Caesalpinia pulcherrimai, Kembang Merak yang Kecantikannya Kian Turun Pamornya

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

bungaNamanya keren, Barbados Pride atau Pride of Barbados, sayangnya pamornya kini sudah jauh berkurang dibanding semasa kecil saya dulu. Padahal bunga Poin Cillade ini masih tetap cantik, tidak kalah dengan bunga-bunga hias lainnya. Kebosanan lah salah satu biangnya. Manusia memang mempunyai sifat gampang bosan, sesuatu yang baru sangat memikat minat. Karena itu jenis-jenis bunga hibrid pun berjejalan di taman-taman pribadi. Anggrek, Krisan, Dahlia, Zinnia dan bunga-bunga lain jenis hibrid lebih laku dijual dengan harga yang bagus karena bunga-bunga hibrid ini memang mempunyai warna dan bentuk yang lebih atraktif. Padahal kalau dilihat dari komposisi warnanya, Bunga Merak dari Family Fabaceae|suku kacang-kacangan berkayu ini sangatlah menawan. Merah, jingga, dan kuning dengan motif dan bentuk bunga yang tak biasa. Sungguh memikat dan kompetitif dengan bunga hias lainnya.

Family Fabaceae mayoritas spesiesnya memang mempunyai bunga dengan bentuk yang unik dan variatif. Setiap genus dalam famili ini memiliki bentuk bunga yang berbeda-beda dan mempunyai ciri khas masing-masing. Apakah itu yang berhabitus menjalar, perdu, semak, maupun pohon. Benang merahnya pada buahnya yang mempunyai dua sisi semacam katup yang menutup erat biji-biji yang berada di dalamnya. Mirip peti. Termasuk Caesalpinia pulcherrimai (dulu Poinciana pulcerrima) ini.

perduMorfologi dari Paradise Flower berupa perdu (berkayu), perennial, tinggi 2 – 4 m, bercabang banyak dengan kulit berduri seperti kuku macan pada permukaan kulit batangnya. Kulit kayunya yang telah dikeringkan kemudin direbus dapat dipakai sebagai alternatif pengganti obat kumur. Pada kulitnya terkandung plumbagin, saponin, lumbagol, kalsium oksalat, alkaloid, tanin, dan zat samak.

Daun Small Gold Mohar berupa daun majemuk menyirip genap ganda. Anak daun berbentuk bulat telur terbalik dengan pertulangan daun menyirip dan tepirannya rata. Setiap tangkai daun terdiri banyak anak tangkai (4 – 12 pasang) yang saling berpasangan. Setiap anak tangkai terdiri puluhan helai anak daun yang juga berpasangan. Pada malam hari tanaman ini akan menguncupkan daunnya. Daun yang dilumatkan, diberi sedikit air dan kemudian diminum berkhasiat melancarkan menstruasi, mengatasi sariawan, meredakan demam pada infeksi malaria. Untuk sariawan: daun direbus dahulu kemudian digunakan untuk berkumur. Daun juga dapat bermanfaat untuk mengobati perut kembung, radang hati (hepatitis). Mengandung alkaloid, saponin, tanin, glucosida, dan calsium oksalat.

daun1daun3

Flor de San Francisco bertipe bunga sempurna (bunga banci) dan majemuk (satu tangkai terdiri banyak bunga). Bunganya mempunyai warna terang memikat seperti merah, gukuning, dan jingga. Ada yang bi, tri atau mono color. Mekar bergantian, mulai bunga yang terletak di bawah hingga yang paling ujung. Tersusun dalam tandan mirip Pagoda atau candi dengan ujung tangkai menyudut|meruncing. Mengandung zat kimia tanin, asam benzoat, asam gallat (gallic acid), resin, dan zat merah.

Buahnya polong berbentuk pipih, ujung runcing, panjang 6 -12 cm dan lebar 1,5 cm, buah polongbertangkai sangat pendek. Berisi hingga 8 biji yang dapat dimakan. Biji dua keping berbentuk oval yang diselimuti lapisan bertekstur kenyal berwarna bening keruh. Di luarnya terdapat kulit tipis berwarna hijau pucat. Rasa biji bagian dalam manis, sedangkan kulit terluar agak pahit, sedangkan lapisan kenyal tak berasa. Saya sangat suka akan lapisan kenyal dari polong Caballero ini. Buah yang sudah tua berwarna hitam.

Biji yang telah digerus kemudian diseduh dengan air panas dapat mengatasi berbagai keluhan pernapasan seperti batuk-batuk, sesak napas karena asma, dan nyeri dada.

Meskipun mudah dijumpai di Indonesia, namun tanaman Peacock Flower ini berasal dari daratan Amerika Tengah. Rupa-rupanya Indonesia merupakan tanah kedua dari berbagai jenis flora yang berasal dari Amerika dan Afrika. Entah kalau tanaman endemik Australia, bisa nggak ya hidup di Indonesia.

 

Akar tipe tunggang dengan percabangan simpodial. Akar juga mengandung zat antibakteri yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi bakteri Vibrio cholerae penyebab kolera. Caranya dengan direbus, lalu disaring dan diminum air rebusannya. Namun hati-hati pada ibu hamil, rebusan 4 gram akar Kembang Merak bisa memicu keguguran. Selain itu, akar juga bermanfaat mengobati kejang pada anak, dan demam.

:: Teknik Gardening ::

Tanaman Patra Kembala tidak membutuhkan perawatan yang berarti. Termasuk tanaman yang sangat mudah hidup. Dibiarkan saja dia akan berkembang dan berbiak dengan sendirinya. Namun kalau ditanam dalam pot, tetap harus diperhatikan kebutuhan airnya. Asal terkena banyak sinar, tanaman hias ini akan mengeluarkan bunganya dengan rajin.

Dapat diperbanyak dengan menyemai bijinya.

Selain sebagai obat, bunga merak juga dapat membunuh serangga karena adanya hidrogen sianid (gas beracun) yang dimilikinya.

:: Nama di Indonesia ::

Merakan, Jambul Merak, Bunga Merak, Merak-Merakan, Merak Ngigel, Kembang Patra Kembala| Kombala, Patra Menggala, Merak Kagel, Merak Ngegel, Perak Kegel, Parak Kagel, Mar Kegel, Bunga Kacang, Bunga China, Jingok, Kembang Abang.

:: BPG’s Nomenclature ::

Bunga sempurna (bunga banci atau bunga hermaphrodite): benang sari dan putik berada dalam satu bunga.

daun2

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s