Ajeran dan Kupu-kupu Common Blue Jay / Graphium doson

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, saya sungguh beruntung diberi kesempatan untuk memotret kupu-kupu biru ini. Saat itu saya memang sengaja hunting kupu-kupu dengan naik sepeda. Selain lebih leluasa juga sekalian olahraga. Agar lebih leluasa lagi sepeda saya tuntun kala jaraknya kurang beberapa meter dari salah satu spot lokasi Ajeran. Karena tidak ada yang menarik, saya pun berpindah dengan tetap menuntun sepeda ke spot lainnya sambil berpikir-pikir ‘bagaimana ya supaya dapet foto kupu-kupu yang gerakannya cepat dan senang beterbangan di sela-sela pepohonan seperti Great Mommon, Blue Jay atau anggota Papilio dan Gramaphium lainnya?’

Tak dinyana tak disangka, keberuntungan besar ditakdirkan buat saya. Pada satu rerumpunan Ajeran tertangkap oleh mata saya sesosok warna coklat kehitaman dengan hiasan biru pada sayapnya sedang beterbangan dari satu bunga ke bunga lainnya dengan cepatnya. Ternyata salah satu kupu biru yang menawan. Agar tak ketinggalan momen, sepeda saya baringkan di tanah tanpa sempat menjagraknya dan langsung on-kan kamera. Jeprat-jepret tanpa menunggu kamera fokus, karena saya tahu betapa sulitnya memotret kupu-kupu ini. Tak berapa lama kemudian datang kupu-kupu baru yang geraknya sama dengan kupu pertama, hanya saja sayapnya yang coklat kehitaman ditaburi lingkaran-lingkaran dan bar tak beraturan berwarna hijau. Wow, salah satu kupu hijau yang masuk daftar harapan saya. Untuk sementara kupu ini saya sebut Green Tailed Jay. Kalau kupu biru sebelumnya saja sudah sulit difoto, yang ini malah lebih sulit lagi. Saya hanya mendapatkan 2 gambar saja, itupun jepretnya dari kejauhan. Tapi tak mengapalah, insya Allah lain kali mudah-mudahan keberuntungan tetap memihak saya, aamiin.

DSC04996

Nama Binomial:

Graphium doson ssp. evemonides

(Common Jay Butterfly)

Diskripsi:

Taksiran wingspan-nya 6 – 7 cm. Tidak mempunyai ekor pada ujung sayap bawah walaupun dimasukkan ke dalam golongan kupu-kupu “swallowtail”. Selain itu ada corak yang mencolok dari kupu-kupu ini yakni hiasan garis-garis merah pendek dan tebal sejumlah 4 garis, serta satu garis merah memanjang pada sayap bawah. Beginilah penampakan sayap tampak bawah/underside.

 BJ

 

Perbedaan betina jantannya tidak saya bahas karena hanya punya foto satu ekor saja.

Model terbang:
Sangat cepat dengan frekuensi kepakan yang sering. Tidak bisa diam, bahkan saat hinggap pun sayap tetap terkepak. Umumnya terbang pada ketinggian 0 – 5 m karena memang variasi nektar bunganya luas mulai dari rerumputan, perdu, hingga pepohonan.

Tumbuhan inang / houseplant:
Genus Annonaceae – Desmos chinensis (Dwarf Ylang Ylang), Polyathia longifolia var. pendula (False Ashoka); Genus Magnoliaceae – Michelia alba (Cempaka Putih), Genus Lauraceae, Desmos chinensis, Michelia alba Michelia cammpaka

Tumbuhan nektar/foodplant:
Ajeran (Bidens pilosa), Kaliandra (Caliandra portoricensis), Kersen (Muntinga calabura), Duranta erecta, Soka (Ixora indica), Kenikir Sayur (Cosmos sp.), bunga pagoda (Clerodendrum paniculatum), Zinnia, Asoka, Jatropha, Lantana camara, Impatiens platypetala

DSC04990

Selain itu bisa ditemukan pada tempat-tempat berlumpur untuk mencari mineral dan protein yang dibutuhkannya.

Level jepret:

Difficult. Terbangnya yang cepat dan juga sayapnya yang terus bergerak meski sedang hinggap membuat kita kesulitan mendapatkan angle foto yang baik. Dan memang untuk kupu-kupu ini keberuntungan harus memihak pada kita, kalau tidak jangan harap akan mendapatkan gambar-gambar mereka.

Kemiripan spesies:

Kemiripan dan perbedaan dilihat dari sisi sayap luar sulit dikenali jika hanya memandang dengan sekilas. Kita harus benar-benar memperhatikan dan mengamati sedetail-detailnya. Awalnya saya juga kesulitan untuk mendeteksi perbedaan-perbedaan itu. Namun lama-lama akhirnya ketahuan juga deh bedanya, meski tipis. Untuk memudahkan membedakan, saya membuat lingkaran kuning. Dalam lingkaran ini perbedaan bisa dilihat dari warnanya, bentuk, jarak, ukuran, bar, corak atau lainnya. Biasanya perbedaan itu lebih dari satu. Jikalau lingkarannya penuh berarti beda dalam ukuran tubuh|sayapnya.

G.meyeriG. eurypylus pamphylusG. evemon eventusG. euryplus mecisteus

 Populasi:

Dari beberapa kali hunting dengan lokasi dan waktu berbeda saya hanya menemukan satu ekor saja. Namun di tempat-tempat lain di luar area Ajeran, saya masih menjumpai kupu-kupu ini meski tak banyak. Terkadang ada juga yang melintasi kebun saya.
Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan Balasan

