Vernonia cinerea, Bunga Sederhana Pemikat Kupu-kupu

Assalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Vernonia cinerea adalah satu diantara kurang lebih seribuan spesies Genus Vernonia.
setangkaiMayoritas
Vernonia berbunga ungu dan dikenal dengan nama Ironweed. Beberapa jenis mempunyai nilai ekonomis seperti V. calvoana, V. amygdalina, and V. colorata yang mana daunnya diperdagangkan dalam bentuk segar, kering atau sudah berupa sayur masak di negara-negara Afrika Barat dan Tengah. Vernonia galamensis dibuat minyak biji di Afrika Timur. Beberapa spesies menjadi makanan khusus (houseplant) dari larva Coleophora vernoniaeella (khusus hanya memakan daun dari genus Vernonia saja) dan juga Schinia regia (khusus hanya memakan daun dari Vernonia texana saja). Jadi, andaikan tumbuhan member Vernonia ini tidak ada, maka musnah pula mereka. Selain jenis yang telah disebutkan beberapa spesies Vernonia adalah Vernonia angustifolia , Vernonia gigantea |Vernonia altissima (Ironweed), Vernonia lindheimeri , Vernonia marginata , Vernonia missurica , Vernonia texana, Vernonia nonoensis, Vernonia patens, Vernonia scorpioides, Vernonia colorata, Vernonia cockburniana , Vernonia elaeagnifolia , Vernonia unicata, Vernonia zollingerianoides , Vernonia amygdalina|Daun Pahit, Vernonia condensata

Nama sinonimnya antara lain V. albicans, V. conyzoides, V. laxiflora, V. leptophylla , V. parviflora , V. rhomboidea. Sebelum dimasukkan ke dalam genus Vernonia bernama Blumea chinensis, Conyza chinensis, Conyza cinerea, Cyanthillium cinereum, Serratula cinerea.

gu

Bunga Daun Muka Manis memang cukup unik, dari sekumpulan mahkota yang berbentuk benang (fleabane). Ada juga yang mengatakan mirip bintang berkelip. Petal berwarna ungu pada bagian atas dan putih pada bagian bawahnya. Terkadang warna bunga ini bergradasi atau berbeda tergantung lingkungan dan kondisi hidupnya.

Leuleuncaan merupakan salah satu member family Asteraceae (sering juga disebut family Compositae) atau kenikir-kenikiran dan berkerabat dengan bunga Matahari, Daisy, Krisan, Aster, Kenikir, Kembang Kertas/Zinnia, dan lain-lain. Saya sempat menanam Sasawi Langit ini di pot. Namun karena khawatir menjadi boom population karena bijinya yang ringan, jumlahnya banyak dan mudah diterbangkan angin, akhirnya si Rante Piit ini saya eliminasi ke tempat sampah karena khawatir saya tidak dapat mengendalikan perkembangannya. Namun begitu, ternyata biji-bijinya itu di kemudian hari ada yang bersemi dan kini juga telah berbunga.

Meski namanya Sawi Langit, namun tidak ada hubungan kekerabatan keluarga sawi-sawian yang biasa disayur ituDi negeri barat, tumbuhan Nyawon ini dikenal sangat disukai kupu-kupu. Saya amati memang benar. Bunga ungu cerah Buyung-Buyung ini sangat disukai kupu-kupu berukuran kecil dan sedang. Lebah dan kumbang juga menyenanginya. Bahkan tingkat intensitas kunjungannya kepada bunga Sayur Babi mengalahkan bunga-bunga top pilihan para konservator kupu-kupu seperti Zinnia, Lantana, Kembang Knop, Soka, dan lain-lain. Apalagi berbunganya juga sepanjang tahun. Jika di pekarangan anda ada bunga Pidak Bangkong, niscaya yang dituju pertama kali dan paling banyak dikunjungi adalah bunga ini. Saya pernah menemui satu tumbuhan Dida Ne Dangkow yang sedang bermekaran dikerubuti kupu-kupu hingga 5 ekor lebih dalam saat yang bersamaan, masya Allah … luar biasa. Dan di alam liar, saya baru melihat tiga tumbuhan liar yang dikerubuti kupu-kupu dalam saat yang bersamaan. Selain Rumput Muka Manis, lainnya adalah Songgolangit dan Ajeran. Mungkin juga ada lebih dari tiga tumbuhan, namun saya baru menemui tiga jenis ini.

daun2Maka jika shob menginginkan serangga-serangga cantik datang berkunjung, tak ada salahnya menanam Langga-Langga Parang ini di taman atau kebun. Benih atau biji Maryuna dapat kita peroleh pada lokasi tumbuhnya seperti di sisi jalan, padang rumput, area sekitar|pinggiran perkebunan (kapas, tebu, teh), persawahan, dekat sungai, lahan kosong atau tempat-tempat terlantar, area bersemak, daerah pasang surut, situs atau padang rumput, bukit, dan lain-lain. Tempatkan Sembung Kebo pada area yang agak terlindung atau berada di bawah bayang-bayang vegetasi lainnya.

Terna Gofu Mutiara tegak, tinggi 20 – 100 cm, semusim atau annual, berambut halus pada batangnya dengan percabangan yang banyak.

Bentuk daun Sofo Mutiara bulat telur, tunggal (satu tangkai satu helai), dengan panjang 2 – 7 cm, lebar 0,5 – 2,5 cm. Tepi daun beringgit tidak teratur, kedua permukaan daun berambut halus, bertangkai pendek.

Bunga Lidah Anjing berwarna ungu dan putih, dalam bonggol, berkelompok sekitar 5 – 20 kuntum. Bonggolnya agak lebar dan pendek dibanding Vernonia lain yang dapat kita temukan di Indonesia ini. Bijinya keras bentuk bulat lonjong berwarna hitam atau coklat kehitaman.

berkoloni pada tempat teduhbunga close up1

Seluruh bagian tanaman Salentrong, baik segar atau kering bermanfaat sebagai obat demam, panas, batuk, disentri, radang hati, hepatitis, lelah tidak bersemangat (neurasthenia), susah tidur (insomnioa). Caranya sama, yakni seluruh bagian tanaman Sembung Rendetin kering 10 – 15 gr atau segar 30 – 60 gram dicuci, kemudian rebus dengan air 4 gelas hingga tersisa 2 gelas. Dinginkan, saring, minum. Untuk pemakaian luar berguna untuk bisul, digigit ular, luka terpukul, keseleo. Caranya herba segar Sambueng dilumatkan (dicuci bersih sebelumnya), kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

Juga berguna sebagai obat lidah putih pada bayi, hepatitis, dan membantu persalinan.

Manfaat Lain

Capeu Tuhur menjadi inang dari Diadegma eucerophaga. Diadegma adalah parasitoidnya Plutella xylostella, yakni serangga pemakan kubis. Maka dari itu sebagai pengendalian alamiah dari hama kubis, disarankan untuk menanam Mareme di sekitar area persawahan kubis.

Kemiripan Spesies

Rumput Muka Manis ini sangat susah dibedakan dengan spesies sesama Vernonia, maka kita perlu seksama memperhatikan ciri-cirinya. Perbedaan dapat dilihat dari bentuk daun, bonggol bunga, dan lain-lain.

Sang Polinator

Beberapa jenis kupu-kupu sangat suka dengan nektar bunga Rumput Tahi Bahi ini. Dari yang saya amati di lapangan maupun baca info di antaranya:

Kupu-Kupu Hypolimnas (Hypolimnas bolina)

Kupu-kupu Segitiga Hijau

Kupu-kupu Tembaga / Yellow Grass / Rumput Kuning (Eurema spp)

Kupu-kupu Skipper

Kupu-kupu Psyche (Leptosia nina)

kupu psyche

dan kupu-kupu padang rumput lainnya

Tamu lainnya

Lebah Bee (Ceratina sp.)

Serangga penyerbuk dan penyuka nektar lainnya.

serangga

Serangga yang sedang hinggap pada bunga Rumput Ekor Kuda ini tidak saya kenal. Ada yang tahu IDnya?

Keterangan:

Nama Latin, daerah, Indonesia atau internasional ditulis miring.

ID spesies (nama Latin terbaru) ditulis pertama kali, selanjutnya adalah sinonimnya atau nama yang pernah dimilikinya.

Ada yang menulis Sembung kebo dengan nama ID Vernonia patula. Saya belum mencari info lebih jauh lagi apakah Sembung Kebo yang ini sama dengan Sembung Kebo pada artikel ini. Dan dari info yang saya baca tidak ada nama Vernonia patula sebagai sinonim dari Vernonia cinerea. Wallahua’lam.

Barakallah wassalamu‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s