Ajeran dan Kupu-kupu Kertas Kuning Catopsilia scylla

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Namanya memang Kupu-kupu Kertas Kuning. Kalau baca kupu kertas ingat lagunya alm. Ebiet :

Kupu-kupu kertas, yang terbang kian kemari

Aneka rupa dan warna, ditimpa lampu temaram

Dan kupu-kupu kertas yang saya tulis ini beneran kupu-kupu, bukan kupu kertas kiasan yang dimaksud sang pujangga.

Karakter Kupu-kupu Kertas Kuning tidak berbeda jauh dengan jenis Catopsilia lainnya. Pun tidak ada hal-hal khusus tentang kupu-kupu ini. Hanya saja penampilannya lebih mencolok dibanding Catopsilia lain. Kuning oranye tajam. Apalagi saat open wing lebih indah lagi, setengah putih dan setengahnya lagi kuning orange. Meski populasinya termasuk tinggi, saya tak acapkali berjumpa kupu-kupu ini di spot Ajeran. Namun di lain tempat, kupu-kupu Imigran Oranye ini sering saya jumpai.

Artikel tentang kupu-kupu oranye ini sempat tertunda unggahannya karena file yang saya simpan kehapus. Akhirnya saya pun menunggu untuk mendapatkan fotonya lagi. Dan nyatanya saya harus menunggu lama untuk memotretnya. Tidak setiap hunting saya bertemu kupu-kupu ini. Alhamdulillah, suatu hari  saya bisa memotretnya dengan jarak beberapa mm saja dengan pembesaran 1,8 x seperti foto-foto lainnya. Saat dijepret pun dia tidak rewel atau merasa terusik seakan menikmati. Alhamdulillah, Allah memberikan keberuntungan kepada saya untuk mengawetkan kupu-kupu ini ke dalam file.

DSC05528

Nama:

Catopsilia scylla

(Orange Emigrant| Kupu-kupu Imigran Kuning|Kertas Kuning)

Deskripsi:

Taksiran wingspan 5 – 6 cm. Sayap bagian dalam separuh putih dan separuh kuning. Sayap luar berwarna kuning kunyit dihiasi bintik -bintik. Saat membanding-bandingkan gambar, kayaknya kupu-kupu Kertas Oranye yang saya tangkap ini berjenis kelamin betina.

DSC05529

Model terbang:
Cepat, zigzag miring maupun naik-turun. Sayapnya yang kuat membuatnya mampu menembus tiupan angin. Termasuk penerbang rendah hingga medium yakni ketinggian antara 0 hingga 5 m, karena ada pohon Akasia dan Kaliandra sebagai tumbuhan inangnya.

Houseplant:
Cassia siamea
/Akasia, Cassia alata, Cassia fistula, Cassia obtusifolia, Cassia tora, Cleome rutidosperma/Maman Ungu, Alstonia scholaris, Tephrosia candida dan Papilionaceae lainnya, Caesalpiniaceae

DSC05529

Nectarine plant:
Ajeran, Songgo Langit, Sawi Langit, Kembang Merak (Caesalpinia pulcherima), Rumput Pecut Ekor Kuda, Lanting  Landa (Lantana camara), Pagoda (Clerodendron paniculata), Ratna / Kenop (Gomphrena globosa), Bunga Kertas (Zinnia), Jatropha panduraefolia, Bougenville, Cassia siamea /Akasia, Cleome rutidosperma / Maman Ungu, Cassia alata, Cassia fistula

Level jepret:

Easy – Medium. Kesulitannya kupu-kupu ini selain suka terbang ke sana kemari, naluri liarnya juga masih kentara dan relatif waspada. Namun kalau sudah rizki kita, kita bisa leluasa memfotonya dengan jarak super dekat beberapa mm saja seperti gambar ini yang tanpa edit sama sekali, kecuali penurunan resolusi.

DSC05530

Kemiripan spesies:

Penampilannya mirip sekali dengan betina Common Emigrant form pomona, namun warna sayap Imigran Kuning ini lebih tajam. Selain itu sayap bagian dalam berwarna putih dan oranye serta hiasan hitam pada tepi sayap yang merupakan ciri khas dari superfamili Pieridae. Perpaduan yang cantik. Sedang betina CE. f. pomona putih buram semburat kuning.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s