Ajeran dan Kupu Sikas Chilades pandava

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jamak ditemui di tempat-tempat terbuka. Suka bertengger dan bersembunyi pada CP1tanaman Sikas dan Mimosa sp. Kalau shob pernah menjumpainya di area ternaung, jumlahnya sedikit. Apalagi memang tumbuhan inangnya Sikas dan Mimosa sp. tumbuh pada daerah-daerah yang harus terpapar panas matahari. Saat sayap terbuka memang tampaklah warna biru yang menjadi nama dari kupu-kupu ini. Namun jangan terkecoh dengan kupu-kupu sejenis yakni Gram Blue (Euchrysops cnejus). Meskipun ada namanya Blue, warna mayoritas pada kupu-kupu Gram Blue tidaklah biru, namun abu-abu dan coklat. Warna biru hanyalah warna semburat dan sedikit. Entah mengapa kok tetap berhak menyandang nama Blue ya? Mungkin nama biru memang keren ya kedengarannya kalau diucapkan dalam bahasa Inggris.

Nama Binomial:

Chilades pandava

Plains Cupid|Kupu-kupu Sikas| Cycas Butterfly

Diskripsi:

Taksiran ukuran 2 cm-an. Mempunyai ‘ekor’ pada ujung sayap bawah dan juga disc menyerupai mata sebanyak 2 buah berwarna hitam dengan tepi separuh oranye tebal dan separuhnya lagi tipis. Corak sayapnya memang serupa dengan Gram Blue (Euchrysops cnejus). Beda dalam bilangan bundarannya juga bentuk ekornya. Ekor Gram Blue berujung runcing dan pendek, sedang Plain Blue ujungnya membulat dan agak panjang.

Jantan dan betina dibedakan dari pola lingkaran ovalnya yang berderet. Saat sayap tertutup lingkaran betina tidak sehitam pada jantan. Tepi lingkaran sama-sama berwarna putih buram. Begitu juga saat sayap terbuka, lingkaran pada sayap dalam pada betina tidaklah sehitam jantan dengan tepi lingkaran lebih lebar. Dan kupu-kupu Plain Cupid yang saya temukan ini berjenis kelamin betina.

betinaCP

Model terbang:
Lebih suka hinggap dan sembunyi pada bagian-bagian tanaman, apalagi Sikas dan Mimosa sp. Terbangnya termasuk cepat, padahal tubuhnya kecil

Pakan larva:
Mimosa sp., Cycas rumphii, Hevea brasiliensis, Acacia sieberiana, Dendrobium sp,. Phaseolus vulgaris, Vigna reflexopilosa

Pakan kupu-kuput:
Ajeran (Bidens pilosa), Acacia sieberiana, Vigna reflexopilosa, Clerodendrum paniculatum, Tridax Daisy

Level jepret:

Easy.

Kemiripan spesies:

Serupa Gram Blue (Euchrysops cnejus).

Populasi:

Normal, walau saya sangat jarang bertemu dengan kupu-kupu ini. Namun mengingat tumbuhan inangnya Mimosa sp. Masih melimpah ruah, kemungkinan besar populasi kupu-kupu ini dan saudaranya dari familia Lycaenidae (Gossamer-winged) juga melimpah. Ditunjang dengan keberadaan tumbuhan pangannya semacam Tridax Daisy dan Mimosa sp. yang juga melimpah ruah.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s