Ajeran dan Kupu Kacang Biru Lampides boeticus

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Seperti anggota familia Lycaeninae lainnya yang memang senang berada di tempat terbuka, mereka juga lebih sering sembunyi dibandingkan mempertontonkan keindahannya. Ya buat apa juga ya memperlihatkan kecantikan mereka kalau sekejap kemudian mereka menjadi mangsa para predatornya. Alhamdulillah saya mendapatkan keberuntungan untuk mengawetkan mereka dalam bentuk file dengan cara yang tidak disengaja dan disangka-sangka. Biasanya saya mendapatkan kupu-kupu dari familia Lycaeninae ini saat terbang di depan saya. Saya memang baru bisa ngeh akan keberadaan mereka saat terbang di depan saya. Ukurannya yang kecillah yang membuat saya seringnya tidak mengetahui keberadaan mereka. Dan kalau sudah eksis, mereka mudah sekali difoto bahkan dengan jarak yang begitu dekat, beberapa mm saja dari lensa. Tetapi sayanya saja yang khawatir memotret mereka dari kejauhan sebelum keburu terbang dan menghilang. Kalau keberuntungan masih berpihak pada saya, dipotret dari jarak dekat pun mereka OK saja.

 DSC04945

Nama Binomial:

Lampides boeticus

(Pea Blue|Long-tailed Blue)

Diskripsi:

Lebar sayap ± 2 cm. Mempunyai ‘ekor’ pada ujung sayap bawah dan juga disc menyerupai mata dengan total 4 buah berwarna hitam dengan tepi separuh oranye dan separuh biru. Warna sayap dan tubuh serta pola sayap mirip Tail-Less Line Blue|Small Purple|Prosotas dubiosa yang tidak berekor.

sik4

Model terbang:
Dibanding ukuran tubuhnya, terbangnya termasuk cepat. Namun mereka lebih suka hinggap dan sembunyi di balik tumbuhan agar terhindar dari bahaya yang mengancam. Termasuk penerbang rendah 0 – 2 m.

Houseplant:
Mimosa sp., Cycas rumphii, Crotalaria sp.

Foodplant:
Ajeran (Bidens pilosa), Acacia sieberiana, Tridax Daisy

Level jepret:

Easy.

Populasi:

Populasinya saya kira masih dalam batas normal, walau saya juga jarang menjumpai kupu-kupu mungil ini.

Kemiripan spesies:

Sangat mirip sekali dengan Tail-Less Line Blue|Small Purple|Prosotas dubiosa. Bukannya tidak mirip dengan jenis lainnya, namun kemiripannya itu masih mudah dibedakan. Tidak dengan kupu-kupu Small Purple ini. Sekilas kita akan terkecoh sebelum melihat ada atau tidaknya ekor pada ujung sayap bawah.

Keistimewaan:

Pea Blue mempunyai keistimewaan yang sangat jarang dipunyai oleh jenis Lycaeninae lainnya yakni adanya ‘empat mata’ pada sayap, baik posisi upperside maupun underside.

GB3

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s