Hedychium coronarium, Wewangian Ratu yang Dapat Dimakan

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam bahasa Sansekerta dinamakan Gandasuli yang punya arti wewangian ratu atau Queen’s Perfume. Sedangkan definisi ‘gandasuli’ kalau dibaca di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah tumbuhan yang berbunga putih atau kekuning- kuningan dan berbau harum, daunnya bulat panjang, agak kaku dan duduk saling berhadapan, berbunga pada ujung batang, ditanam sebagai tumbuhan hias. Disebut juga dengan Kembang Laras.

Dunia internasional mengenalnya sebagai White Ginger Lily, Butterfly Ginger, White Butterfly Ginger, atau Garland Flower. Kok namanya Jahe? Ya, tanaman ini memang masuk Famili Zingiberaceae|jahe-jahean. Berasal dari daratan Himalaya. Daunnya juga mirip daun jahe-jahean lainnya. Jadi sekilas kita akan sulit membedakan antara satu jahe dengan jahe lainnya. Perbedaan yang kuat dapat kita lihat pada bunga (bentuk, warna) maupun rimpangnya (warna, bau, tekstur). Bunganya yang berwarna putih kayaknya menjadi satu-satunya warna dalam keluarga Jahe. Yang mengejutkan, menurut salah satu info yang saya baca, meski bunga ini berasal dari Himalaya namun dijadikan bunga kebangsaan negara Kuba. Nah, lho!

gandasuli3

– Habitat –

Daerah-daerah yang lembab, seperti hutan, pinggir sungai atau danau atau rawa namun terpapar sinar matahari.

– Bunga –

Namanya memang didapat dari bunganya yang berbau harum elegan yang kuat dan ada rasa manisnya. Mampu tercium dalam jarak beberapa meter, terutama pada malam hari. Sayang mekarnya hanya sehari saja, itupun pada sore hari. Sore berikutnya sudah layu. Biasanya mekar antara 2 – 5 kuntum dalam satu tatakan|tandan. Kalau kondisinya tidak baik, mekar hanya sekuntum saja. Karena indah dan wangi, bunganya dapat dirangkai menjadi kalung atau hiasan kepala. Bunga juga dapat diesktrak dengan enfleurage karena mengandung minyak essensial.

gandasuli2DSC06337

Dan ternyata bunganya bisa dimakan lho. Biasanya dikeringkan dahulu, kemudian dimasak sup bersama kentang. Kuncup bunga dapat memberi rasa segar pada salad atau bisa juga ditambahkan pada soup atau oseng-oseng. Bila dicampur dengan daun teh Cina dapat meningkatkan cita rasa teh.

Di Hawai, sari dari biji yang telah tua digunakan sebagai perawatan kulit dan rambut. Karena bunganya cantik, biasa digunakan sebagai ornamen taman bertipe sungai atau danau.

– Daun –

Termasuk daun duduk yaitu daun tanpa tangkai atau tangkainya memeluk batang (semu) sehingga batangnya menjadi lebih kuat. Bentuknya mirip pedang (lanset) yang dengan ujung runcing melengkung ke bawah. Ramuan|deplokan daunnya bermanfaat mengurangi rasa sakit dan bengkak kaku pada persendian.

 daun

– Putik dan Benang Sari –

Yang unik karena saya baru menjumpai pertama kali, yakni putik dan benang sari berada dalam satu tangkai. Benangsari bentuknya mirip belimbing tiga sudut yang memeluk tangkai putik, sehingga kepala putik berada di atas benang sari. Jadi prosedur penyerbukannya, benang sari harus ‘terbang’ ke atas. Karena alat kelamin jantan dan betina ada dalam satu bunga, maka termasuk bunga banci.

 sari putik

– Batang dan Khasiatnya –

Termasuk batang semu seperti batang pisang yang tersusun dari bekas tangkai-tangkai daun yang saling memeluk atau bertumpuk. Rebusan dari pangkal batang dekat rhizoma digunakan sebagai obat kumur radang amandel, atau pemanfaatan lainnya. Dapat juga dimanfaatkan untuk membersihkan mata dan mencegah katarak, maupun untuk sakit kepala, penyakit radang, dan rematik.

 di rumah nenek

– Khasiat Rimpang | Jahe –

Tehnya (wedang dalam bahasa Jawa) digunakan sebagai pengobatan radang amandel, infeksi pernafasan, dan demam. Dalam pengobatan tradisional, air dari rimpang|umbi yang telah direbus digunakan sebagai obat kumur. Seperti jahe-jahean lainnya, jahe dari Butterfly Ginger ini juga dapat menyegarkan tenggorokan dan menghilangkan gatal-gatal pada tenggorokan atau bisa membuat suara lebih jernih. Para sinden sering mengunyah jahe atau kunyit putih|kencur agar suaranya lebih cring, namun untuk jahe dari Gandasuli ini kayaknya kurang terkenal ya, karena untuk mendapatkan rimpangnya juga susah. Di pasar tradisional pun belum tentu ada yang jual. Selain itu, rimpang|jahe juga dapat meredakan demam, mengobati stomatitis, cacingan, dan penyakit-penyakit ringan umum lainnya. Sifat farmakologisnya memang menyejukkan badan|peluruh keringat (diaforetik) dan menambah nafsu makan (stomakik).

Untuk pemakaian luar cukup rebus rimpang gandasuli dan gunakan airnya untuk mandi. Dapat juga digabung dengan jahe merah (Zingiber officinale) dan sereh (Cymbopogon nardus) beserta akarnya, secukupnya saja, kemudian cuci dan rebus dengan air secukupnya. Lalu pakai untuk mandi hangat. Cara ini dapat menghilangkan pegal-pegal atau linu-linu.

Untuk pemakaian dalam seperti sakit kepala, pilek, badan terasa sakit, demam nifas, terlambat haid (amenorrhea), rematik silahkan mencari informasi yang shob percayai.

 daun bunga

– Perbedaan Perlakuan –

Saya memperoleh tanaman ini dari seorang tetangga jauh. Diberi satu rumpun kira-kira ada 4 batang dan saya pecah menjadi dua bagian. Satu bagian saya tanam langsung di tanah halaman rumah nenek yang tersinari matahari mulai pukul 6 pagi hingga 13 – 14.00. Satu pecahan lagi saya tanam dalam pot dan tersinari kira-kira mulai pukul 8 hingga 10.30. Tanaman tumbuh tinggi namun batangnya lemah dan melengkung. Jarak mekar bunga yang sudah gugur dengan bunga berikutnya lumayan lama, kurang lebih 2 bulanan. Mekarnya pun hanya satu atau dua sebelum habis jatah kuntumnya. Sedangkan di rumah nenek bunga mekar lebih banyak. Masa bunga mekar dengan mekar berikutnya relatif pendek. Batangnya pun lebih kuat namun lebih pendek. Keharuman bunganya juga lebih tajam karena yang mekar juga lebih banyak.

 

– Password Searching –

Gondasuli, Kembang Laras – Jawa, Gandasoli – Pasundan, Dugahuli – Batak, Dagasuli|Dagahuli – Maluku, Manasuli – Nusa Tenggara, Mandasul – Bali

tangkai bunga n kuncup

– Level Gulma –

Belum ada laporan sebagai gulma. Seringnya dijadikan sebagai tanaman budidaya, mengingat kegunaannya banyak. Atau dijadikan sebagai penghias taman dan pekarangan.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s