Bintang Putih Penghias Padang, si Timun Padang Coccinia grandis

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Secara tidak langsung tumbuhan Labu Ivy liar ini bisa membahayakan jiwa manusia, karena batangnya yang menjalar serta daunnya yang lebat dapat menutupi jurang, sungai, atau liang. Orang bisa terkecoh dikiranya tanah datar.

Coccinia grandis nama bunga putih nan cantik ini. Bersinonim dengan C. cordifolia dan C. indica atau Cephalandra indica, salah satu spesies keluarga Cucurbitaceae|Timun-timunan. Di Indonesia dikenal dengan nama Timun Padang. Ada yang menyatakan tidaklah tepat disebut dengan Ketimun, makanya beberapa nama di dunia internasional tidak menyebutnya sebagai Ketimun|Cucumber, namun labu seperti Ivy Gourd.

Di Indonesia tumbuhan Semangka Bayi termasuk invasif karena aslinya dari daratan Afrika dan Asia. Tumbuhan Jari Kaki Pria ini mampu tumbuh sampai 4 inci per hari, jadi termasuk golongan spesies yang tumbuh super cepat.

Penyebaran benih selain dengan manusia, juga mungkin disebarkan oleh burung, tikus, dan mamalia lainnya, seperti babi.

Tumbuhan Labu Kecil mampu menyelimuti apa saja, bahkan mampu membunuh vegetasi apapun yang berada di bawahnya. Mula-mula dia memanjat pada tanaman inang. Lama-kelamaan sulur|tendrils dan batangnya membelit batang inangnya. Bila tumbuhan ini mampu mendapatkan sinar matahari maka semakin pesatlah pertumbuhannya dan perlahan tapi pasti membelit dan menutupi vegetasi inangnya. Bila si inang kalah bersaing, maka tinggal menunggu waktu untuk kematiannya.

DSC04314

– Daun

 

Daun dan pucuk mudanya dapat disayur dan mengandung mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, yakni 3,5% protein, mineral, provitamin A, dan vitamin lainnya.

 

– Bunga

Termasuk jenis bunga diesius atau bukan bunga banci, artinya alat kelamin betina dan jantan terpisah dalam bunga berlainan namun masih dalam satu tanaman. Jadi kalau mekarnya tidak serentak|berbarengan, maka tidak akan ada buah yang dihasilkan, kecuali mendapat penyerbukan dari tanaman lainnya. Dalam satu tandan, bunga jantan berjumlah 1 – 4 kuntum dan bunga betina hanya satu saja. Perbedaannya sebagai berikut:

 

betina dan jantan

kuncup

Bunga putih Scarlet-fruited Gourd ini memang cantik dan menarik minat manusia untuk memeliharanya sebagai tanaman hias. Maka dibawalah tumbuhan ini ke daerah sang peminat. Seiring waktu berlalu, dampak yang tidak dibayangkan sebelumnya pun terjadi. Tumbuhan ini menjelma dari spesies invasif menjadi gulma pembunuh tumbuhan inangnya. Saya pernah melihat Labu Ivy yang menutupi seluruh tanaman mangga yang tingginya sudah mencapai 5 meter. Saat berbunga seakan-akan pohon mangganya berbunga putih. Namun pemandangan cantik ini membawa akibat yang tidak mengenakkan bagi si mangga, karena dapat merampas jatah hara maupun sinar matahari. Bila kalah kuat, tidak menutup kemungkinan pohon manggalah yang tumbang|mati. Namun syukurlah ada orang yang membabat habis si gulma ini, hingga si mangga selamat, alhamdulillah.

– Buah

Bentuk, warna serta motif kulitnya persis mentimun, namun berukuran mini. Buah matang awalnya akan berwarna semburat oranye pada bagian ujung, semakin lama semua bagian akan memerah dan saat benar-benar tua akan bewarna merah menyala. Saya tidak tahu saat buah tua seperti ini mirip timun apa tidak, karena saya belum pernah melihat mentimun tua. Rasa buah muda sangat pahit bila dimakan mentahan. Bulik saya sudah pernah memakannya. Namun karena memang ingin sembuh dari penyakit gula darahnya, ya tetap saja dimakan dengan mengabaikan pahitnya. Rasa buah saat tua, manis. Pada buah inilah terdapat senyawa Antidiabetik yang mempengaruhi kerja enzim glukosa-6-fosfatase sebagai pengatur metabolisme gula. Secara tradisional, buahnya digunakan untuk mengobati kusta, demam, asma, bronkitis, dan penyakit kuning.

– Habitat

Umum berada pada kawasan terbuka seperti padang rumput, sisi jalan, pagar hidup seperti rumpun bambu, atau di pinggiran hutan dengan memanjat tumbuhan inang. Timun Padang yang saya temui banyak yang tumbuh di rerumpunan bambu, meski ada juga yang di area persawahan kering. Kayaknya si Timun Kecil ini mampu tumbuh di mana-mana asal tetap terkena cahaya matahari langsung.

malu-malu atas kecantikan bunganya

– Pengendalian Gulma

Mempunyai daya regenerasi dan adaptasi sangat tinggi hingga di beberapa negara menjadi gulma serius, termasuk di Indonesia. Batangnya memang relatif rapuh namun sisa batang yang tidak terenggut atau terpotong mampu secara cepat memulihkan kondisinya, utamanya batang|akar yang berada dalam tanah. Banyak rekomendasi yang beredar mengenai pengendalian tumbuhan ini, baik fisik maupun kimia. Secara fisik, pendongkelan merupakan cara yang paling ampuh. Dapat juga dengan memetik buahnya sebelum masak atau tua, kemudian dimakan atau diolah sebagai obat diabetes. Tindakan hati-hati perlu dilakukan ketika menggunakan kontrol kimia terhadap gulma ini supaya tidak membahayakan bagi spesies lainnya termasuk manusia.

Cara bijak telah diterapkan di Hawaii. Beberapa spesies serangga digunakan sebagai biokontrol, seperti kumbang Acythopeus burkhartorum dan A. cocciniae, dimana larva dan kumbang dewasa memakan daun. Juga menggunakan Ngengat Anggur Afrika (Melittia oedipus), meski belum membawa hasil seperti yang diharapkan. Namun setidaknya penanganan yang ramah lingkungan merupakan tindakan yang terbijak.

Secara alamiah, Pepasan mempunyai musuh-musuh alami sebagai pengontrol perkembangbiakannya, antara lain hama Aphid (Aphid spp.), Kumbang Merah Labu (Aulacophora sp.) dan Lalat Buah (Dacus spp.). Berbagai penyakit juga sebagai pengendali, antara lain, Kulapok Berdebu (Erysiphe chichoracaeum), Antraknos (Collectotricum spp.) dan Downy Mildew (Peronospora cubensis).

laksana bintang penghias ladang atau taman

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s