Ajeran dan si Merak Jingga nan Cantik Junonia almana

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya tak tahu pasti kenapa kok dinamakan Pansy Merak. Apa karena ‘mata-mata’ pada sayapnya mirip ‘mata’ bulu merak ya? Memang saat kupu-kupu ini membentangkan sayap jingganya nampak anggun. Apa ini yang menyebabkannya dinamakan kupu-kupu Merak Jingga? Tapi apapun namanya kupu-kupu ini memang indah, tak kalah indah dengan burung Merak yang mempunyai warna-warni bulu yang aduhai.

merak10

Nama dalam taksonomi:

Junonia almana

Peacock Pansy Butterfly|Pansy Merak|Kupu-kupu Merak Jingga

Diskripsi:

Ukuran ditaksir 4,5 – 5,5 cm. Warna kupu-kupu jantannya lebih tajam dan terang.

Penyedia pakan larva:
Mimosaceae – Putri Malu|Sensitive plant/Makahiya plant|Mimosa pudica dan Mimosa sp.; Plantaginaceae – Plantago sp.; Acanthecaeae – Asystasia intrusa, Ruellia repens, Hygrophila lancea, dan lain-lain; Amaranthaceae – Alternanthera philoxeroides

Penyedia pakan kupu:
Kigelia pinata
, Cyperus papyrus, Kaca Ppiring, Ajeran (Bidens pilosa), Asystasia intrusa, Jacobina carnea, Bunga Rumput Pukul Delapan, bunga kacang-kacangan, Songgo Langit|Tridax Daisy

merak3

Model terbang:
Seperti jenis Junonia lainnya yakni terbang dengan anggun yang frekuensi kepakannya dan hanya dikibas-kibaskan|tidak dikepakkan. Termasuk penerbang rendah 0 – 2 m karena kebanyakan waktunya dihabiskan mencari nektar atau hinggap pada bunga-bunga rerumputan atau bagian tanaman semak lainnya.

Level jepret:

Medium. Sebenarnya bisa difoto dengan jarak dekat, tapi agak sulit didekati dibanding Blue Junonia atau Grey Pansy. Memang memerlukan sedikit kesabaran untuk membidik mereka. Saya belum beruntung mendapatkan pose dalam jarak sangat dekat.

merak1

Habitat:

Sering ditemukan dan menyenangi area terbuka. Dengan jumlah sedikit dapat dijumpai pula pada area tertutup dengan pepohonan yang tidak rapat|berbayang seperti kebun, taman-taman, atau pinggiran hutan.

merak.7jpg

Populasi:

Dibanding Junonia Biru, Junonia almana lebih sering saya jumpai, tidak hanya pada rumpun Ajeran saja, tetapi juga di sawah-sawah dengan tanaman semak atau herba seperti tebu, jagung, kacang panjang, oyong, dan lain-lain.

Kemiripan spesies:

Mirip dengan Junonia Biru saat sayap terkatup. Pansy Biru memiliki warna dan corak yang lebih ramai. Saat sayap terkembang sekilas mirip Junonia hedonia. Untuk yang ini saya juga pernah terkecoh.

Peacock Pansy UP (Junonia almana

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s