Acalypha australis, Bunganya Seunik Anting-Anting

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Banyak jenis flora liar di sekitar kita yang bermanfaat sebagai obat herbal penyakit asam urat. Ada kumis kucing, sambiloto, daun salam, atau tumbuhan liar lainnya. Sebagiannya ada pada artikel-artikel yang telah lalu. Dan Anting-anting (Acalypha australis sinonim Acalypha indica atau Indian Nettle|Copperleaf) ini juga termasuk salah satu tumbuhan tersebut yang juga bermanfaat sebagai obat penyakit lainnya juga.

tampilan1Anting-anting (Rumput Kokosan, Kucingan|Kucing-kucingan, Cakar Kucing, Daun Perah, Lateng Putih, Lelatang, Rumput Bolong-bolong, Ceka Mas) tidaklah sama dengan Kembang Anting-anting (Fuchsia speciosa). Keduanya mendapatkan penamaan dari bentuk bunganya yang serupa anting-anting|giwang. Berkerabat dengan Genus Euphorbia karena berada di bawah Family Euphorbiaceae.

Penampilannya memang lebih mirip keluarga Bayam-bayaman, sehingga kita pun sering menyebutnya Bayam Liar. Padahal genus mereka berjauhan, antara family Alternanthera dengan Euphorbiaceae. Tingginya antara 30 50 cm dan tidak berkayu (herba). Umum dijumpai di halaman|pekarangan rumah, kebun, tegalan, sawah, pinggir jalan, lapangan rumput, padang, lereng bukit, dan lain-lain.

Bunga –

Berkelamin tunggal atau satu bunga satu kelamin. Deretan bunga terangkai dalam malai yang keluar dari ketiak daun. Dalam penyerbukannya lebih mengandalkan angin, karena bunganya memang tidaklah menarik, tidak cerah, dan hanya berwarna hijau.

Daun

Berwarna hijau, bentuk lonjong agak bulat hingga lanset, tepi bergerigi dengan tangkai daun yang panjang.

daunAsw

Akar

Sebagai obat alamiah anjing dan kucing. Ada yang menafsirkannya sebagai obat fly bagi kedua binatang ini. Sebenarnya tak layak kalau kita mengatakan kucing atau anjing itu fly, karena mereka tentu tidak mengenal narkotik. Apa yang nampak dalam pandangan kita sebagai fly itu sebenarnya ada rahasia yang tersembunyi, menunggu untuk kita ungkap.


Level sebagai Tumbuhan yang Tidak Diinginkan Keberadaannya

Tinggi. Kelebihannya tidak mensyaratkan standar khusus akan kondisi tempat hidupnya, artinya mampu hidup hampir dalam segala kondisi tanah dan lingkungan, bahkan minim hara seperti pada cepitan-cepitan tembok (tumbuh secara litofit). Sangat mudah dipelihara dan tak membutuhkan perawatan yang njelimet. Beberapa hari sekali disiram, tidaklah masalah baginya. Terpenting mendapatkan cukup sinar matahari.

Kendali Alamiah

Hama dan penyakit daun sering menyerang tumbuhan ini. Selain itu rentang hidupnya yang annual, juga tumbuh tunggal pada suatu area (tidak sampai merimbun atau membentuk koloni). Dan juga tidak semua biji mampu berkecambah untuk menjadi individu baru.

penyakitObat Herbal

Asam Urat, Disentri Amoeba, Disentri Basiler, Diare, Dermatitis, Eksema, Koreng, Batuk, mimisan dan berak darah, Pendarahan, Luka bakar, muntah darah, anak yang malnutrisi, gangguan pencernaan, malaria, dll. Caranya dengan meminum air rebusan dari daun keringnya. Untuk resep pastinya dapat dilihat pada blog-blog yang terpercaya.

Untuk obat luar seperti luka bakar dan pendarahan, caranya cukup dengan menumbuk beberapa helai daun plus gula pasir secukupnya, kemudian tempelkan pada luka.

Untuk koreng atau eksema dan penyakit kulit lainnya, caranya ambil herba kering atau segar secukupnya, rebus, kemudian air rebusannya untuk mencuci bagian yang korengan.

Khasiat untuk Hewan

Selain obat alamiah untuk anjing dan kucing, Anting-anting juga bermanfaat untuk menjernihkan suara burung dengan cara mengeluarkan lendir-lendir pada hidung atau kerongkongannya.

tampilan– Genus Acalypha –

Beberapa membernya: Acalypha hispida (Ekor kucing), Acalypha microphylla (Teh-tehan merah ), Acalypha wilkesiana (Akalifa), Acalypha ostryifolia (Hophornbeam Copperleaf)


Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s