Ajeran dan Kupu-kupu Widuri Danaus chrysippus

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kupu-kupu ini punya warna dan pattern cantik yang katanya mirip macan. Ukurannya yang relatif besar ± 7 – 8 mengundang predator – burung – untuk memburunya. Namun, selain mempunyai zat beracun yang tidak enak rasanya, kupu-kupu ini juga memiliki kemiripan dengan spesies lain yang juga tidak disukai para predator. Saya hanya beberapa kali saja berjumpa dengan kupu-kupu ini, itu pun tidak sepasang. Sepinya keberadaannya saya duga karena Ajeran bukanlah bunga kesukaannya atau mungkin rumput Ajeran jauh dari keberadaan tumbuhan inang favoritnya, yakni Biduri (dan Fiscus) yang kian lama juga kian susah diperoleh. Dari salah satu laporan penelitian Cagar Alam Ulolanang, tidak ada seekor pun kupu-kupu ini ada di sana.

Nama Binomial:

Danaus chrysippus

(Plain Tiger Butterfly|Kupu-Kupu Widuri|African monarch|Milkweed butterflies)

Diskripsi:

Jantan lebih kecil ukurannya namun lebih terang warnanya. Pada sayap ada noktah hitam berjumlah 4 (1 noktah berukuran besar tengahnya putih), sedangkan pada betina noktahnya hanya tiga.

Genus Danainae mempunyai ciri khas yakni separuh abdomen termasuk kepala berwarna hitam bertotol-totol putih. Ciri ini juga dimiliki oleh kupu-kupu Gagak. Dan jangan terkecoh dengan genus Hypolimnas yang setengah badan dan kepalanya juga bermotif serupa, namun totol-totolnya tidak begitu banyak.

Jantan

 

Betina

 betina21betina1

 

Model terbang:
Terbang dengan kecepatan sedang cenderung lambat. Saat hinggap lebih banyak mengatupkan sayapnya. Sesekali saja sayap dibuka.

Tumbuhan inang / houseplant:
Asclepiadaceae – Asclepias curassavica (Butterfly weed/Bulak/damo), Widuri|Biduri (Calotropis gigantea); Concolvulaceae – Ipomoea alba, Ipomoea bona-nox; Sapindaceae – Lepisanthes rubiginosa; Euphorbiaceae – Euphorbia milii; Moraceae – Ficus laevis, Ficus racemosa

(Wikipedia menulis banyak jenis tumbuhan inang dari larva kupu-kupu Plain Tiger ini)

Tumbuhan nektar:
Ajeran  (Bidens pilosa), The Prickly Lantana (Lantana camara) – saya hanya menjumpai dua tumbuhan ini saja, mungkin saja ada blog lain yang menulis lebih banyak tumbuhan pakannya.

Level jepret:

Easy. Kesulitannya adalah mendapatkan angle terbaik yakni pada posisi open wing. Saya juga bisa menjepret dengan jarak beberapa mm saja.

Populasi:

Saat hunting saya hanya menemui 2 atau 3 ekor betina dan jantan secara tidak bersamaan. Meski range habitatnya termasuk luas, namun kupu-kupu ini saya rasa tidak akan bisa jauh dari tumbuhan inang utama larvanya yakni Widuri atau Milkweed lainnya yang keberadaannya semakin jarang.

Keistimewaan:

Termasuk kupu-kupu beracun. Mempunyai kemampuan menyerupai spesies-spesies lain, sehingga memiliki banyak varian dalam upaya mempertahankan diri dari predatornya.

Kemiripan spesies:

Di antaranya mirip dengan Leopard lacewing (Cethosia cyane), Indian Tamil lacewing (Cethosia nietneri mahratta), Common palmfly (Elymnias hypermnestra) betina, Argyreus hyperbius betina, dan Danaid eggfly (Hypolimnas misippus) betina.

pada bunga ajeran

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s