Ajeran dan Kupu Gagak Mata Euploea leucostistos

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Genus Euploea tercatat ada sekitar 59 spesies dengan sayap berwarna coklat gelap cenderung hitam. Sebagian besar memiliki pita dobel yang tersusun dari totol-totol putih dan titik-titik putih pada thorax|rongga dadanya. Saat sayap terbuka, jantan sayapnya dihiasi warna biru atau ungu cemerlang, namun tidak semua spesies memiliki warna tersebut. Saya tidak tahu apakah kupu Gagak yang saya jepret ini ada warna birunya, karena saya hanya punya dua file saja.

 

Nama Binomial:

Euploea leucostistos

(Kupu Gagak Mata)

Diskripsi secara umum:

Taksiran wingspan ± 8 cm. Tampilan sayap dan warna khas Genus Euploea, yakni coklat kehitaman, namun pola sayapnya berbeda. Totol-totolnya bersemu biru, meski tidak semuanya. Kupu Gagak yang saya temukan ini sayapnya ada warna putih kusamnya. Saya tidak tahu apakah sejak ‘lahir’ sudah berwarna seperti itu ataukah karena sudah semakin tua, warna coklatnya pun mengusam menjadi memutih.

gagak4

Model terbang:
Kecepatan sedang cenderung lambat dan lebih sering hinggap.

Tumbuhan inang:

Widuri dan Asclepias sp. lainnya, Beringin-beringinan|Ficus sp., Nerium sp., Ichnocarpus sp., Hemidesmus sp., Cryptolepis sp., Toxocarpus sp., Morinda sp., Girionniera sp., Allemanda sp., Carissa sp., Holarrhena sp., Mandevilla sp., Mikania sp., Malaisia sp., Adenium sp., Parsonsia sp., Trachelospermum sp., Plumeria sp., Asclepias spp., Cryptostegia sp., Hoya sp., Marsdenia sp. Stephanotis sp., Tylophora sp.

Tumbuhan pangan:
Ajeran (Bidens pilosa), Lantana camara, Rumput Pecut Ekor Kuda|The Snakeweed (Stachytarpheta indica), Muntingia calabura (Cherry Tree|Talok|Kersen)

 

Level jepret:

Easy.

Habitat:

Mungkin jarangnya saya menjumpai kupu-kupu Gagak di rerumpunan Ajeran karena mereka memang lebih menyukai area tertutup seperti hutan hujan dan area bervegetasi pepohonan. Dan saat saya menjumpai mereka di padang terbuka, mungkin mereka sedang melakukan perjalanan menuju tempat yang disukainya. Meski tinggal pada habitat tertutup tapi ada yang melaporkan kalau jumlahnya memang sudah sedikit. Jadi memang harus mendapatkan perhatian lebih.

DSC04947

Populasi:

Jarang|sedikit.

Kemiripan spesies:

Sesama anggota genus.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s