Hah … Ayah Masak? Why Not?

*****************************************************************************

Tak canggung-canggung, Nicky Tirta, artis sekaligus ayah ini terjun ke dapur. Yang dibuatnya pun tak tanggung-tanggung, kue bolu dua susun berlapis cream. Tak mau kalah, di stasiun tv lainnya, Evan Sanders, host acara Dapur Mama Seru – yang kemudian diganti Marcel Candrawinata – pun lihai membantu para artis yang tergopoh-gopoh memilih bahan atau peralatan dapur yang asing bagi mereka.

*****************************************************************************

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Para ayah …

Kedua artis di atas adalah pria. Selain keduanya, masih ada Mike Lewis, Shaheer Sheikh, Dwi Andika, Ihsan Tarore, dan lain-lain yang juga lihai memasak. Mereka tak malu terjun ke dapur. Piawai membuat olahan dapur dengan resep andalan masing-masing. Mereka bukanlah seorang chef atau orang yang berprofesi menjual makanan sekaligus tukang masaknya seperti Baim Wong. Mereka tak malu ‘bercelemek’. Mereka juga tak tabu dengan aturan tradisi, para wanitalah yang seharusnya memasak. Dan saya pikir, ya apa salahnya seorang ayah memasak?

Meski saya tak hobi masak, tetapi saya bisa masak, meski sederhana. Dan yang paling saya sukai dari acara masak memasak adalah saya bisa berinovasi dan berkreasi sesukanya. Saya juga suka tak mengikuti pakem atau aturan resep. Saya mix berbagai macam bahan, meski tak sesuai resepnya. Saya mengolah apapun yang tersedia. Kalau suatu misal salah satu bahan tidak ada, saya bisa ganti atau tidak pakai sama sekali. Dulu sewaktu almarhumah ibu saya membuat kue-kue lebaran, saya suka mengganggu dengan cara ‘memprovokasi’ untuk menggunakan bahan-bahan atau bentuk-bentuk kue yang tak biasa. Kalau tak mampu membuat almh. Ibu terprovokasi, saya pun berkreasi sendiri tentu dengan ‘mencuri’ adonan ibu dan membuat seperti yang saya inginkan. Kadang sukses, dalam arti enak dan eye catching, tapi lebih banyak amburadulnya. Tetangga saya, pria, menurut adiknya yang cewek, jago banget bikin sambel. Sang adik bisa nambah lho nasinya kalau yang buat sambal itu kakaknya.

Kini saya suka memasak aneka gorengan. Resep adonannya sih sama, namun isinya bisa macam-macam, tergantung stock yang ada di kulkas. Bisa isi buah-buahan seperti nanas, pisang, nangka, atau lainnya. Bisa juga teri nasi, sosis, ebi/udang kering, tahu, tempe, jamur, dan lain-lain. Bisa isinya sendiri-sendiri atau bisa dimix. Hanya saja kelemahan saya pada takaran garamnya. Sebenarnya sih saya sudah tahu rahasianya. Kalau isinya manis seperti pisang atau nangka, dengan adonan yang sama, takaran garam dibanyakin dibanding gorengan yang isinya sosis atau teri nasi. Tapi tetap saja saya tidak bisa pas ngasih garamnya. Dan sekali lagi saya suka tak ikuti aturan resep yang ada.

Selain gorengan, saya juga suka buat jajanan tradisional berbahan singkong. Bahan yang satu ini bisa dibuat apaaa saja. Di mix dengan apapun, enak. Digoreng, digodok, atau dibuat kue, woke wae. Dan saya bebas berkreasi menjadikannya sesuai keinginan saya. Tak berpakem pun no problem, yang penting enak dan enjoy aja.

Ya, apa salahnya kita, para ayah, bisa memasak. Resep-resep sederhana bisa kita terapkan. Soal hasil dan rasanya, yah terkadang memang tak seperti yang kita harapkan. Harus ada pengalaman di sana, tidak hanya satu atau dua kali saja. Namun paling tidak kita mempunyai bekal apabila di suatu saat keahlian memasak itu betul-betul diperlukan. Seperti saat bencana misalnya, atau hidup di rantauan, dan sebagainya. Apalagi kalau acara masaknya bersama anak-anak atau dengan istri, wah bakal menghidupkan kualitas waktu keluarga. Yuuuuuk ……….. masak!!!!!!

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tinggalkan Balasan

