Catharanthus roseus, Tetap Semarak Sepanjang Tahun

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

untitlecopyVinca rosea atau Lochnera rosea atau Ammocallis rosea dari familia Apocynaceae genus Catharanthus yang berasal dari Madagaskar, Amerika Tengah ini dulu pernah menjadi tanaman hias. Sekarang tumbuh liar dimana-mana dengan suburnya, bahkan mampu tumbuh dalam berbagai kondisi area yang minim air dan zat hara. Karena itu Kembang Tapak Doro dapat kita jumpai hidup secara litofit pada tembok-tembok pagar atau saluran air, pada sela-sela atau cepitan atau rekahannya, plengsengan, bebatuan, dan lain-lain. Sayangnya, meski cantik, gempuran keelokan bunga-bunga hibrid atau impor, membuat orang pun ogah-ogahan menanamnya, kecuali yang menyukainya atau mengetahui kegunaannya. Andaikan ada yang menanamnya pun, ditanam di pinggir jalan, tidak di halaman rumah/taman.

Saya pernah baca sebuah blog. Karena di desanya Sindapor dianggap sebagai gulma, maka seluruh tanaman yang ada di sana dibumihanguskan. Dimusnahkan dari muka bumi, genosida. Perlahan-lahan tanaman ini pun raib. Dan saat si blogger ke Singapura, kangenlah dia dengan tanaman ini. Akhirnya membeli Kembang Tembaga Beureum dengan tebusan harga yang kalau dirupiahkan lebih dari 50 puluh ribu. Wow … Maka dari itu untuk memusnahkan spesies haruslah dipikir masak-masak karena bagaimananapun dipandang tidak bergunanya suatu spesies flora atau fauna di mata kita, yakinlah Allah menciptakanNya dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa kok dinamakan Kembang Tapak Doro|Tapak Dara|Kaki Merpati? Kemungkinan merujuk pada buahnya yang memang panjang berbentuk lonjong dan tersusun dua-dua yang mengingatkan orang pada jari-jari kaki (tapak) burung dara.

Sebenarnya Ros Pantai mempunyai fungsi herbal, sumber obat untuk leukemia dan penyakit Hodgkin. Namun dosisnya harus tepat, karena Kemunting Cina ini mempunyai berbagai zat alkaloid yang bersifat racun. Karena komponen kimiawinya (vincristine, vinblastine, reserpine, ajmalicine, serpentine, catharanthine, leurosine, norharman, lochnerine, tetrahydroalstonine, vindoline, vindolinine, akuammine, vincamine, vinleurosin, dan vinrosidin) yang kuat, kupu-kupu dan serangga penyerbuk tidak terlalu menyukainya.

Selain leukemia, Rose|Rosy Periwinkle juga bermanfaat sebagai obat luka bakar (tumbuk beberapa helai daun segar yang telah dicuci sampai menjadi seperti bubur, tempelkan pada luka, ulangi beberapa kali hingga luka mengering), luka baru (2 – 5 lembar daun dikunyah hingga lembut, tempelkan pada luka), kencing manis (DM), kencing sedikit (oliguria), tekanan darah tinggi (hypertension), demam, radang perut dan disentri, kurang darah atau jumlah trombosit turun (primary thrombocytopenic purpura), tangan gemetar, gondong, malaria, sukar buang air besar|sembelit, bengkak, bisul, borok, asma, bronchitis, kanker maupun tumor. Akar mengatasi haid tak teratur.

Resep lain untuk pemakaian luar: daun segar dan beras secukupnya, tumbuk hingga halus atau seperti bubur, balurkan pada yang sakit.

Untuk darah tinggi, kencing manis dan leukemia: rebus 15 gr daun segar dengan 5 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring bila dingin, minum pagi dan sore @ segelas.

>>> Perempuan hamil dilarang memakai tanaman ini sebagai obat.

Habitus

Cape Periwinkle termasuk tumbuhan semak, tegak, bercabang, batang bulat agak berkayu, berambut, berdaun tunggal berbentuk bulat telur atau oval, tahunan|perennial yang cabang-cabangnya tumbuh menyamping. Batang dan daunnya mengandung getah warna putih.

Bunga

Aksial (muncul dari ketiak daun). Yang kita kenal biasanya berwarna putih dan ungu kemerahan. Buah Old-maid atau Rumput Jalang berbentuk gilig (silinder), ujung lancip, berambut, panjang sekitar 1,5 – 2,5 cm, dan memiliki banyak biji.

Kelebihan

Bijinya yang ringan dapat terbawa angin hingga ke areal yang lebih luas. Selain itu, bunga Kembang Sari Cina rajin berbunga sepanjang tahun atau tak kenal musim, asal terkena sinar matahari. Meski tak ada yang peduli, bunga ini mampu tumbuh subur pada berbagai tempat.

Kekeliruan ID

Geranium, salah satu bunga pengusir nyamuk ini sering disalahartikan sebagai bunga Tapak Dara. Padahal keduanya mempunyai susunan morfologi yang berbeda, genusnya pun berbeda pula.

Perkembangbiakan

Madagascar Periwinkle atau Pink Periwinkle, berkembang secara generatif melalui biji. Dapat diperbanyak dengan cara stek batang dan akar. Tanaman yang sudah tua dapat diremajakan dengan pemangkasan. Namun tidak tahan terhadap pemangkasan besar dan dapat mati karenanya.

Keterangan:

Nama binomial yang saya yakini sebagai judul artikel, untuk selanjutnya adalah nama sinonimnya.

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s