Ajeran dan si Pansy Coklat Junonia hedonia

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Awalnya saya tak tahu kalau kupu-kupu ini berbeda dengan kupu Junonia Merak karena memang sekilas nampak sama. Waktu itu saya hanya memotret saja, tak peduli kupu apa yang saya temui. Pas saya buka filenya di komputer, ternyata berbeda dengan kupu sebelumnya. Dari browsing ketahuanlah kalau kupu-kupu ini namanya juga ada meraknya, tepatnya Kupu-kupu Merak Coklat. Mungkin penamaan coklat diperoleh saat kupu-kupu dalam keadaan sayap tertutup. Saat membuka sayap warnanya mirip dengan kupu Merak Jingga, coklat jingga. Di antara 4 jenis Junonia yang saya temukan, si Coklat Jingga ini yang tersulit untuk difoto dan juga jarang saya temui.

DSC05036

Nama ID:

Junonia (Precis) hedonia

(Kupu Merak Coklat)

Diskripsi:

Ukuran ditaksir 4,5 – 5 cm.

hedonia2

Tumbuhan pakan:
Acanthaceae – Ruellia repens, Aystasia sp., Hygrophila salicifolia, Hemigraphis alternata, dan anggota Acanthaceae lainnya.

Tumbuhan nektar:
Ajeran, Songgo Langit (Tridax procumbens), Pecut ekor kuda (Stachytarpheta jamaicensis), Tembelekan (Lantana camara), bunga rumput lainnya

Model terbang:
Gemulai hingga lambat dengan gerakan anggun seperti kupu Pansy lainnya. Lebih suka terbang di sela-sela rerumputan, serta lebih banyak hinggap pada bagian tanaman.

Level jepret:

Medium. Lebih sulit dibanding Junonia lainnya. Saya hanya mendapatkan beberapa gambar saja. Itu pun dari kejauhan. Rupanya kupu-kupu ini tidak hidup pada habitat terbuka. Mungkin saat itu sedang singgah untuk ‘isi bensin’ sebelum mencari tempat favoritnya, yakni habitat bervegetasi pepohonan.

DSC05035

Habitat dan Populasi:

Salah satu jenis yang terbanyak populasinya pada habitat hutan sekunder atau area tertutup. Juga banyak ditemukan pada perkebunan produktif maupun area dengan pepohonan. Dalam jumlah yang sedikit kupu Junonia Merak Coklat sesekali hadir juga di padang rumput. Saya hanya menemui kupu-kupu ini satu kali saja di sana. Berarti kupu Junonia Merak Coklat ini memang tidak begitu menyukai habitat terbuka seperti Junonia lainnya.

Kemiripan species:

Sekilas pada posisi sayap terkembang mirip Junonia almana, namun saat sayap terkatup mirip kupu Elymnias.

elymnias

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s