Marsilea crenata, Paku Air Berpayung dari Tanah Berlumpur

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Umum ditemukan di tepi sungai, sawah, rawa-rawa, kolam tanah, selokan, lingkungan berlumpur, atau tempat tergenang lainnya yang dangkal. Dulu Semanggi (Marsilea crenata) masih mudah ditemukan di pematang sawah yang tergenang, pada spot kosong atau di sela-sela tanaman padi. Sekarang pun saya masih bisa menjumpainya di sawah-sawah atau kubangan air yang dangkal, walau populasi dan persebarannya sudah tak sedahsyat dahulu. Beberapa daerah membudidayakannya, semisal di Surabaya dan Banyuwangi. Bahkan Surabaya sangat terkenal dengan Pecel Semangginya. Saya masih ingat waktu kecil sering mencari tumbuhan ini pada area tergenang di pinggir sungai.

Paduan antara ental dengan daunnya hingga menyerupai payung sangat cantik sebagai daunpenghias aquarium. Yang perlu diperhatikan adalah tinggi airnya tidak boleh terlalu dalam agar daun semanggi mampu mencapai permukaan air. Meski termasuk tanaman air, namun tidak murni, setipe dengan Teratai. Bila tangkai daun yang dijulurkannya tidak mampu menggapai permukaan air atau kedalaman airnya terlalu tinggi, maka lama-kelamaan tumbuhan ini akan membusuk dan mati. Menurut informasi tangkai terpanjang adalah 30 cm, jadi kedalaman air harus di bawah 30 cm. Pada kondisi terbenam di bawah permukaan air, tanaman akan memfokuskan untuk memanjangkan entalnya dengan cepat hanya dalam hitungan beberapa hari saja agar daun segera dapat berfotosintesis dan bernapas.

Sayangnya banyak yang keliru dalam membedakan dan menampilkan informasi antara Semanggi dengan Semanggi Gunung. Banyak yang kebalik. Karena itu agar tidak salah dalam mengidentifikasinya, akan saya tampilkan dalam bentuk tabel.

Nama Indonesia Semanggi Semanggi Gunung
Nama Binomial Marsilea crenata Oxalis corniculata
Nama Inggris Green Clover Creeping Wood Sorrel (beberapa jenis Oxalis ada yang disebut Shumrock)
Bunga Tidak punya Bunga warna kuning (untuk Oxalis lain warna ada yang ungu muda atau pink)
Morfologi Terdiri atas akar, daun, batang Memiliki akar, daun, batang, dan bunga
Perkembangan Generatif Spora, termasuk paku-pakuan Biji, termasuk tumbuhan tingkat tinggi
Habitat Area tergenang atau berlumpur Darat secara litofit cenderung terestrial
Daun Empat helai dengan tepian rata atau bergerigi samar-samar, bentuknya laksana kupu-kupu yang sedang mengepakkan sayapnya Tiga helai, masing-masing anak daun berbentuk hati yang jika dilipat tengahnya akan serupa dan sama besar
Kegunaan Edible dan bermanfaat herbal Tidak umum dimakan, lebih bermanfaat herbal
Gambar  daun1  daun sg

Dari tabel terlihat gamblang perbedaannya. Hal ini penting agar tak salah dalam cara pengobatannya, karena keduanya juga bermanfaat herbal.

Termasuk Ordo Salviniales (paku air) Familia Marsileaceae. Genus Marsilea mencapai 50 spesies. Dikenal juga dengan nama Semanggen, Semanggi Air, atau Paku Tapak Itik.

habitus

Habitus tidak berkayu, menjalar, panjang ± 25 cm, heterospor (memiliki dua tipe spora yang berbeda kelamin).

Daun majemuk terdiri 4 helai lamina (anak daun) dengan panjang ± 2 cm dan lebarnya ± 1 cm, menjari|menyilang berhadapan, berbentuk baji bulat telur (lonjong), tepi gundul|rata, urat daun rapat berbentuk kipas. Sporokarpnya (organ penyimpan spora) berbentuk seperti kacang merah yang mampu dortman dalam penyimpanan kering selama 100 tahun. Entalnya panjang (2 – 30 cm) menjangkau permukaan air.

Daun pada jenis-jenis tertentu bersifat polimorf.

= Rhizoma =

Rhizoma serupa akar yang mana akarnya sendiri berjenis serabut, berwarna putih buram atau abu-abu.

= Batang =

Batang berupa stolon menjalar yang letaknya bisa di atas atau terbenam dalam lumpur, lunak, warna hijau kecoklatan. Mengandung banyak zat pati.

= Manfaat =

Dapat dibuat lalapan atau sayur bening. Untuk memasaknya, setelah dicuci bersih, semanggi direndam air panas dahulu beberapa saat agar tidak hancur. Sayangnya setelah dikukus atau dimasak, komposisi kimia dan kandungan gizi (vitamin dan mineral)nya mengalami penyusutan, mulai kadar air, abu, protein, lemak, dan serat, Vitamin C dan Beta Karoten.

Berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu menyerap logam berat Cd dan Pb.

Bermanfaat herbal. Karena banyak informasi yang keliru, maka untuk artikel ini saya tak menampilkan kegunaan herbalnya, karena saya tidak yakin apakah yang dimaksud itu Semanggi ataukah Semanggi Gunung.

= Kekerabatan =

Pilularia, Salvinia natans (Paku Sampan|Kiambang), Marsilea drummondii (Australia)

spot habitat semanggi

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s