Ipomoea quamoclit, Bunga Merah Ngejrengnya Mempesona Nian

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

herba1Dari semua anggota Genus Ipomoea, Ipomoea quamoclit (Convolvulus pennatus, Convolvulus quamoclit, Quamoclit pennata, Quamoclit vulgaris) inilah yang paling unik. Sangat berbeda, baik warnanya yang mencolok atau bentuk daunnya yang sangat beda dengan member suku kangkung lainnya. Warna merah ngejrengnya sangat kontras dengan warna-warna di sekitarnya yang dominan warna hijau dari dedaunan dan warna coklat dari tanah.

Pertama kali saya mengambilnya dari alam dan memindahkannya ke polibag, tanaman ini nggak sukses adaptasinya. Perlakuan saya mungkin yang nggak tepat. Saya coba lagi, gagal lagi. Baru domestikasi yang ketiga Cardinal Climber bisa tumbuh sangat subur, menjalar ke sana ke mari, melilit tanaman apa saja yang berada di sekitarnya. Sayangnya bunganya sangat sedikit dan jarang, padahal di alamnya Cupid’s Flower mampu berbunga sangat banyak. Saya belum tahu apa yang menjadi penyebabnya. Mungkin kurang panas.

Karena batangnya membelit bunga-bunga lainnya, akhirnya batang saya potong hingga mendekati pangkal. Dan tak berapa lama kemudian karena sesuatu sebab, Cypress Vine pun menjadi kering, meski sempat muncul tunas baru. Kini tumbuhan ini telah mati. Tapi suatu saat nanti akan saya coba lagi untuk menanamnya karena bunganya tak layak untuk diabaikan. Insya Allah.

herbaCypressvine Morning-Glory merupakan salah satu anggota Familia Convolvulaceace atau suku kangkung-kangkungan asli Amerika Tropis (Brasil, Mexico, Kuba, dan lain-lain), namun sudah menyebar hingga ke Indonesia dan daerah-daerah tropis lainnya. Rupanya kondisi tanah dan cuaca Indonesia sangat bersahabat dengan berbagai jenis flora dari benua Amerika tropis, termasuk Rincik Bumi ini. Selain mendatangkan keuntungan, di sisi lain juga membawa kerugian karena dapat menggeser keberadaan flora endemik. Apalagi berbagai jenis flora dari Amerika ini sifatnya sangat kompetitif dan adaptif. Hummingbird Vine mempunyai kemampuan yang tinggi untuk itu. Selain mampu tumbuh pada berbagai kondisi tanah dan juga rentang kebutuhan cahaya yang luas, batangnya yang melilit|membelit tanaman lainnya dapat merugikan tanaman inangnya. Meski batangnya termasuk ramping, namun jika tumbuhan endemik yang dibelitnya tidak mampu bersaing, maka tumbuhan endemik ini juga lama kelamaan akan mati. Meski begitu populasi si Rincik Bumi ini menurut pengamatan saya masih tetap terkendali karena tumbuhnya lebih sering pada area persawahan atau tanah budidaya, maka petani pun secara langsung maupun tidak langsung mengontrol pertumbuhan dan perkembangannya.

herb

Habitus Sweet-Willy berupa terna, membelit, panjang dapat mencapai 4 m, batang lunak basah. Bila tak ada vegetasi atau rambatan, batang akan menjalar ke segala arah.

Star Glory memiliki bentuk daun menjari dengan anak daun seperti garis/tali/pita atau daunnya terbelah sangat dalam dengan panjang 4 – 7 cm.

Ini dia tampilan yang paling menarik dari Star of Bethlehem (Isotoma longiflora juga disebut dengan nama ini), 1 – 4 bunganya yang keluar dari ketiak daun berwarna merah mencolok, kontras dengan warna sekelilingnya. Bunga bentuk terompet dengan mahkota seperti bintang bersegi lima dengan gagang yang tidak begitu panjang.

sari putik

| Kegunaan |

Menurunkan panas. Atau juga perdarahan pada wasir (hemorrhoid), caranya: rebus 6 – 9 gr daun Rincik Bumi, minum atau gunakan untuk mencuci bagian yang sakit. Untuk pemakaian luar lumatkan daun, peras airnya, gunakan untuk mencuci bagian yang sakit.

| Level Domestikasi |

Sedang hingga sulit. Termudah adalah dengan individunya. Artinya seluruh bagian tanaman kita pindahkan. Usahakan ada media tumbuh yang terbawa. Dapat juga melalui bijinya. Sayangnya menurut pengalaman saya, prosentase semaiannya rendah.

| Genus Ipomoea |

Kangkung (Bulu, Hutan, Air dan Darat), Ubi Jalar, Seri Pagi, Akar Hitang, Tatarompetan, Krangkungan, Tatampayan Besar, Ipomoea horsfalliae.

Selain disebut Rincik Bumi, ada juga yang menyebutnya Sangga|Songgo Langit, Bunga Tali-tali, dan Katilan. Berarti di Indonesia ada dua jenis tumbuhan yang disebut Songgo Langit, yakni Ipomoea quamoclit dan Tridax procumbens.

| Note |

Jika ada lebih dari 1 nama binomial, maka yang saya yakini sebagai nama botani terbaru atau tervalid akan menjadi judul artikel. Sisanya adalah nama sinonim atau nama yang pernah disandangnya.

kuncup

Wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s