Bunga-bunga Hibrid yang Tak Sama Tapi Serupa

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rekan the BPGers …

Mungkin anda mengira kalau saya keliru menulis judul di atas ya? Mestinya kan seperti yang sering kita dengar kalimatnya kan gini: Serupa Tapi Tak Sama, yang artinya meski sama bahkan kembar identik sekalipun akan mempunyai perbedaan. Seperti sekawanan ikan di bawah ini meski berpuluh-puluh jumlahnya, bahkan beratus-ratus hingga ke jumlah milyaran ekor ikan di seluruh samudra dari jenis yang sama di mata kita semua nampak tidak ada yang berbeda. Tetapi apabila diamati lebih mendalam lagi, akan nampaklah perbedaannya antara satu ekor ikan dengan yang lainnya. Mungkin saja dalam ukurannya tidak sama, sirip, sisik, gigi, dan sebagainya. Sesungguhnya mata kita memang tak mampu melihatnya. Subhanallah, Maha Suci Allah yang menciptakan hal itu. Dan untuk kalimat judul di atas memang tak salah ketik. Memang seperti itu. So, apa maksudnya?

Sebelum membahasnya, yuk kita amati dulu bunga-bunga di bawah ini. Bisakah Anda menebak bunga apa sajakah?

Bunga apakah

Kalau anda menjawab di antara nomor tersebut ada bunga krisan, zinnia, matahari, atau aster berarti anda belum dapat mengamati dengan benar. Namun anda juga tak sepenuhnya salah, karena kalau hanya melihat sekilas saja apalagi dari foto, kita memang tak akan mampu membedakan bunga-bunga apa saja itu. Namun kalau sudah melihat realnya, barulah kita akan ngeh bunga apa itu. Tergampang adalah dengan cara melihat bentuk daunnya.

Dan jawaban atas foto di atas adalah …

Nomor 1              :               Dahlia

Nomor 2              :               Dahlia

s/d

Nomor 9              :               Dahlia

Inilah Dahlia hasil persilangan dan rekayasa genetika. Nampak serupa dengan bunga krisan, zinnia, matahari, atau aster bukan?

Pemuliaan melalui kawin silang dan rekayasa genetika memang telah menjadi budaya pada tanaman hias. Hampir semua jenis flora hias telah dan dapat dikawin silangkan, baik antar spesiesnya sendiri maupun antar genusnya. Tidak semuanya berjalan mulus memang. Hasil yang ‘amburadul’ atau tidak diharapkan pasti ada. Banyak pula hasil dari proses hibrid tersebut memiliki morfologi yang jauh sekali berbeda dibanding induknya – coba anda perhatikan contoh-contoh bunga di atas maupun di seluruh postingan ini –. Sama sekali berbeda dengan bunga yang selama ini kita kenal bukan?

Dahlia n Krisan

Dahlia+Krisan

Dahlia n Gerbera

Dahlia+Gerbera

Dahlia n Zinnia

Dahlia + Zinnia1

Bunga Pompom

Anda tentu pernah dengar bunga pompom. Itu lho bunga dari beragam jenis yang mempunyai bentuk bunga bulet, bertumpuk-tumpuk mahkota bunganya, ada yang berukuran kecil/dwarf maupun besar. Nah itu juga merupakan salah satu hasil dari teknologi hibrid ini yang mampu meretas batas karena mampu menghasilkan bentuk bunga yang sama/serupa namun dari jenis yang berbeda-beda. Sebut saja krisan pompom, aster pompom, dahlia pompom, zinnia pompom, dan pompom-pompom lainnya yang belum saya ketahui. Sangat jauh dari bentuk semula bukan? Nursery skala internasional yang getol menghasilkan bunga hibrid yang saya tahu karena banyak dijual OL di negeri ini yang mempunyai produk merk Mr. – – t – – – l mampu menghasilkan bunga-bunga hibrid yang kaya warna, bentuk, variasi maupun kombinasi. Mungkin karena teknik yang mereka pakai sama untuk semua jenis bunga yang disebut di atas, akhirnya dihasilkan pula bunga-bunga hibrid yang tak jauh berbeda. Ya salah satunya bentuk pompom itu. Dari anggota Astereceae yang cukup familiar dan populer di negeri kita ini kayaknya hanya Cosmos Pompom yang belum ada. Bunga Cosmos memang termasuk singkat mekarnya, 3 – 7 hari. Mungkin itu yang membuat nursery besar Mr. … ogah membuat Cosmos Pompom. Mungkin karena takut tak laku ya … Bukankah biaya untuk riset dan pemuliaan itu juga besar? Sedangkan kembang Cosmos kebanyakan bermahkota tunggal. Ada juga sih yang bertumpuk, namun jumlahnya petalnya tak banyak, puluhan saja. Padahal bentuk pompom itu membutuhkan berpuluh-puluh petal agar dapat berbentuk bulat.

Beberapa contoh bunga pompom …

pom%252Bpom%252Bkrisan-2 100-biji-dahlia-Pompon-indah-kebun-Bunga-cantik-Warna-campuran-Taman-rumah images2 dahlia-pompon-mixed

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Gambars dari:

http://yanx-berwarna.blogspot.com/

http://pixabay.com/id/photos/?image_type=vector&order=best

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s