Ajeran dan Kupu-kupu Pesolek Biru Junonia orithya

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ternyata banyak juga ya kupu-kupu yang memiliki warna biru, walau ada yang sekedar tempelan saja, seperti beberapa jenis kupu-kupu Gagak, Hypolimnas, dan lain-lain. Tapi kupu-kupu Pansy jantan yang saya temukan ini sayap bawah bagian dalamnya berwarna biru. Subhanallah cantiknya.

Disebut-sebut salah satu kupu yang mempunyai pattern khas ‘pansy’. Saya tak tahu patern pansy itu yang bagaimana, saya hanya mengutip saja. Kalau arti dari pansy sih ada 3. Arti pertama merujuk pada bunga pansy. Nah tentunya arti pertama ini akan merujuk pada arti lainnya bukan? Yakni arti kedua: pria pesolek, dan ketiga: pria homoseksual. Untuk arti kedua rasanya lebih cocok disematkan pada jenis kupu-kupu ini.

Junonia

Nama:

Junonia orithya

Kupu-kupu Mata Biru, Blue Buckeye Butterfly, Blue Pansy Butterly

Diskripsi:

Ukuran ditaksir 4 – 5 cm.

Jantan tampak atas – upperside

up2

Jantan tampak bawah – underside

Junonia1

Betina tampak atas – upperside

kupu9

Betina tampak bawah – underside

kupu4

Tumbuhan inang / houseplant:
Asystasia gangetica, Asystasia intrusa, Asystasia sp.
, Thunbergia alata dan anggota Acanthaceae lainnya; Angelonia salicariifolia, Buchnera linearis; Genus Scrophulariaceae – Striga lutea dan Scrophulariaceae lainnya; Convolvulaceae; Plantaginaceae; Violaceae; Hygrophila, Justicia procumbens, Lepidogothis incurva, Pseuderanthemum variabile, Antirrhinum majus (Snapdragon)

Tumbuhan pangan / foodplant / nectarine plant:
Ajeran, Kembang Knop/Ratna Lembayung, Passiflora foetida, Passiflora suberosa, Asystasia sp., Songgo Langit|Tridax Daisy (Tridax Procumbens), Rumput Pecut Ekor Kuda|The Snakeweed (Stachytarpheta indica)

Model terbang:
Melayang gemulai dengan frekuensi kepakan jarang. Lebih sering hinggap pada bunga atau daun daripada terbang, dengan sayap dibentangkan dan sesekali dikibas-kibaskan. Terbang pada ketinggian rendah < 2 m.

Level jepret:

Easy. Tidak begitu takut akan keberadaan kita, walau tidak setiap waktu bersifat jinak seperti itu. Kalau sedang ‘galau’, shob sebaiknya memotret dari jarak cukup jauh aja dan tak usah menunggu kamera fokus and try again in next time. Tetapi memang kupu-kupu Junonia yang saya foto masih kategori mudah kok. Maybe kitanya aja yang belum beruntung kali. Saya belum beruntung mendapatkan foto dari jarak dekat dengan sayap terbuka.

up

Populasi:

Meski tidak termasuk kategori berpopulasi banyak, namun keberadaannya masih dalam ambang wajar. Saya juga tidak setiap kali berjumpa dengan kupu-kupu Mata Biru ini.

Kemiripan spesies:
Saat sayap terkatup mirip kupu-kupu Pansy Merak. Bedanya corak dan warna sayap kupu-kupu Blue Pansy lebih ramai.

Junonia2

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s