Pachystachys lutea, Lilin Emas di Taman

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bunga Lilin|Sisik Udang|Kembang Lilin|Lolipop|Pachystachys lutea dari familia Acanthaceae ini menyukai terpapar sinar matahari langsung. Selain sebagai tanaman hias ini juga sebagai tanaman obat, baik segar maupun telah dikeringkan karena mengandung alkaloid, saponin,dan polifenol.

Sebagai obat diare misalnya hanya dengan merebus 60 gram daun dengan 1 gelas air (400 ml) selama 15 menit, kemudian diminum setelah disaring 2 3 kali sehari. Untuk mengusir cacing yang enak-enakan di usus kita, caranya merebus 30 gram akar dengan 200 ml air sampai mendidih selama 5 menit, diminum 2 kali sehari (pagi dan sore) setelah tehnya dingin.

Habitus semak, tegak, perennial, dapat tumbuh hingga kurang lebih 2 m, batang bulat, beruas-ruas, kasar, berwarna hijau saat masih muda yang kemudian berubah coklat seiring perkembangannya.

Daun tunggal, bersilangan berhadapan, tidak bertangkai, bentuk lanset, pangkal maupun ujungnya runcing, warna hijau, permukaan kasar, pertulangan menyirip, dan panjangnya 5 15 cm.

Bunga majemuk yang keluar di ujung batang atau cabang, bentuk Untitled-1 copykeseluruhannya seperti lilin, atau ada yang mengatakan seperti es/permen lolipop. Sepal|seludang bunga berwarna kuning bertumpuk-tumpuk seperti deretan kaki udang yang berfungsi sebagai pengayuh itu, bentuk oval berujung lancip. Kelopak bunga berlepasan yang berbentuk jarum dengan panjang 1 1,5 cm dan berwarna kuning. Petal putih, muncul dari dalam sepal. Ujung bercangap 2, asimetris dengan panjang 3 8 cm. Saat masih kuncup berbentuk busur atau paruh. Saat mekar dari samping seperti kepala Belut Laut yang sedang mengangakan mulutnya. Tampak depan seperti …?

Kepala sari hijau, bentuk leter V terbalik atau kalau digabung dengan tangkainya yang berwarna putih mirip panah. Kepala putik sangat kecil hampir tidak kentara berbentuk globe, bertangkai warna putih.

Buah tipe kotak, hijau, bentuk bulat telur, kasar, panjang 3 8. Bijinya hitam dan keras berbentuk bulat.
Akar serabut.

daun2

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s