Ajeran dan si Kupu Abu Junonia atlites

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Inilah kupu-kupu pertama genus Junonia yang saya temui. Tentu saja waktu itu saya belum tahu namanya. Pada acara-acara hunting berikutnya, saya mendapatkan 3 jenis Junonia lainnya.

grey

Nama:

Junonia atlites

Kupu-kupu Pansy Abu-abu, Grey Pansy Butterly

Diskripsi:

Ukuran ditaksir 5 – 5,5 cm dengan pattern khas ‘pansy’. Saya tak tahu patern pansy itu yang bagaimana, hanya mengutip saja.

Tampak atas – upperside

up

Tampak bawah – underside.

under2

Flight pattern:
Melayang gemulai atau meluncur pelan dengan frekuensi kepakan sayap yang jarang. Sesekali mengepakkan sayapnya dengan gerakan yang gemulai dan luwes. Lebih sering hinggap pada bunga atau dedaunan daripada terbang. Cara hinggapnya pun anggun, sayap dibuka lebar-lebar untuk menampakkan kecantikan sayap dalamnya yang bertekstur laksana beludru dan sesekali dikepak-kepakkan dengan pelan. Ketinggian terbangnya rendah karena memang lebih menyukai hidup pada lahan terbuka yang berumput atau bersemak-semak.

under4

Tumbuhan inang:
Genus Acanthaceae – Hygrophila lancea, H. salicifolia –, Amaranthaceae – Alternanthera philoxeroides, Poaceae, Lindernia procumbens (Scrophulariaceae)

Tumbuhan pangan:
Ajeran, Acanthaceae – Nelsonia canescens

Level jepret:

Easy. Tidak begitu takut akan keberadaan kita, kita pun bisa memotret dengan jarak dekat, walau tidak setiap waktu bersifat jinak seperti itu. Kalau dia sedang ‘galau’, shob sebaiknya memotret dari jarak cukup jauh saja dan tak usah menunggu kamera fokus. Tapi memang hampir semua jenis Junonia mudah kok untuk dipotret. Paling-paling sedang tak beruntung saja kitanya.

kupu10

Populasi:
Jarang. Dari beberapa kali hunting, hanya dua kali menjumpainya dengan dua individu berbeda. Beberapa laporan pun menulis populasi Pansy Kelabu ini tidaklah begitu banyak, kalah dibanding jenis Junonia lainnya.

 up1

Wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s