Bunga Terbiru Sejagad, Clitoria ternatea

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Dalam dunia fauna, ikan Letter Six|Regal Surgeon (Paracanthurus hepatus) dianggap makhluk paling biru sejagad, maka tidaklah berlebihan kiranya kalau saya menganggap bunga Telang (Clitoria ternatea) adalah flora paling biru di muka bumi ini. Warna biru Bunga Pukingan ini adalah biru asli, tidak tercampur warna-warna lain seperti halnya navy blue, sky blue, lazuardi, dan lain-lain yang terdapat warna lain dalam percampurannya seperti putih, kuning, ungu, dan lain-lain.

gu

Saat pertama kali melihat gambar Bunga Biru|Bunga Talang|Kembang Teleng|Bisi di internet, saya langsung fall in love. Meski Jawa termasuk wilayah persebarannya, namun selama hidup saya tak pernah melihatnya. Maka, kalau pergi kemana-mana saya pun meleng kanan meleng kiri, siapa tahu ada bunga ini. Ternyata saya menemukannya di tepi jalan dekat Monumen Simpang Lima Gumul, ± 5 km dari rumah. Walau sering melewatinya, baru kali itu saya melihat bunganya. Meski tumbuh di tepi jalan, saya pun meminta baik-baik kepada yang punya rumah agar terhindar fitnah. Cukup sulit juga karena rumahnya sering tutupan dan orang-orangnya pun pada pergi ke sawah. The flash story, Blue Butterfly Pea yang kini tumbuh di kebun saya adalah generasi kedua, padahal belum setahun saya menanam yang pertama. Sebenarnya Bunga Talang mampu hidup bertahun-tahun, namun karena saya harus mempermak beberapa spot kebun, terpaksa Kembang Bisi primer saya cabut dan buang karena memang akan lebih mudah menanam dari bijinya dibanding dengan stek batang. Alhamdulillah, Kembang Teleng induk sudah menghasilkan biji yang banyak dan masih banyak juga yang masih tersimpan.

Warna biru bunga ini memang sangat kuat. Mahkota bunganya mirip kupu-kupu yang sedang mengembangkan sayapnya. Tak heran di barat sana disebut Butterfly pea atau Pigeon wings flower. Sebutan lainnya Blue pea vine – Kacang Rambat Biru. Dalam satu tangkai daun terdapat tujuh helai anak daun, dimana daun terujung berukuran paling lebar (gambar dari malasaad.blogspot.com).

7 helai anak daun

Jika hanya 5 helai anak daun saja ukuran daunnya lebih besar.

daun

Begitu kuatnya warna biru bunga ini, di Malaysia telah digunakan sebagai pewarna makanan dan minuman. Caranya kumpulkan|petik sebanyak-banyak bunga ini. Dengan cara ini untuk selanjutnya kita akan mendapati bunga-bunga akan lebih banyak bermekaran karena tenaga dan nutrisi untuk membentuk kacang polong terhenti. Hasil petikan simpan dalam kulkas atau keringkan. Setelah terkumpul banyak rebus hingga bunga tidak berwarna. Saring dan digunakan untuk pewarna. Jika air rebusan dicampur dengan santan, bawang putih, irisan bawang, daun pandan, sedikit gula dan garam kemudian ditanak dengan beras jadilah Nasi Lemak Biru.

Habitat

Tumbuhan merambat yang termasuk suku polong-polongan ini biasa ditemukan di pekarangan – di Jawa Barat kabarnya masih banyak yang menanam di pekarangan rumah – atau tepi hutan. Tumbuh baik pada kondisi lingkungan terkena sinar matahari|panas. Sedikit teduh pun masih oke, karena memang jenis tanaman merambat.

Penanaman
Menanam dengan biji yang telah tua|berwarna coklat/ hitam adalah yang termudah. Biji bisa ditanam atau ditebar begitu saja. Bisa juga sih dengan menggunakan stek batang, namun saya banyak gagalnya, kecuali kalau disertakan dengan akarnya. Mungkin lain kali akan saya coba lagi menanam dengan stek batang yang sudah tua.

Perawatan

Jangan ditanam berdekatan dengan tanaman hias lain, agar tak menjadi korban belitannya karena ujung batangnya mempunyai sifat seperti sulur, yakni luwes dan membelit apapun yang ada di dekatnya.

Foto0228

Untuk perawatan lainnya tak ada trik khusus. Paling-paling hanya disiram saat media kering dan mengontrol dari hama dan penyakit saja. Biasanya yang diserang adalah daunnya yang berbintik-bintik putih kekuningan. Potong atau buang daun yang diserang atau potong saja cabang yang banyak terserang hama|penyakit. Bunga Telang adalah salah satu jenis tumbuhan yang tahan penyakit. Meski terserang biasanya tidak akan mati. Kalau shob tega, potong saja hingga mendekati pangkal batang dan potongan tersebut segera saja bakar. Jangan khawatir, tak berapa lama hari akan tumbuh tunas-tunas baru.
Disarankan untuk melakukan pemotongan  tangkai agar tumbuh banyak percabangan yang penuh bunga. Atau bisa juga dengan memetik setiap sore bunga-bunganya agar tak keburu membentuk kacang agar berbunga lebih banyak.

– Manfaat –

Bunga Blue Pea Flower dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan dan minuman. Dapat juga digunakan untuk membersihkan kotoran mata pada bayi yang baru lahir atau mengobati radang mata, demam, iritasi kandung kemih, dan masalah pada saluran kencing pada orang dewasa dan remaja. Bunga yang direndam air panas seperti teh dapat digunakan sebagai perawatan insomnia.

Akar digunakan sebagai obat laxative (pencahar), diuretik, perangsang muntah, pembersih darah. Namun kita harus hati-hati karena akarnya beracun dengan efek samping kolik (keram perut) hingga turunnya kesadaran dan kehilangan daya ingat.

Biji|Kacang biasanya untuk obat cacing dan pencahar ringan. Dapat juga digunakan untuk melebatkan, mengilatkan dan menghitamkan rambut, serta membersihkan kulit kepala.

Untuk resep-resepnya dapat shob lihat di berbagai blog yang terpercaya.

Atau hanya sebagai penghias pekarangan rumah saja.

 close up

– Varietas –

Menurut info ada yang bermahkota putih, ungu dan pink. Kecuali biru, saya belum pernah melihat secara langsung ketiga varian ini. Meski mengusung nama sama, Butterfly Pea, namun jenis dari Genus Centrosoma (Centrosoma pubescen) mempunyai penampilan bunga yang berbeda. Daunnya pun dalam satu tangkai hanya 5 helai, bukan tujuh.

Saya lihat, Blue Pea Vine – Kacang Rambat Biru – ini juga dihibrid menghasilkan mahkota yang bertumpuk (ruffle). Namun saya tidak respek pada yang hibrid ini. Bagi saya, bunga asli jauh lebih elok.

telang

– Level gulma –

Medium|40 – 69%. Untuk menjadi gulma yang menguasai lingkungan hidupnya diperlukan waktu yang lama|bertahun-tahun. Akarnya memang kuat mencengkeram tanah. Namun pengalaman saya saat mencabutnya masih mudah kok. Mungkin masih ada akar yang tertinggal, namun tumbuhan tidak bisa hidup. Kalau memang perlu, lakukan pendongkelan.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s