Ajeran dan Kupu-kupu Kuning Satu Titik, Dua Titik, dan Tiga Titik Eurema sp.

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tak ada kupu-kupu yang membuat saya puyeng bgt selain jenis dari Genus Eurema. Selain penampilannya yang sangat susah dibedakan, saya belum mendapatkan rujukan dengan info mendetail. Data-data yang saya unduh simpang siur. Ada foto Eurema tertentu sedang mating. Dalam foto sangat jelas betina dan jantan tampilannya berbeda. Yang bikin puyeng tampilan betinanya mirip Eurema lain dan tampilan jantannya mirip Eurema lainnya lagi. Walah-walah bagaimana tidak pousingggg? Apakah antar jenis Eurema bisa kawin silang? Akhirnya saya ambil jalan yang termudah saja, yakni pakai blog rujukan yang tidak bikin pusing. Benar atau salah ID-nya, pikir nanti saja. Maka dari itu, prosentase kesalahan saya dalam mengidentifikasi kupu-kupu ini juga besar.

Sebenarnya membedakan secara tampilan itu mudah sekali, yang sulit itu ID-nya karena beberapa blog berbeda dalam penamaan Eurema-nya padahal tampilan kupu-kupunya sama, atau juga sebaliknya. Pembeda ada pada pola dan hiasan sayap. Ada yang punya satu, dua, atau tiga titik atau tidak sama sekali. Ada yang bernoktah coklat, ada yang tidak. Ada yang totol-totolnya tidak beraturan atau tidak berbentuk, ada yang rapi. Namun itu juga tidak bisa dijadikan tolakan baku, karena Small Grass Yellow|Eurema brigitta mempunyai ciri-ciri yang dipunyai oleh Eurema lainnya, hanya ukurannya lebih kecil. Namun ukuran ini juga tidak bisa dijadikan patokan baku, karena kupu-kupu Eurema betina juga ukurannya lebih kecil dibanding kupu-kupu jantan. Nah, lho. Beberapa jenis Eurema mungkin saja tampilan sayap terbukanya juga berbeda, namun karena saya tidak mempunyai fotonya, jadi saya abaikan. Karena itu dalam penamaan ID, saya memakai blog mayoritas|umum.

 

Nama jenis:

Eurema andersonii |Kupu Kuning 1 Titik | One Spot Grass Yellow

Jantan

andersonii

Eurema hecabe|Kupu-kupu Rumput Kuning Biasa|Kupu-kupu Belerang Biasa|Common Grass Yellow|Two Spot Grass Yellow

Jantan

hecabe1

Betina

betina1

Eurema blanda|Kupu Kuning 3 Titik | Three Spot Grass Yellow

Jantan

3 titik betina1

Variasi coklat

3 titik coklat

Betina

betina blanda1

Unknown Grass Yellow female butterfly (gambarnya kurang detail)

 

Diskripsi:

Ukuran ditaksir 3,5 – 4 cm. Sayap dan tubuh berwarna kuning. Ada bintik-bintik dengan bentuk dan letak yang tidak beraturan, mayoritas serupa klip atau oval. Sayap bagian dalam, tepinya terdapat warna hitam atau coklat tua yang mencapai ujung sayap bawah. Perbedaan jantan dan betina Genus Eurema pada warna dan ukuran. Warna betina kuning pucat dan tidak seterang jantannya. Ukurannya pun lebih kecil sedikit antara 2 – 3 mm. Untuk kupu-kupu berukuran kecil perbedaan sebesar itu cukup mencolok. Corak sayap antara individu satu dengan lainnya kemungkinan berbeda-beda dalam letak, besar, atau bentuknya, juga jenis subspesiesnya.

Model terbang:
Zigzag naik-turun/zigzag terbalik atau kadang zigzag kiri kanan. Kadang cepat dan kadang juga terbang santai. Kebanyakan terbang pada ketinggian 0 – 2 m karena lebih suka mencari nektar pada bunga-bunga rerumputan. Namun sari bunga kopi atau Akasia juga disukainya.

Tumbuhan inang:
Bunga Merak|Peacock Flower (Caesalpinia pulcherrima); Falcata – Kayu Sengon (Albizia  falcataria), Albizia procera, Albizia corniculata, Albizia lebbeck, Mimosaceae Mimosa sp., Putri Malu|Mimosa pudica, Leucaena leucocephala; EuphorbiaceaeBreynia fruticosa, Bridelia tomentosa; Fringed Spiderflower|Cleome rutidospermae D.C.|Maman Ungu|Maman Lelaki; Lantana camara; Stachytarphetae jamaicensis|Snake Weed|Rumput Pecut Ekor Kuda; Ageratum conyzoides; Pennisetum purpureum; Cratoxylum conchinensis; Alstonia scholaris; Caesalpinia pulcherima; Delonix regia; Phyllanthus emblica; Phyllanthus niruri; Arachis hypogea; Leucaena leucephala; Parkia speciosa; Pithecelobium lobatum; Rhamnus sp.; Santalum sp.; Tectona grandis; Caesalpinaceae – Senna tora, Caesalpinia (Poinciana); Rhamnaceae – Sageretia thea; Camachile – Pithecellobium sp.; Indigofera; Papilionaceae – Cassia sp., Moullava, Acacia sp., Sesbania cochinchinensis

Tumbuhan pangan:
Ajeran, Songgo Langit (Tridax procumbens), Sidoguri, Sawi Langit, Maman Ungu, Rumput Pecut Ekor Kuda, Saliara (Lantana camara), Seruni Jalar (Wedelia triloba), Cassia alata, Cassia siamea, Caesalpinia pulcherima, Delonix regia, Arachis hypogea, Leucaena leucephala, Parkia speciosa, Albizia procera, Pithecelobium lobatum, Cooffea sp., Tectona grandis, dan tumbuhan Verbenaceae lainnya.

Level jepret:

Easy. Kadang juga masih sulit difoto yakni kupu yang memiliki naluri masih kuat, namun toh rasa laparnya mengalahkan ketakutan akan kehadiran kita. So, kita pun akan leluasa memfoto mereka dengan jarak dekat. Saya juga mendapatkan foto dengan jarak dekat sekali.

Populasi dan Habitat:

Melimpah. Setiap kali hunting, hampir 100% ketemu dengan kupu-kupu ini. Apalagi range hidupnya juga luas dari habitat terbuka seperti padang rumput, tepian jalan hingga habitat tertutup dengan pepohonan yang tidak rapat dan masih terdapat semak belukar atau area berbayang. Tidak ditemukan pada habitat tertutup murni dengan vegetasi pepohonan yang rapat. Mayoritas ditemukan pada area terbuka. Sesekali ada juga yang mampir di halaman untuk menghisap nektar koleksi bebungaan saya utamanya Sawi Langit yang memang saya tanam. Namun tingkat kehadirannya memang jarang.

Kemiripan spesies:

Mayoritas anggota genus Eurama penampilannya memang sangat mirip. Perbedaan termudah yang dapat kita lihat ada pada jumlah titik di dekat pangkal sayap bawah. Beberapa juga mempunyai sapuan warna coklat atau band coklat tua pada sudut sayap atas.

 Spesial trims:

Teguh Heny Sulistyani, Skripsi: KEANEKARAGAMAN JENIS KUPU-KUPU

(LEPIDOPTERA: RHOPALOCERA) DI KAWASAN CAGAR ALAM ULOLANANG KECUBUNG KABUPATEN BATANG atas daftar Food n House plant-nya

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s