Physalis angulata, Buah Lampion Anti Kencing Manis

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dahulu prajurit Romawi biasa menggunakan daun Angular Winter Cherry ini untuk mengobati luka-luka yang mereka derita. Caranya daun Ciplukan|Ceplukan ini ditumbuk hingga lembut kemudian ditambah air sedikit hingga seperti bubur dan ditempelkan pada luka yang masih baru, diperban. Luka yang sudah beberapa lama atau infeksi tidak boleh diobati dengan tumbukan daun ini.

Sekarang sangat disayangkan memang, pategalan, sawah-sawah, tempat terbuka bervegetasi buah1rumput atau bersemak yang dulu merupakan habitatnya kini telah berubah menjadi cluster, ruko, dan lain-lain. Padahal penderita diabetes dan kanker kian lama juga kian bertambah banyak. Sedangkan memiliki kandungan kimiawi yang bermanfaat sebagai anti diabetes dan anti kanker. Padahal bangsa Amerika, Kanada, Korea Selatan, Perancis, dan Taiwan sangat menyukai buah Morel Berry ini. Yang tertinggi kandungan metilselenosistein (selenium-asam amino), senyawa yang membersihkan radikal bebas (termasuk mematikan sel-sel kanker), adalah Cutleaf Groundcherry yang tumbuh di Gunung Rinjani. Selenoprotein ini bisa mencegah berkembangnya sel-sel kanker dan tumor di bagian tubuh mana saja, seperti prostat, payudara, liver, usus, dan darah.

Dulu, semasa kecil, kami (grup bermain dengan anggota 3 – 10 anak) bebas mengambil apa saja yang ada di kebun, ladang, atau sawah orang lain, termasuk Kepok-kepokan ini. Kami boleh mengambilnya sesukanya. Meski rasanya agak kecut dan tidak seenak buah-buahan lainnya, namun bagi kami saat itu, Yor-yoran termasuk buah yang sering kami makan karena bisa didapatkan dengan gratis.

Tampilan buah dan bunga Balloon Cherry memang khas suku Solanales|Terung-terungan|familia Solanaceae. Sekilas herbanya mirip Terung Pipit dan masih berkerabat dengan Tomat, hingga terkadang disebut juga dengan nama Wild Tomato, Bush Tomato, atau Husk Tomato. Nama Latin Gooseberry dari info yang saya download sangat banyak. Saya tidak tahu apakah jenisnya berbeda ataukah sama. Nama-nama tersebut adalah Physalis heterophylla, Physalis peruviana, Physalis angulata (nama terkuat jenis Lapinonat yang ada di Indonesia), Physalis minima, Boberella angulata, Physalis capsicifolia, Physalis esquirolii, Physalis lanceifolia, Physalis linkiana, Physalis ramosissima, Physalis indica, Physalis lanceifolia, Physalis pendula, Physalis parviflora. Jika disertakan gambarnya bisa diamati perbedaannya, baik bentuk daunnya, ukuran dan rasa buahnya, atau tampang herbanya. Ada Physalis yang berdaun tipis yang pinggir daunnya bergeligi atau ada yang daunnya tebal dengan urat daun mencolok dan sedikit tonjolan bergerigi besar pada tepi daunnya, atau ada yang daunnya tebal dengan urat daun mencolok dengan seluruh pinggirnya bergerigi, atau Cecenet|Cecendet yang berdaun tipis dengan sedikit tonjolan dan bergerigi pada seluruh tepiannya.

Meski belum langka, di beberapa tempat dilaporkan Hogweed sudah jarang keberadaannya. Beberapa kali saya hunting ke alam liar, hanya satu kali saja menemui Angket ini.

Sekarang buah Leletokan dijual di supermarket dengan banderol Rp 30.957,00/per bungkus dengan berat 60 gram, impor lagi. Walah! Kita yang sok kaya atau memang kaya beneran ya?

Melihat bentuk buah Clammy Groundcherry yang khas, tumbuhan liar ini akan mudah kita identifikasi.

batang

Bunga –

bunga layu calon buahAda kemungkinan di beberapa tempat berbeda, baik warna, ukuran, maupun bentuknya, selain disebabkan oleh faktor jenisnya juga mungkin dipengaruhi oleh kondisi lingkungan tempat hidupnya.

Daun –

Digunakan untuk penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah.

Buah –

Ini dia bagian tanaman termenarik menurut saya. Buahnya yang dibungkus oleh cangkap buah2(kerudung penutup buah) berbentuk sangat unik, mirip lampion, maka saya pun tak ragu menamakannya dengan Buah Lampion. Cangkap ini adalah sepal yang merunduk, kemudian menyatu dan membungkus atau melindungi buah yang ada di dalamnya. Ada yang mengatakan buahnya mirip kantong kemih, karenanya dinamakan Physalis. Buah Annual Ground Cherry saat masih muda berwarna hijau kekuningan yang lama-lama akan berubah menjadi kuning kecoklatan.

Mengandung senyawa kimia asam sitrun, fisalin, asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula karena itu dipercayai sebagai obat berbagai penyakit. Caranya dengan memakan buah Bladder Cherry/Bladderberry secara langsung. Dedes Jawa rasanya lebih manis.

Habitat

Tumbuh sangat baik pada tempat-tempat yang basah, tanah subur, dan terpapar sinar secara penuh, namun masih toleran pada area-area yang ternaung. Habitat utamanya pada area terbuka dan lahan budidaya. Lahan toleran (secondary habitat) seperti pada area terganggu, area panenan, hutan lindung, perkebunan, kebun buah-buahan, kebun bunga, sisi jalan|rel kereta api, tanah kosong, daerah urban|perkampungan, pinggir sungai serta area lembab. Untuk daerah berpenduduk kayaknya sudah tidak layak dimasukkan pada habitat tumbuhan liar ini karena sudah jarang ditemukan.

Tumbuhan liar Wild Gooseberry ada yang melaporkan dapat dijumpai pada persawahan, tegalan, sawah-sawah kering, hutan-hutan jati, pekarangan, dan tempat-tempat terbuka atau setengah teduh lainnya. Di Jawa dapat ditemui di kebun, tegalan, tepi jalan, semak, hutan ringan, dan tepi hutan. Sedangkan di daerah asalnya, Peru (Amerika Latin), Winter Cherry berhabitat pada padang rumput kering, bukit kerikil, tanah berpasir atau berbatu, dan tempat-tempat sampah. Di alam liarnya, mereka sering kali kalah bersaing dengan gulma lain untuk merajai suatu area. Karena ada kabar sudah jarang ditemukan, maka apabila ditemukan dengan populasi yang banyak biasanya akan menjadi gulma (Host Plants/Plants Affected) pada perkebunan jagung|Zea mays, kapas|Gossypium sp., dan kedelai|Glycine max.

Manfaat Herbal –

buahGround Cherry terkenal sebagai tumbuhan obat kencing manis, selain digunakan juga sebagai pereda demam, penghilang rasa nyeri, peluruh kencing, antitoxic, pereda batuk, influensa, sakit tenggorokan, batuk rejan, radang saluran napas, radang gusi, gondongan, herpes zoster, bisul, borok, hepatitis akut, disentri, buah zakar bengkak, tekanan darah tinggi, dan kencing manis.

Akar Wild Cape Gooseberry yang termasuk akar tunggang bermanfaat sebagai obat cacing dan penurun demam.

Buahnya mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C, dan gula yang dapat langsung dimakan. Sedangkan bijinya mengandung asam elaidik.

Faktor Kelangkaan

» Keceplokan masih dianggap sebagai tanaman pengganggu|gulma yang tak mempunyai manfaat sama sekali. Namun anggapan seperti ini juga tak sepenuhnya salah karena tanamandan n buah muda budidaya memang lebih dikedepankan dan dipentingkan. Apalagi para petani juga membutuhkan fulus sebagai sarana perekonomian sehari-hari.

» Efek pembangunan yang membabi buta tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan.

» Penggunaan mulsa dan herbisida, karena itu sosialisasi pengendalian secara alamiah atau memakai obat-obatan ramah lingkungan perlu ditingkatkan lagi.

» Belum banyak yang membudidayakan tanaman Cape Gooseberry ini, padahal kemampuannya sebagai obat sangat tinggi.

Resep Herbal

Gula Darah: 10 – 15 gr akar dan bagian tanaman lainnya yang telah dicuci bersih direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring setelah dingin, minum 1 hari 1 gelas.

Paru-paru: Cuci 10 – 15 gr seluruh bagian tanaman (termasuk bunga dan buah), kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1½ gelas. Saring setelah dingin, minum sehari 3 x @ ½ gelas.

Menyehatkan Badan: 10 – 15 gr seluruh bagian tanaman direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring setelah dingin, minum pagi dan sore @ 1 gelas.

Gatal-gatal: 10 helai daun ditumbuk/digerus hingga halus. Tambahkan sedikit air dan oles-oleskan pada bagian yang gatal.

Manusia hanya bisa berusaha, kesembuhan adalah kekuasaan Allah semata.

Junonia Coklat hinggap di rumpun Ciplukan

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s