Ajeran dan Kupu-kupu Skipper Kuning nan Mungil Taractrocera archias

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perpaduan momennya antara bunga/daun, cahaya, bayang-bayang, dan si kupu-kupu sendiri membuat saya selalu lagi, lagi, dan lagi untuk terus menjepretnya, padahal saya sudah punya banyak gambar-gambarnya. Apalagi file yang saya dapatkan juga bagus-bagus, jarang yang harus dibuang. Terkadang dilematis, mau dihapus sayang, kalau nggak dihapus menuhin gudang file.

Setelah saya mendapatkan gambar-gambarnya, tibalah untuk mencari tahu ID dan informasi dari si kupu-kupu ini. Olala … ternyata banyak banget kupu-kupu Skippers yang saling mirip. Ada puluhan. Bingung juga dibuatnya. Jangankan sepintas, melihat dengan mata terbuka lebar-lebar pun kita sangat sulit untuk membedakan satu dan lainnya. Saya harus kerja keras untuk itu. Saya banding-bandingkan antara gambar yang saya peroleh dengan gambar rujukan. Mengamati dengan saksama warna sayapnya, bando tepi sayap – ada|tidak, lebar|sempit, panjang|pendek, berstrip|tidak –, strip dan corak sayap – lebar, warna, bentuk –, warna tubuh|abdomen, dan antenanya. Alhamdulillah ketemu jua nama ID dari kupu-kupu Skipper Kuning nan mungil ini, meski prosentase kesalahannya tetap ada.

Dari 4 atau 5 jenis skipper yang saya temukan, skipper mungil inilah yang paling sering saya jumpai. Besarnya dibandingkan dengan bunga rumput Teki Udel-udelan tidaklah berbeda jauh. Panjang tubuhnya kayaknya ± 1 cm. Begini skalanya:

led3

Nama Binomial:

Taractrocera archias|Yellow Grass Dart

Synonym:   Pamphila archias C. Felder, 1860

Diskripsi:

Ukuran < 1,5 cm atau antara 1,1 – 1,3 cm. Mempunyai ciri-ciri pembeda dengan Skipper lainnya yang memiliki tampang serupa, yakni tidak adanya apiculus atau kait (hook) pada ujung antena. Inilah ciri utama dari Genus Taractrocera. Untuk jelasnya dapat dilihat pada gambar.

Sayap tertutup:

ciri

Lingkaran biru:   strip kuning lebarnya menyatu

Lingkaran hijau: strip kuning berjumlah 5 tumpuk

Lingkaran merah: ada strip dekat pangkal sayap

Lingkaran putih: antena berbentuk pentung dan tak berpengait

 

Sayap terbuka:

ld5

Lingkaran pink:  semua keempat sayapnya bolak-balik dihiasi pita setengah melingkar (discal) warna kuning polos

Lingkaran kuning: strip kuning menyatu

Model terbang:
Cepat laiknya Skipper lainnya. Sayap terbuka saat berjemur, bisa tertutup atau terbuka saat sedang makan.

Tumbuhan inang:
Saya belum menemukan sumbernya

Tumbuhan pangan:
Ajeran  (Bidens pilosa), Kenikir (Cosmos sp.), Songgo Langit (Tridax procumbens), Rumput Pecut Ekor Kuda|The Snakeweed (Stachytarpheta indica), Lantana camara, Asystasia sp.

Level jepret:

Very Easy – Easy. Posenya selalu menarik nafsu saya untuk selalu memotretnya, padahal saya sudah miliki banyak gambarnya, namun selalunya saya terus memotret dan memotret lagi. Apalagi kupu-kupu ini juga merasa tak terusik meski kamera kita begitu dekat dengannya.

skipper 11

Habitat:

Daerah terbuka hingga area tertutup dengan pepohonan yang tidak begitu rapat. Mulai dari padang rumput, tepi hutan, perkebunan, persawahan, taman, pinggir jalan, dan area yang berlimpah tumbuhan angiosperma (tumbuhan berbunga). Seringkali mampir di kebun saya, baik halaman depan maupun kebun belakang yang cukup teduh. Terbanyak ditemui memang pada area terbuka.

Populasi:

Banyak. Saya sering berjumpa dengan kupu-kupu Yellow Grass Dart ini.

Kemiripan subspecies:

Didasarkan pada tempat sebarannya, yakni Taractrocera archias archias (Jawa, Bali dan Banka), Taractrocera archias samadha Fruhstorfer, 1910 (utara Burma), Taractrocera archias quinta Swinhoe, 1913 (dari Burma ke Indocina dan Malaya), Taractrocera archias kisaga Frustorfer, 1910 (Kepulauan Sunda Kecil), Taractrocera archias bavius Mabille, 1891 (Kepulauan Sunda Kecil)

Untitled-1 copy

Kemiripan spesies:

Oriens sp.|Dartlet

Kita sering terkecoh dengannya. Namun Skippers dari Genus Oriens (Dartlet) tidak mempunyai noktah kuning dekat pangkal sayap bawah. Selain itu warna kecoklatannya lebih dominan dibanding skipper kuning ini. Saya tak bisa menampilkan gambar perbedaannya karena memang tidak mempunyai fotonya.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Tinggalkan Balasan

