Synedrella nodiflora, Tumbuhan Liar Bernama Berbagai Binatang

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Berbagai nama binatang disematkan pada tumbuhan liar ini. Ada Gletang Warak (dalam bahasa Jawa warak adalah badak), Jotang Kuda, Babandotan lalaki – bandotan artinya kambing jantan, Jukut Berak Kambing (kambing lagi), Pig Grass – babi. Saya tidak tahu daunpasti hubungan tumbuhan liar ini dengan badak, kuda, kambing jantan, kambing, dan babi. Mungkin karena baunya yang mirip-mirip binatang tersebut. Synedrella nodiflora adalah nama Latinnya. Terkenal di dunia internasional dengan nama Cinderella Weed, Pig Grass, Nodeweed, atau Flor Amarilla. Nah, apa pula hubungannya dengan Princess Cinderella? Apa orang Inggris salah dengar ya saat orang Yunani menyebut bunga ini Synedrella? Selain itu nama-nama lainnya adalah Jukut Gendreng, Legedan|Legetan, Regedan, Bruwan, Krasuk, Serunen|Srunen, Gofu Makeang, Rumpuik, Busuak, Gambie-gambie, Gletang, Daun Berokan, dan Kembang Glepang. Termasuk Famili Asteraceae yang mempunyai bunga majemuk atau dalam satu bonggol terdapat banyak bunga berukuran kecil-kecil. Satu bunga akan menghasilkan satu biji.

– Bunga –

bunga1

Sangat jarang menemukan bunga yang mekar sempurna dalam artian komposisi letak sepalnya pas, tidak berhimpit, tidak menggulung, ukurannya sempurna seperti gambar di atas. Saya tidak tahu apa penyebabnya. Apalagi ukurannya yang kecil tidak lebih dari ½ cm membuat kita semakin sulit mengamati dan akhirnya kita pun mengabaikan keberadaannya. Bunga yang kecil-kecil biasanya berjumlah 10 – 20 yang berjejalan pada semacam cakram bertabung berwarna kuning muda. Bonggol bunga duduk atau bertangkai pendek yang muncul pada ketiak daun.

– Batang –

Tegak dan bercabang berulang-ulang.

herb

– Daun –

Berambut pada kedua permukaan dengan bentuk bundar telur memanjang, dan pinggiran daun bergerigi lemah.

Habitat

Tempat-tempat yang sedikit ternaungi dan tidak dijumpai pada tempat yang terlalu terbuka dan terlindung. Kerap tumbuh pada area perkebunan, pekarangan, tepi-tepi jalan, di sisi pagar atau tembok, dan tanah-tanah terlantar.

rumpun

– Invasif dan Gulma –

Termasuk spesies invasif yang beresiko yang kini telah tersebar luas di seluruh Indonesia. Asalnya dari Amerika tropis. Biasa menjadi gulma pada perkebunan.

Kegunaan

Daun muda dibuat lalapan.

Daun Gletang Warak, daun  bandotan (Ageratum conyzoides), daun Lantana camara, dan kapur sirih yang digiling halus dapat digunakan sebagai penghangat perut yang sakit dengan cara dioleskan.

Dapat dijadikan obat gosok peringan sakit rematik.

daun tampak atas

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s