yang waspada juga, karena itu untuk memotretnya dibutuhkan kesabaran ekstra. Hinggapnya hanya saat kelelahan, waktu pagi atau sore hari, saat sakit atau tua, dan saat menghisap sari bunga, walau prosentasenya tidak bisa mencapai 100%. Membutuhkan keberuntungan yang besar untuk mendapatkan gambarnya dengan sayap terbuka.

gu2

. Genus Leptosia .≈

Leptosia nina, Leptosia alcesta, Leptosia hybrida, Leptosia marginea, Leptosia medusa, Leptosia nupta, Leptosia wigginsi, Leptosia lignea. Leptosia lignea hanya terdapat di Sulawesi saja (endemik).

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Satu komentar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s