Aduh Encokku Kumat! Jangan Khawatir Obati Saja dengan Daun Encok|Plumbago zeylanica

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tumbuhan ini memang terkenal mampu mengobati penyakit sendi (encok), maka dari itulah disematkan nama Daun Encok|Plumbago zeylanica dengan sinonim Plumbago auriculata dan Tela alba. Masih termasuk dalam keluarga Plumbaginaceae yang memang berkhasiat mengobati keluhan persendian seperti keseleo, rematik, nyeri pinggang, nyeri sendi dan sakit kepala. Selain itu juga digunakan untuk mengobati nyeri lambung, kurap, dan kanker darah. Tak banyak yang akan saya tuliskan tentang tumbuhan Ceylon Leadwort ini karena sudah banyak blog yang mengulasnya. Apalagi tanaman ini memang sudah terkenal sebagai pengobat encok dan bunganya juga cantik untuk dijadikan tanaman hias. Untuk informasi yang lebih lengkap, shob dapat unduh dengan menggunakan keyword pada slot Password Searching di bawah.

– Habitat dan Level Gulma –

Godong Encok termasuk tumbuhan invasif di Indonesia dan sudah jamak kita temui tumbuh liar. Saya menemukannya tumbuh liar di tepi tebing sungai dan di area persawahan. Saya juga lihat sudah banyak yang menanamnya, terutama di wilayah pedesaan. Namun meski sudah jamak kita temui, belum ada yang melaporkannya sebagai gulma serius. Biasanya Daun Encok menjadi gulma pada perkebunan teh dan karet.

– Bunga –

daun encok

 

– Daun –

daun

Mengandung zat plumbagin yang sangat beracun. Pada pemakaian lokal dapat menyebabkan kerusakan kulit berupa lepuh seperti luka bakar. Maka pemakaian obat luar menggunakan ramuan daunnya tidak boleh lebih dari ½ jam. Bila terlanjur keracunan|kelepuhan pada kulit, cuci dengan asam borat (boric acid).

– Manfaat Herbal –

Berkhasiat mengobati Rematik (cuci segenggam daun segar, tumbuk halus, masukkan air hangat hingga adonan seperti bubur, kemudian lumas dan gosokkan pada tubuh yang sakit, 2 x sehari), Kusta, Skabies, dan Penyakit Kulit (akar dicuci dan ditumbuk hingga halus, tambahkan sedikit susu dan air sambil diaduk hingga menjadi seperti pasta, oleskan ke bagian yang sakit), Sakit Pinggang|Encok (15 gr daun segar + 1 sdm kapur sirih ditumbuk sampai lumat, balurkan pada yang sakit), melancarkan Buang Air Kecil (giling hingga halus daun encok + adas pulosari secukupnya, lalu gosokkan pada perut bagian bawah, tepat di posisi kandung kencing selama 30 menit saja agar tidak terjadi kelepuhan kulit), Sakit Kepala (daun encok secukupnya dipipis, tambahkan minyak kelapa sedikit saja, letakkan di pelipis dan bagian kepala yang sakit sebagai tapal jangan lebih dari 30 menit agar kulit tidak melepuh), Kanker Darah.
DSC06242

– Sang Pollinator –

Karena pengamatan saya hanya sebentar, maka kupu-kupu yang saya tahu hinggap pada bunga Daun Encok juga sedikit seperti Skipper dan Kupu Sudut Segitiga Orange|Anthocharis cardamines.

– Level Domestikasi –

80%|Tinggi, buktinya di pedesaan banyak yang menanamnya, walau saya tak berhasil memindahkannya ke rumah. Mungkin kesalahan saya dalam pemilihan batang steknya atau juga perlakuan di rumah. Namun saya justru bersyukur gagal, karena lahan di rumah begitu terbatas untuk tanaman-tanaman yang membutuhkan panas langsung dan berlebih, seperti Daun Encok ini.

– Password Searching dengan Menggunakan Nama Asing dan Lokal –

White Flowered Leadwort (Inggris); Agni, Chitra, Chitraka (India, Pakistan); Pokok Derhaka Mertua|Celaka Mertua|Ceraka Mentua (Melayu); Ceraka (Sumatera); Ki Encok (Sunda); Poksor (Jawa); Kareka (Madura); Bama (Bali); Oporie (Timor) dan juga nama-nama yang telah tersebut dalam artikel di atas. Dengan memakai mereka sebagai password akan lebih banyak informasi lagi yang kita dapatkan.

DSC06242

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

 

 

Iklan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s