Richardia brasiliensis, Tumbuhan Liar Minim Informasi

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

20160701_100905

Richardia brasiliensis yang bersimbol RIBR2 termasuk dalam genus Richardia (genus Clover) Familia Rubiaceae. Sinonimnya Richardia adscendensR. emeticaR. roseaR. sericea, R. villosa. Adakalanya nama Richardia bersinonim dengan Richardsonia, seperti Richardsonia adscendensR. brasiliensis R. emetica. Nama internasionalnya adalah Brood Leaf, Button Weed, White Eye, Mexican Clover, Rough Mexican Clover, Tropical Mexican Clover atau Brazilian Clover. Di Indonesia ada yang menyebutnya dengan nama Goletrak Beuti. Ada kata beutinya untuk membedakan dengan Goletrak versi genus Borreria. Namun kalau kita gunakan kata Goletrak Beuti sebagai password internet, hanya ada 2 gambar yang timbul di sana, itupun bukan tumbuhan White Eye ini. Untuk web yang berstatus tulisan saja, hanya ada puluhan situs yang menulisnya. Itupun kalau tidak copy paste, ya isinya minim sekali dan juga sudah bercampur dengan bahasan tumbuhan liar lainnya.
20160701_100910

Tumbuhan herba ini tidak mempunyai tunas anakan. So, perkembangbiakannya melalui biji untuk generatifnya dan stolon sebagai alat perkembangbiakan vegetatifnya. Akarnya bertipe tunggang. So, agak susah dicabut.

Bunga –

Mirip lonceng berbintang|bersudut enam dan berukuran mungil yang bertempat pada bonggol berbentuk gelungan|ulir-ulir (whorl). Seluruh bagian bunga berwarna putih murni, kecuali kelopak|seludang bunga|sepalnya yang hijau.

Daun –

Berbulu, bentuk elips, ujungnya pendek runcing dengan bagian tengah melebar. Pangkal daun bersatu dengan stipula yang berbentuk mangkok.

gudaun

Habitat –

Pada tempat-tempat yang tidak tersinar sepanjang hari, bisa sisi jalan, pekarangan, pinggir area persawahan|perkebunan atau area lainnya.

Level sebagai Tumbuhan yang Tidak Diinginkan –

Rendah atau tidak begitu penting. Artinya dalam suatu koloni atau berada pada suatu area budidaya, spesies ini tidak dominan. Dianggap sebagai gulma pada ladang jagung. Itupun dosis obat-obatannya pun terendah dibanding tumbuhan yang tidak diinginkan keberadaannya lainnya.
– Kemiripan Spesies –

Richardia scabra. Nama asingnya juga sama Rough Mexican Clover. Saya tidak tahu apakah satu jenis atau beda. Kalau melihat dari gambarnya sih daunnya lebih lebar dan kalau dilihat dari kejauhan nampak buntek.

Genus Borreria (Kentangan).

Level Informasi –

Sangat kurang. Untuk blog berbahasa Inggris tak begitu banyak yang menulisnya. Kebanyakan berisi gambar-gambar saja. Apalagi blog-blog berbahasa Indonesia, datanya sangat minim. Bayangkan ada blog, sudah tidak ada gambarnya, isinya seperti ini:

Divisi

:

Magnoliophyta

Kelas

:

Magnoliopsida

Bangsa

:

Rubiales

Suku

:

Rubiaceae

Marga

:

Richardia

Jenis

:

Richardia brasiliensis

Sinonim

:

Tidak diketahui

Nama Umum

:

Tidak diketahui

Nama Daerah

:

Tidak diketahui

Nama Asing

:

Tidak diketahui

Kandungan Senyawa

:

Tidak diketahui

Kegunaan

:

Tidak diketahui

Referensi

:

Tidak diketahui

Weleh-weleh …

kupu

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s