Euphorbia heterophylla, EUPHORBIA SERIBU WAJAH

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Inilah tumbuhan liar yang membuat saya menyerah untuk menganalisisnya dengan pendapat dan
asumsi saya yang saya peroleh dari pengamatan di lapangan. Karena itu, artikel saya kali ini betul-betul merupakan kajian referensi. Saya tidak mencampuradukkannya dengan pengamatan di lapangan. Keanekaragaman bentuk morfologi spesies (terutama daunnya) inilah yang menjadi penyebabnya. Sangat menyulitkan dalam pengidentifikasiannya.
Ada jenis yang berdaun merah pada pucuknya disebut Euphorbia heterophylla. Ada yang bertipe menyempit seperti pedang, disebut juga sebagai Euphorbia heterophylla. Ada yang melebar pada sepertiga atau seperempat bagian yang dimulai dari pangkal daunnya, namanya juga Euphorbia heterophylla. Ada yang melebar pada tengah-tengah daun dan ada pula yang melebar pada sepertiga pucuknya, IDnya Euphorbia heterophylla. Ada juga yang menyatakan kalau Euphorbia heterophylla itu sisi bawah daun berwarna merah|kemerahan. Ada yang tepinya rata, namun ada juga yang bergerigi, keduanya juga Euphorbia heterophylla. Ada daun yang tepinya menjorok ke dalam secara tajam, ada pula yang dangkal, itu juga Euphorbia heterophylla. Dan variasi daun lainnya yang semuanya disebut Euphorbia heterophylla. Pendeknya daunnya sangat bervariatif, sesuai dengan namanya heterophylla. Tak salah juga apabila saya membombastisnya sebagai Euphorbia Seribu Wajah. Agar lebih gamblang saya tampilkan bentuk-bentuk daun yang sumbernya saya copot sana-sini.

Dan macam-macam bunganya yang juga saya copot dari berbagai sumber.

Meski beragam bentuk daun, namun tetap saja harus ada benang merah antara bentuk satu dengan lainnya hingga diperoleh nama ID yang sama. Tiga ciri yang menjadi kekhasan dari Euphorbia sp. yang saya catat, yakni di antara sisi batangnya terdapat semacam galur rongga/cekungan, mempunyai getah, dan pada pangkal daunnya terdapat warna keputihan. Maka apapun bentuk daunnya jika mempunyai ketiga ciri ini, maka akan dimasukkan ke dalam spesies Euphorbia heterophylla. Maka juga tak mengherankan apabila tumbuhan ini disebut juga Various Leaved Euphorbia.

Sebelum mengkaji Euphorbia yang satu ini, bolehlah saya cerita sedikit tentang Genus Euphorbia.

Genus Euphorbia seluruh bagian tanaman kecuali akar dilapisi semacam lilin dan bergetah. Sebagian besar berbatang tegak, meski ada juga yang setengah tegak. Batang lunak meski berserat serupa kayu. Mayoritas membernya memiliki bunga yang tidak menarik, bahkan ada yang tidak mempunyai sephal, petal, atau nektar, seperti Pencil Tree yang hanya terdiri dari akar dan batang saja. Yang semirip dengan ‘batang’ ini pun juga menjadi perdebatan apakah itu daun yang serupa batang ataukah memang batangnya.

Sebelumnya Euphorbia bernama Euphorbium, yang bersinonim dengan berbagai nama lainnya seperti Poinsettia, Agaloma, Cyathophora, Tithymalus, dan lain-lain. Satu spesies dari genus Euphorbia ini bisa saja memiliki puluhan nama sinonim. Termasuk Euphorbia heterophylla ini yang mempunyai nama sinonim: Euphorbia prunifolia, Euphorbia geniculata, Euphorbia cyathophora, Poinsettia geniculata, Poinsettia heterophylla, Agaloma angustifolia, Cyathophora ciliata, Cyathophora heterophyla, Cyathophora picta, Euphorbia calyciflora, Euphorbia elliptica, Euphorbia epilobiifolia, Euphorbia frangulifolia, Euphorbia morisoniana, Euphorbia pandurata, Euphorbia taiwaniana, Euphorbia trachyphylla, Poinsettia frangulifolia, Poinsettia havanensis, Poinsettia morisoniana, Poinsettia prunifolia, Poinsettia ruiziana, Tithymalus heterophyllus, Tithymalus prunifolius . International names-nya antara lain: Milkweed, Painted Euphorbia, Painted Leaf, Painted Spurge, Spurge Weed, Wild Poinsettia, Desert Spurge, Fire Plant, Japanese Poinsettia, Mexican Fire Plant, Mexican Fireplant, Summer Poinsettia, Various Leaved Euphorbia, Wild Poinsettia, Wild Spurge, Yellow Spurge.

Orang Melayu menyebutnya Patikan Emas karena bunga dan sekitar pangkal daun berwarna kuning keemasan. Di Indonesia, ada yang menyebut Kate Emas.

Karena keberagaman morfologinya tersebut, maka para ahli tumbuhan liar pun secara kontinu menuliskan dalam laporan-laporan mereka.

Dan inilah tampilan Euphorbia heterophylla yang telah saya ambil gambarnya. Meski tidak memiliki bunga yang cantik, namun masih tetap mampu membuat kupu-kupu untuk menghisap sari bunganya. Selain Hypolimnas sp. saya juga menjumpai kupu-kupu Appias hinggap pada bunga ini.

Sekian dulu artikel saya mengenai Euphorbia heterophylla. Insya Allah jika ada informasi yang lebih mendetail dan valid, saya akan tulis lagi mengenai tumbuhan liar ini.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s