Ajeran dan Kupu-kupu Jingga yang Nyantai Acraea violae

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kupu-kupu ini selalu ada dalam acara hunting saya, artinya populasinya melimpah. Terbang dengan nyantainya dari satu bunga ke bunga lain yang berada di pinggir-pinggir jalan yang terdapat banyak bunga kesukaannya. Selain nyantai, juga gampang ‘ditangkap’ melalui kamera dan tidak takut pada kehadiran kita. Hampir di semua spot bunga Ajeran yang saya datangi selalu ada kupu-kupu ini, tak peduli saya ke sana pagi hari, siang, atau sore. Warnanya yang coklat muda – coklat jingga (tawny) berpadu serasi dengan warna bunga Ajeran yang kuning dan putih itu.

 laksana pesawat

Nama ID:

Acraea violae (Wikipedia menggunakan Acraea terpsicore sebagai nama binomial Acraea violae sebagai nama sinonimnya)

Tawny Coaster

Diskripsi:

Ukuran ditaksir 5 – 6 cm. Mudah dikenali karena sayapnya berwarna jingga terang dengan corak totol-totol hitam sebagai hiasan. Beberapa bundaran yang tak rata tersebut ada yang menyatu membentuk semacam pita tak beraturan. Pada kupu-kupu jantan yang baru ‘lahir’ warna jingganya terang sekali. Perpaduan warna hitam dan putih juga menghias tepi sayap bawah bagaikan bando hitam berhiaskan bundaran putih. Corak sayap inilah yang menjadi ciri khas sebagian besar kupu-kupu Acraea. Tak hanya itu, tubuhnya pun ‘terbelah’ menjadi dua. Bagian perut berwarna oranye dan gradasinya sesuai dengan tingkat usia kupu-kupu dan jenisnya. Sedangkan bagian dada hingga kepala berwarna hitam berbintik-bintik putih. Sebagian besar genus Acraea memang berpenampilan mirip. Perbedaan hanya pada warna dan corak atau motif.
Tampilan kupu-kupu Tawny Coster jantan dan betina tidak jauh berbeda. Hanya saja bulatan hitam pada sayap kupu-kupu betina, baik sayap bagian luar/underside maupun dalam/upper side lebih besar dibanding yang jantan. Kalau lebih teliti lagi dapat dilihat dari bentuk alat kelaminnya. Namun cara-cara ini akan sangat membingungkan dan tidak cocok digunakan bagi pecinta kupu-kupu pemula atau orang awam seperti saya. Lain lagi kalau memang berniat meneliti tentang kupu-kupu. Ada tanda yang paling mudah kita lihat dalam hal jantan dan betinanya, yakni warna sayap kupu-kupu betina lebih coklat atau cenderung kecoklatan atau kusam. Awalnya saya mengira ada dua jenis kupu-kupu Tawny Coster. Namun saat mencocokkan data dengan Wikipedia, ternyata dua jenis yang saya kira berbeda tersebut ternyata sama, hanya jenis kelaminnya saja yang berbeda.

Jantan

jantan tertutupjantan1

Betina

betina3gambar utama

Kupu-kupu tua sayapnya kusam

tua

Flight pattern:

Lambat dan gemulai, melayang-layang dengan kepakan sayap yang jarang. Lebih sering hinggap dengan sesekali menggerak-gerakkan sayapnya. Kayaknya kupu-kupu yang paling nyantai deh …

Houseplant:
Passiflora foetida, Passiflora tuberosa,kemungkinan juga ulatnya makan daun PutriMalu, Lantana, Rumput Pecut Ekor Kuda

Foodplant:
Ajeran, Songgo Langit (Tridax procumbens), Pecut ekor kuda (Stachytarpheta jamaicensis), Tembelekan (Lantana camara)

Level jepret:

Very Easy. Guampang banget difoto hingga kitanya mungkin yang bosan karena tidak ada tantangannya. Apalagi kalau sudah menghisap nektar, seakan dia lupa akan segalanya maupun bahaya. Walaupun suatu waktu tidak mudah didekati, namun secara umum kupu-kupu ini tidak pemalu dan rewel.

Populasi dan Habitat:

Melimpah. Setiap kali hunting, pasti bertemu dengan kupu-kupu ini. Senang berada pada habitat terbuka seperti pinggir-pinggir jalan, padang rumput, lapangan terbuka, dan area terbuka lainnya untuk mencari nektar pada bunga-bunga rerumputan atau herba. Tidak ditemui pada habitat tertutup seperti hutan, kebun, atau pun area yang bervegetasi pepohonan.

DSC05928

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s