Ajeran dan Kupu-kupu Segitiga Berbintik Hijau Graphium agamemnon

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kupu-kupu hijau ini saya masukkan ke List of Impossible Butterfly karena saya tahu betapa sulitnya untuk didekati, apalagi memotretnya. Cara terbangnya yang cepat dan seakan-akan tak kenal lelah berpindah-pindah dari satu bunga ke bunga lainnya dengan cepatnya dengan sayap terus bergerak meski saat hinggap pun menjadi alasan mengapa saya tak mampu mengawetkannya dalam bentuk file. Namun alhamdulillah saya masih terus dinaungi keberuntungan kala suatu hari bisa mengadikannya dengan jumlah foto yang banyak. Apalagi dengan posisi paling ngetop yakni sayapnya terbuka. Kayaknya sih kupu-kupu ini sedang sakit atau waiting to the end of time, namun tetap saja masih lincah. Sayapnya pun masih terang warnanya dan tidak rusak. Meski keadaannya seperti itu, masih sulit untuk ditaklukkan. Namun saya bertekad untuk sabar menunggunya untuk difoto, senyampang dia tidak terbang ke tempat lain.

Kupu-kupu Segitiga Hijau ini memang penerbang yang kuat dan tangkas. Saya lebih banyak menemukannya sedang hinggap pada bunga Asoka (Ixora javanica), tapi hanya menjumpainya satu kali saja pada rerumpunan Ajeran. Mungkin nektar Bidens pilosa bukanlah favoritnya. Pohon yang sering dijadikan tempat bertelur adalah jenis Glodogan tiang (Polyalthia longifolia). Selain itu, kupu-kupu ini bisa ditemukan pada tempat-tempat berlumpur untuk mencari mineral dan protein yang dibutuhkannya.
Sesuai namanya,  jika hinggap, sayap kupu-kupu ini memang membentuk segitiga.

GJ5

Nama Binomial:

Graphium agamemnon
Green-spotted Triangle, Tailed Green Jay, the Green Triangle, The Tailed Jay, Kupu-Kupu Segitiga Hijau

Diskripsi:

Taksiran wingspan-nya 8 – 10 cm. Ekor pada sayap kupu-kupu jantan lebih pendek. Sayapnya yang berdasar hitam buram cenderung coklat dihiasi banyak spot dengan bentuk tak beraturan berwarna hijau dan sebagian kecil warna biru.

Model terbang:
Sangat cepat seakan-akan tak pernah berhenti dengan frekuensi kepakan yang sering. Saat hinggap sayap tetap terkepak dan sangat waspada terhadap kehadiran kita maupun makhluk lainnya.

Houseplant:
Genus Annonaceae – Annona muricata, Annona squamosa, Desmos chinensis (Dwarf Ylang Ylang), Polyathia longifolia var. pendula (False Ashoka); Genus Bombacaceae – Durio zybethinus; Genus Dioscorea – Dioscorea pyrifolia; Genus Lauraceae – Cinnamomum burmanii; Genus Loranthaceae – Desmos chinensis; Genus Magnoliacea – Michelia alba (Cempaka Putih), Michelia cammpaka (Cempaka Biasa|Kuning); Genus Piperaceae – Piper adunctum; Genus Rutaceae – Citrus aurantifolia; Genus Caesalpiniceae; Genus Dioscoreaceae – Dioscorea pyrifolia; Genus Lauraceae – Cinnamomum burmanii; Genus Piperaceae – Piper adunctum

Nectarine plant:
Sidoguri (Sida rhombifolia), Ajeran  (Bidens pilosa), Lantana camara, Soka (Ixora indica), Asoka (Ixora javanica), Kenikir Sayur  (Cosmos sp.), Pagoda|Senggugu|Tumbak Raja (Clerodendrum paniculatum), Zinnia, Asoka, Jarak|Jatropha integerrima, Kaliandra  (Caliandra portoricensis), Kersen (Muntinga calabura), Duranta erecta, Durio zybethinus, Caesalpiniaceae – (Caesalpinia pulcherima, Cassia alata dan Cassia fistula), Balsaminaceae – Impatiens platypetala

Level jepret:

Very Difficult. Terbangnya yang cepat dengan kewaspadaan tinggi membuat saya susah untuk membidiknya. Apalagi sayapnya terus bergerak meski sedang hinggap membuat kita kesulitan mendapatkan angle foto yang baik. Memerlukan keberuntungan yang sangat besar untuk memotret kupu-kupu Segitiga Hijau ini.

GJ3

Kemiripan spesies:

Kemiripan pada jenisnya saja.

Habitat:

Area tertutup dengan vegetasi pepohonan yang tidak begitu rapat. Pada area seperti ini, termasuk salah satu kupu-kupu dengan populasi terbesar.

Populasi:

Saya hanya menemukan satu ekor saja di lokasi rumput Ajeran, namun saya masih melihat kupu-kupu ini di tempat-tempat lain. Terkadang terlihat melintas di halaman depan dan kebun saya atau tetangga, mungkin sedang mencari makan dari bunga yang disukainya. Bunga-bunga di halaman saya yang sedang mekar seperti Ruellia, Asystasia, dan Zinnia rupanya belum mampu menarik minatnya.

GJ4
Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s