Canna indica, Exotic Flower on the River

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

batang dan daun hijauBagi yang pernah (atau) tinggal di desa sudah tidak asing dengan bunga ini. Ganyong atau Bunga Tasbih atau Bunga Kana namanya. Di beberapa daerah disebut dengan Ganyum, Ganyol Leuweung, Gany|Ganyong Hutan, Nyong|Ganyong Wana, Ganyong Alas, Puspa (Nyidra|Nidra|Midra), Hosbe, Kembang Gedang, Sigi-Sigi, Sebe|Sebek|Sebeh|Sabeh, Tasbhi, Tasbeh, Buah Tasbih, dan lain-lain sesuai dengan bahasa setempat. Nama internasionalnya Canna atau Indian-shot. Kalau shob mengira sebagai tanaman jahe ya tidak terlalu salah karena masih sekerabat dengan jahe, sama-sama ber-Ordo Zingiberales dengan famili berbeda yakni Cannaceae Genus Canna spesies Canna indica.

Tumbuh di pinggir-pinggir kali|sungai atau saluran irigasi, hutan, atau di tempat-tempat rumpunyang lembab namun terhujani sinar matahari. Pada tempat yang teduh atau ternaung bunga yang mekar tidaklah sebanyak pada tempat terbuka, dan umumnya berukuran lebih kecil. Umbi (lebih tepatnya rimpang)-nya bisa dimakan. Karena bunganya yang cantik, telah sejak lama di-domestikasi untuk dimanfaatkan sebagai tanaman hias pada taman-taman: kota, jalan, resort-resort, restauran, hotel-hotel, rumah-rumah, dan lain-lain. Awalnya warna bunga dominan merah dan kuning, namun sekarang telah dihasilkan jenis-jenis hibrida dengan tampilan yang lebih wah dengan warna-warni yang lebih atraktif. Namun Bunga Tasbih yang digunakan sebagai perobatan adalah spesies asli yang berwarna kuning oranye itu.

bunga2

Kenapa dinamakan Bunga Tasbih? Karena buahnya yang termasuk buah kendaga itu bentuknya bulat-bulat seperti buah tasbih. Di dalamnya terdapat biji dengan jumlah yang banyak. Namun saya belum pernah mengetahui tampang bijinya. Kalau melihat buahnya yang cepat membusuk itu, bijinya kemungkinan adalah biji basah.

Termasuk tanaman perdu terna (tinggi lebih dari satu meter dan tidak berbatang kayu), menyemak|merumpun dengan tinggi dapat mencapai 2 meter. Karena batangnya lemah, tidak tahan akan hembusan angin yang kuat dan hujan deras.

Daun lebar|besar, menyirip jelas, warna hijau (ada juga yang berwarna tengguli). Beberapa varietas memiliki daun multiwarna serta bercorak.

Kemanfaatan Ekonomi –

Agar harganya lebih mahal, mungkin kita perlu mencontoh negara Australia dengan membuatnya menjadi tepung. Di sana dikenal sebagai “arrowroot of Queensland”.

rumpun1Perawatan

Tidak begitu membutuhkan pemeliharaan yang berarti. Asal memenuhi syarat standar hidupnya (lihat paragraf-paragraf di atas), dia mampu tumbuh dan berbunga lebat.


Khasiat Herbal

Pendarahan, luka berdarah, keseleo, radang kulit bernanah (pioderma), menurunkan suhu tubuh yang tinggi , kencing batu, sakit kuning (acute icteric hepatitis), pembengkakan kelenjar limpa, batuk darah (hemoptysis), kepala pusing (vertigo), tekanan darah tinggi (hypertensi), disentri kronis (chronic dysentry), haid terlalu banyak (metrorrhagia), keputihan (leucorrhoea), kanker kandungan, ambein (hemorrhoids), jerawat (acne vulgaris), dan lain-lain.

bunga1

Untuk resepnya bisa dicari pada blog yang terpercaya atau bertanya pada ahli herbal.

di tempat rindang bunga kecil dan sedikit

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s