Ajeran dan Kupu-kupu ‘Beracun’ Hypolimnas misippus

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kupu-kupu betina ini mempunyai corak dan warna yang ramai. Perpaduan warna jingga, coklat, kuning kecoklatan, hitam, dan putih, berpadan dengan bunga Ajeran yang berwarna putih dan kuning itu saat saya memotretnya. Kalau dalam jumlah yang banyak tentu akan menyemarakkan grassland dengan warna-warna cerah mereka. Sayangnya saya belum pernah menjumpai momen yang seperti itu. Warnanya yang cerah dan beragam tersebut bertolak belakang dengan kupu-kupu jantan yang didominasi warna hitam dan putih serta sedikit warna jingga kecoklatan. Jarang ada fauna yang betinanya lebih cakep dibanding jantannya. Dan kupu-kupu Genus Hypolimnas adalah salah satu pengecualiannya.

betina1

Nama dalam Taksonomi:

Hypolimnas misippus

(Danaid|Diadem|Mimic Eggfly)

Diskripsi:

Taksiran bentang sayap 7 – 9 cm. Mempunyai trade mark khas genus Hypolimnas, yakni baik jantan maupun betinanya tepi sayapnya berenda dengan lekukan yang dalam|tajam.

Jantan

Tampang sang pejantan saat open wings dengan 6 lingkaran putih yang tak bertepi biru.

 jantan2

Saat kuncup memiliki band putih yang paling lebar dalam genus Hypolimnas. Sayap bersemburat jingga|krem kecoklatan. Untuk lebih jelasnya biasa diintip di Wikimedia karena saya tak punya fotonya.

Betina

Corak dan hiasan sayap dalam maupun luar sama-sama cantiknya. Hanya saja warna sayap dalam lebih indah dan tajam dengan tekstur laiknya beludru.

Kecantikan dilihat dari atas

 betina setengah terbukabetina terbuka

Kemolekan saat tampak samping

 betina2

Model terbang:
Karakter tidak jauh berbeda dengan H. bolina yakni lambat dengan ketinggian terbang antara 0 m hingga > 5 m. Lebih senang hinggap dengan sayap terbuka yang sekali-kali dikepakkan. Namun pada saat istirahat sayapnya terkatup murni.

Makanan ulatnya:
Acanthaceae – Asystasia sp. (A. intrusa, A.scandens, dan A. gangetica| Zamboangenita), Pseuderanthemum variabile, Dipteracanthus spp., Ruellia spp. (Meadow weed); Convolvulaceae – Ubi Jalar|Sweet potato|Kamote (Ipomoea batatas), I. triloba, Merremia hederacea; Malvaceae – Sidoguri (Sida rhombifolia); Portulacaceae – Krokot (Portulaca oleracea); Asteraceae – Synedrella nudiflora; Papilionaceae – Desmodium triflorum, Phaseolus vulgaris; Urticaceae – Laportea sp., Pipturus incanus, Urtica thunbergiana; Polygonaceae – Polygonum prostratum

Makanan Nektar:
Ajeran (Bidens pilosa), Kenikir Sayur (Cosmos sp.), Zinnia; Kaliandra (Caliandra portoricensis); Duranta erecta; Asystasia sp. (A. intrusa dan A. gangetica); Amaranthaceae; Commelinaceae – Dayflower; Moraceae; Convolvulaceae; Papilionaceae; Krokot (Portulaca oleracea); Ipomoea batatas; Urticaceae – Boehremia nivea

Shoot Level:

Easy. Lebih aktif sedikit dibanding H. bolina, namun masih mudah difoto kok.

Populasi:

Saya jarang bertemua dengan Hipolimnas ini, baik jantan maupun betinanya. Kupu-kupu jantan bahkan lebih jarang ditemui. Mungkin area terbuka bukanlah tempat favoritnya.

Keistimewaan & Kemiripan spesies:

Betina

Kemampuan mimikrinya – keserupaan/kesamaan suatu spesies dengan spesies lain untuk melindungi salah satu atau kedua jenis spesies dari ancaman yang mungkin ada dengan cara meniru serupa spesies lain yang dikenal beracun – membuat kupu-kupu ini mirip dengan kupu-kupu beracun Plain Tiger|Danaus chrysippus. Predator sering terkecoh dibuatnya, terutama saat posisi sayap terbuka yang memang disengaja oleh kupu-kupu ini agar pemangsa berpikir dulu untuk memakannya. Meski sekilas tampak serupa namun membedakannya mudah saja kok. Sayang saya tidak punya foto Plain Tiger dan Hipo betina saat membuka sayapnya dengan penuh, maybe next time, insya Allah saya akan tulis lagi kalau sudah punya foto detailnya.

Membedakan dengan mudah adalah saat sayap Plain Tiger tertutup yang mana perbedaannya saya beri lingkaran biru.

 mirip1

Jantan

Saat open wings mempunyai kemiripan dengan jantan Hypolimnas bolina. Bedanya lingkaran putihnya tidak bertepi biru. Juga tidak ada ‘jahitan’ pada pinggir sayapnya.

tanpa garis biru

Perbedaan mencolok pada posisi sayap tertutup, yakni warna dasar sayap jingga kecoklatan atau coklat buram atau warna gradasi. Strip putihnya juga lebih lebar, bahkan mungkin paling lebar pada Genus Hypolimnas. Sayang saya tak punya fotonya, jadi tak bisa menulis lebih banyak lagi. Barakallah.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

    • wa’alaikumussalam, alhamdulillah mbak bidik sendiri, kalau mau pake foto di blog saya silahkan saja gratis kok, kcl yg saya sebutkan sumber ngambilx. saya juga masih punya arsip foto2 dg resolusi besar tp ut yg ini tidak gratis

      Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s